Comscore Tracker

5 Pelajaran Hidup yang Kamu Dapat Ketika Pertama Kali Kerja

Kamu jadi tahu kalau hidup itu gak semudah yang dikira 

Banyak orang bilang kalau kita baru tahu bagaimana kehidupan nyata yang sebenarnya ketika beranjak dewasa dan memasuki dunia kerja, bagi sebagian orang hal ini benar-benar terjadi, lho.

Ketika mulai bekerja baru menyadari tentang banyaknya hal penting dalam hidup beserta sulitnya menjalani hidup ini sebagai orang dewasa. Beberapa pembelajaran hidup yang kamu dapatkan ketika pertama kali bekerja pun lebih kurangnya akan dibahas di bawah ini. Yuk simak!

1. Mesti pintar-pintar membawa diri di tempat kerja

5 Pelajaran Hidup yang Kamu Dapat Ketika Pertama Kali KerjaIlustrasi ngobrol(pexels.com/August De Richelieu)

Pembelajaran hidup pertama yang kamu dapatkan ketika pertama kali bekerja ialah tentang pentingnya untuk pintar membawa diri di mana pun kamu berada. Tidak hanya di lingkungan sosial saja, akan tetapi juga harus bisa membawa diri dengan baik di tempat kerja. Karena tidak peduli apakah kamu berhadapan dengan teman atau musuh, kamu diharuskan bekerja dengan profesional dan bisa menyesuaikan diri dengan orang sekitar. Benar?

2. Berbagai persaingan yang membuatmu syok

5 Pelajaran Hidup yang Kamu Dapat Ketika Pertama Kali KerjaIlustrasi komplain(pexels.com/Anna Shvets)

Saat pertama kali bekerja kamu juga akan belajar dan tahu mengenai berbagai macam persaingan di dunia kerja yang mungkin membuatmu syok sendiri. Mulai dari persaingan yang sehat dan suportif, hingga persaingan dengan orang-orang yang menggunakan trik licik. Dan kamu pun akan sadar bahwa itulah salah satu sumber stres yang dialami orang dewasa, yaitu sulitnya bertahan dalam persaingan di dunia kerja.

Baca Juga: 5 Cara Menarik agar Kamu Memberi Kesan Persuasif dalam Dunia Kerja

3. Betapa beratnya dunia orang dewasa dalam mencari penghasilan

5 Pelajaran Hidup yang Kamu Dapat Ketika Pertama Kali KerjaIlustrasi kerja(pexels.com/Andrea Piacquadio)

Selama ini kamu dibiayai orangtua, semua kebutuhanmu terpenuhi dengan baik dan tugasmu hanyalah belajar dan berusaha meraih prestasi.Tapi begitu kamu mulai bekerja maka kamu pun akan belajar betapa beratnya dunia orang dewasa dalam mencari penghasilan dan menghidupi diri serta keluarganya. Sadar akan kenyataan hidup bahwa kamu harus bekerja keras demi bisa hidup nyaman.

4. Pentingnya mengembangkan diri supaya gak stuck

5 Pelajaran Hidup yang Kamu Dapat Ketika Pertama Kali KerjaIlustrasi lihat Laptop(pexels.com/Fauxels)

Ketika pertama kali kerja kamu juga akan menyadari dan belajar tentang pentingnya mengembangkan diri supaya gak stuck di situ-situ saja. Gak semua orang yang bekerja memiliki peningkatan jenjang karier atau jabatan, bahkan mungkin ada seniormu yang sudah bekerja sangat lama di sana namun tidak mengalami peningkatan. Hal ini pun membuatmu jadi lebih serius dalam menjalani hidup dan mengembangkan potensial diri dengan maksimal.

5. Pentingnya menghargai uang, apalagi hasil usaha dan kerja kerasmu sendiri

5 Pelajaran Hidup yang Kamu Dapat Ketika Pertama Kali KerjaIlustrasi gaji(pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Pembelajaran hidup kelima adalah, kamu akan belajar menghargai uang apalagi dari hasil usaha dan kerja kerasmu sendiri. Ketika pertama kali kerja kamu tahu bagaimana sulitnya mendapatkan gaji pertama, dan itu membuatmu sadar betapa pentingnya menghargai uang. Bersyukur dan berterim akasih pada orangtua yang selama ini sudah memenuhi kebutuhanmu, karena mereka pasti juga bekerja keras untuk mencari nafkah.

Kamu akan menghadapi dunia yang sebenarnya ketika pertama kali bekerja, dan kamu pun sadar dari lima poin tadi kalau ternyata hidup ini tidaklah semudah yang dikira. Bukankah begitu?

Baca Juga: 7 Tren Kerja Hybrid yang Perlu Kamu Tahu, Kerja Jarak Jauh Fleksibel!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya