Comscore Tracker

5 Penyebab Bisnismu Sepi Pelanggan, Promosi dan Pelayanan Berpengaruh!

Cari tahu penyebabnya dan segera perbaiki

Ketika membangun bisnis mau tak mau kita harus siap dengan segala risiko dan kondisi. Ada kalanya kondisi bisnismu ramai dan lancar, tapi ada kalanya juga sepi pelanggan. Ketika dihadapkan kondisi yang kurang menyenangkan, jangan langsung menyerah dan pesimis. Ada baiknya untuk coba cari penyebabnya. 

Bisa jadi ada penyebab tertentu yang membuat orang-orang malas mampir atau berlangganan di usahamu. Entah itu dari segi pelayanan, kualitas produk, atau hal-hal lainnya. Beberapa penyebab yang mungkin menjadi alasan di balik sepinya pelanggan ada pada lima poin pembahasan berikut ini, simak baik-baik untuk bahan intropeksi, ya! 

1. Promosinya kurang tepat

5 Penyebab Bisnismu Sepi Pelanggan, Promosi dan Pelayanan Berpengaruh!ilustrasi media sosial (pexels.com/Kaboompics.com)

Hal pertama yang bisa menyebabkan bisnismu jadi sepi pelanggan ialah kalau promosinya kurang tepat. Mungkin kamu melakukan promosi yang tidak sesuai dengan target pasar yang diinginkan. 

Misalnya saja kamu promosi di majalah atau surat kabar, tentu tidak akan sampai ke sasaran target pasarmu yang merupakan anak muda karena anak muda zaman sekarang aktif di dunia digital. Kalau promosinya gak dijangkau target pasar, bisnismu akan sepi. 

2. Slow respon dalam melayani pelanggan

5 Penyebab Bisnismu Sepi Pelanggan, Promosi dan Pelayanan Berpengaruh!ilustrasi kasir (pexels.com/RODNAE Productions)

Hal lainnya yang juga membuat bisnismu sepi ialah kalau terlalu slow respon dalam melayani pelanggan. Misalnya ada yang bertanya tentang suatu produk tapi kamu malas menjelaskannya dan membiarkan mereka menunggu lama untuk responnya. 

Bisa dibilang, slow respon seperti ini menjadi nilai minus yang sangat tidak disukai pelanggan. Yang tadinya ingin beli dan tertarik, jadi ragu dan beralih ke tempat lain karena malas dibuat menunggu. 

Baca Juga: 5 Tips Jitu dalam Memilih Teman untuk Partner Bisnis, Harus Jeli!

3. Kualitas produk tidak dijaga

5 Penyebab Bisnismu Sepi Pelanggan, Promosi dan Pelayanan Berpengaruh!ilustrasi bisnis (pexels.com/Clem Onojeghuo)

Penyebab lainnya kenapa bisnismu bisa sepi adalah kualitas produk tidak dijaga dengan baik. Dengan kata lain kualitas produk atau jasa yang kamu jual tidak konsisten, awalnya saja bagus dan memuaskan tapi lama-kelamaan jadi tidak memuaskan pelanggan lagi. 

Entah karena malas, adanya perubahan bahan produksi, atau hal lainnya yang menurunkan kualitas produk. Namun yang jelas, penuruan kualitas seperti ini akan mengecewakan pelanggan. Jika terus dibiarkan, bisa bikin mereka berhenti membeli dan membuat bisnismu jadi sepi. 

4. Kurang ramah pada pelanggan

5 Penyebab Bisnismu Sepi Pelanggan, Promosi dan Pelayanan Berpengaruh!ilustrasi pelayan (pexels.com/RODNAE Productions)

Selain kualitas, lagi-lagi pelayanan adalah kunci utama dalam membangun bisnis. Kualitas produk biasa saja, tapi kalau pelayanannya bagus, bisnis bakal lancar dan pelanggan tak keberatan untuk kembali membeli lagi. 

Sebaliknya, mau sebagus apapun bisnismu dari segi kualitas produk, namun kalau pelayanannya buruk, maka siapapun akan malas untuk kembali lagi. Sehingga kamu perlu intropeksi evaluasi lagi pada bagian pelayanan bisnismu apakah sudah baik atau belum. 

5. Lokasi tempat berbisnis tidak strategis

5 Penyebab Bisnismu Sepi Pelanggan, Promosi dan Pelayanan Berpengaruh!ilustrasi bisnis (pexels.com/Kampus Production)

Selain jenis produk yang dijual, lokasi dimana bisnismu dijalankan juga harus dipertimbangkan baik-baik. Karena kesalahan memilih lokasi yang tak strategis dapat membuat bisnismu sepi, lho. 

Selain tidak dijangkau oleh target pasar yang diinginkan, lokasi yang salah juga membuat produkmu jadi tidak dipandang karena tak sesuai dengan selera lingkungan setempat. Makanya hati-hatilah dalam memilih lokasi bisnis, karena kamu yang rugi kalau sudah keluar modal tapi minim profit gara-gara tidak sesuai dengan target pasarnya. 

Kalau bisnis yang kamu jalankan mengalami sep pelanggan, coba intropeksi dengan lima poin tadi. Bisa jadi itulah penyebabnya yang tidak kamu sadari sebelumnya. 

Baca Juga: 5 Ide Bisnis Menghasilkan untuk Para Ibu Rumah Tangga, Harus Coba!

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya