Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Kamu Tahu Jika Ingin Berkarier sebagai Penulis Tetap

Menjadi penulis tetap tak semudah yang dibayangkan!

Dengan perkembangan zaman yang semakin pesat, berbagai jenis pekerjaan pun kini berpotensi untuk membuatmu sukses dan layak dijadikan pekerjaan utama. Salah satunya adalah pekerjaan menjadi penulis yang dulu sering disepelekan, namun saat ini justru membuat banyak orang tertarik untuk menggelutinya.

Akan tetapi jika kamu benar-benar ingin jadi penulis, maka sebaiknya mengetahui beberapa hal di bawah ini lebih dulu agar lebih siap. Apa sajakah itu? Simak pembahasannya berikut ini, yuk!

1. Kalau mau jadi penulis maka kamu harus tekun 

5 Hal yang Harus Kamu Tahu Jika Ingin Berkarier sebagai Penulis TetapPexels.com/Anthony Shkraba

Hal pertama yang perlu diketahui kalau kamu ingin jadi penulis ialah perlunya bekerja dengan tekun. Kamu tidak akan bisa langsung jadi penulis hebat hanya dengan sekali menulis, maka dari itu sangat diperlukan ketekunan serta dedikasi dalam menulis. Jika kamu memang serius tentu hal yang satu ini tidak akan menjadi masalah, kan?

2. Mesti sabar kalau belum mendapatkan hasil 

5 Hal yang Harus Kamu Tahu Jika Ingin Berkarier sebagai Penulis TetapPexels.com/Andrea Piacquadio

Jika kamu ingin jadi penulis maka kamu perlu tahu kalau jenis pekerjaan ini bukanlah yang bisa terlihat hasilnya dengan cepat, bahkan kamu harus banyak-banyak sabar jika mendapatkan penolakan, revisi, atau ketidakpastian tulisanmu terbit. Intinya, tanpa kesabaran kamu gak bakal betah jadi penulis.

Baca Juga: 5 Hal yang Menghambat Kesuksesan Penulis, Wajib Kamu Tahu!

3. Waktu dan tempat kerja memang fleksibel, tapi kamu tetap harus disiplin

5 Hal yang Harus Kamu Tahu Jika Ingin Berkarier sebagai Penulis TetapPexels.com/Andrea Piacquadio

Kebanyakan orang ingin jadi penulis karena waktu dan tempat kerja yang fleksibel, namun perlu diketahui bahwa dibalik kenyamanan itu sebenarnya sangat diperlukan kedisiplinan. Kamu harus bisa mengatur diri sendiri, karena memiliki kebebasan dalam bekerja bukan berarti kamu bisa malas-malasan, dan inilah tantangan yang paling utama jika kamu menjadi penulis.

4. Menjadi penulis akan lebih mudah jika kamu punya passion dalam bidang ini 

5 Hal yang Harus Kamu Tahu Jika Ingin Berkarier sebagai Penulis TetapPexels.com/Andrea Piacquadio

Hal lainnya yang perlu kamu ketahui adalah jenis profesi ini sebenarnya akan lebih mudah dijalani jika kamu memang punya passion di bidang ini. Karena, semua penulis akan berproses dan berkembang dalam kariernya, dan hal itu hanya bisa terjadi jika ada kemauan kuat dan rasa cinta terhadap menulis.

5. Siap dengan perubahan tak terduga 

5 Hal yang Harus Kamu Tahu Jika Ingin Berkarier sebagai Penulis TetapPexels.com/Fauxels

Terakhir, menjadi penulis berarti harus siap dengan perubahan yang tak terduga. Karena tidak ada kepastian dalam pekerjaan bidang ini, baik itu jumlah pendapatan yang bisa saja meningkat atau menurun, atau perubahan peraturan yang berlaku untuk jenis tulisan yang kamu geluti. Kalau tidak bisa menyesuaikan diri dengan perubahan bisa-bisa kamu stres dan berhenti menjadi penulis, lho.

 

Penulis memang kelihatan sebagai profesi yang santai dan nyaman. Ternyata, di balik itu semua sebenarnya ada banyak hal penting yang patut kamu ketahui di dalamnya, seperti beberapa yang sudah dibahas tadi. Intinya, kalau mau jadi penulis maka tekunilah dan terus tingkatkan kualitas menulismu, ya!

Baca Juga: 5 Tips jadi Penulis Pemula Meski Bukan Lulusan Komunikasi

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya