Comscore Tracker

Nyaman dan Menjanjikan, 5 Pekerjaan Ini Cocok Banget untuk Introvert

#IDNTimesLife Cocok dengan yang tidak suka keramaian 

Memang benar kalau di dunia kerja yang sangat ketat persaingan, bisa mendapatkan pekerjaan saja rasanya sudah patut disyukuri. Akan tetapi di sisi lain suatu pekerjaan hanya akan dapat maksimal dikerjakan oleh orang yang cocok dalam mengerjakannya.

Contoh sederhananya, pekerjaan lapangan yang terdapat banyak interaksi sosial di dalamnya cocok dikerjakan oleh seorang ekstrovert, dan pekerjaan yang minim interaksi serta dikerjakan sendiri biasanya lebih cocok dikerjakan oleh seorang introvert.

Masing-masing tipe kepribadian memiliki jenis pekerjaan sendiri yang cocok untuknya, begitu pula dengan seorang introvert yang cocok banget sama lima pekerjaan di bawah ini.

1. Programer

Nyaman dan Menjanjikan, 5 Pekerjaan Ini Cocok Banget untuk Introvertilustrasi pria (pexels.com/olia danilevich)

Di dunia yang serba modern seperti saat ini hampir semua perusahaan ingin mengembangkan bisnisnya dengan digitalisasi, dan seorang programer sangatlah dibutuhkan untuk membuatnya. Jenis pekerjaan ini biasanya dikerjakan oleh satu orang, yang mana sangat cocok jika dikerjakan oleh seorang introvert yang tidak suka banyak terlibat interaksi dengan orang lain.

Apalagi jika ia memang ahli di bidang tersebut, bukan suatu hal yang mustahil kalau dirinya dipercayakan oleh banyak perusahaan dan menghasilkan banyak uang. Jenis pekerjaan yang nyaman dikerjakan tapi juga menjanjikan untuk menjadi sumber penghasilan utama.

2. Bidang seni

Nyaman dan Menjanjikan, 5 Pekerjaan Ini Cocok Banget untuk Introvertilustrasi melukis (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Mulai dari seni lukis, pahat, musik, hingga jenis tari sekalipun. Belum banyak disadari orang, bahwa orang bertipe kepribadian introvert biasanya memiliki bakat di bidang seni.

Hal itu mungkin disebabkan oleh caranya mengekspresikan perasaan cenderung lebih mendalam dari orang lain. Kerja di bidang seni sangat nyaman untuk introvert karena ia jadi bisa fokus mengembangkan kemampuannya sendiri dengan bebas.

Baca Juga: Langsung Betah! 10 Inspirasi Desain Kamar yang Pas untuk si Introvert 

3. Konsultan

Nyaman dan Menjanjikan, 5 Pekerjaan Ini Cocok Banget untuk Introvertilustrasi konsultasi (pexels.com/RODNAE Productions)

Mungkin banyak yang bertanya-tanya kenapa pekerjaan sebagai konsultan cocok dikerjakan bagi seorang introvert. Hal ini bukanlah tanpa alasan, karena pada dasarnya seorang introvert suka menjadi pendengar dan mampu memberikan nasihat yang bijak pada orang lain. Ia memiliki potensi menjadi seorang konsultan di dalam dirinya karena ia selalu berhati-hati dan mampu dipercayakan perihal pekerjaan seperti ini.

4. Penerjemah

Nyaman dan Menjanjikan, 5 Pekerjaan Ini Cocok Banget untuk Introvertilustrasi pria (pexels.com/Armin Rimoldi)

Pekerjaan sebagai penerjemah juga salah satu pekerjaan yang cocok banget untuk seorang introvert. Alasannya tentu saja karena jenis pekerjaan ini bisa dikerjakan di rumah atau dimana saja, selain itu juga dikerjakan secara individu yang mana pasti membuatnya nyaman karena tidak diganggu orang lain. Penghasilan seorang penerjemah pun tak bisa disepelekan lho, sebab ada banyak bidang yang membutuhkan jasa terjemahan.

5. Penulis

Nyaman dan Menjanjikan, 5 Pekerjaan Ini Cocok Banget untuk Introvertilustrasi kerja (pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA)

Pekerjaan yang satu ini sudah tak asing lagi karena dari dulu memang terkenal sebagai pekerjaan yang dimiliki seorang introvert. Dirinya bisa bebas menuangkan pemikiran dan imajinasinya ke dalam bentuk tulisan, yang mana memang biasanya dikerjakan oleh orang yang tenang dan punya banyak pemikiran mendalam. Profesi sebagai penulis pun ada banyak macamnya, jadi tinggal pilih yang kiranya pas dan sesuai dengan kemampuan.

Kalau kamu seorang introvert jangan takut tidak pernah sukses ataupun tidak menemukan pekerjaan, karena ada banyak pekerjaan yang cocok dikerjakan oleh seorang introvert seperti dalam pembahasan tadi. Intinya jangan pernah berkecil hati, ya!

Baca Juga: 5 Kekuatan 'Super' yang Membuat Introvert jadi Sosok Luar Biasa 

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya