Comscore Tracker

6 Alasan Freelance Adalah Jenis Pekerjaan Terbaik & Menyenangkan

Para freelancer mana suaranya?

Menjadi seorang freelancer seperti tren yang sedang banyak diminati setiap orang, apalagi generasi muda yang punya segudang kreativitas dan energi. Bekerja di kantor terkadang membuat pekerja mudah jenuh dan tidak nyaman karena berbagai alasan. Dengan gaji yang bisa berpotensi lebih tinggi dan terbebas dari aturan pekerjaan, berikut enam alasan freelance adalah jenis pekerjaan terbaik yang menyenangkan!

1. Bebas menentukan berapa gaji yang kamu inginkan

6 Alasan Freelance Adalah Jenis Pekerjaan Terbaik & Menyenangkanunsplash.com/@lukeporter

Tanpa harus berbasa-basi menjadi seorang freelancer berarti bebas menentukan gajinya sendiri. Kamu akan menerima sebanyak apapun yang kamu minta, asalkan kamu juga mendedikasikan seluruh tenaga dan kemampuan yang setimpal. Meskipun tidak mudah untuk mengatur pekerjaan yang hilir mudik berdatangan tapi setidaknya kamu bisa menentukan berapa penghasilan yang akan kamu terima di setiap bulannya. 

2. Bisa bekerja kapan dan dimana saja tanpa ikatan

6 Alasan Freelance Adalah Jenis Pekerjaan Terbaik & Menyenangkanunsplash.com/@ioiti

Bukan di gedung bertingkat yang sesak dan padat karyawan, taman, cafe, bahkan kamar adalah lahan dimana kamu bisa bekerja secara maksimal. Rasanya menjadi seorang freelancer itu seperti melakukan segala sesuatu yang bebas kamu inginkan. Tidak ada ikatan yang melarang kamu pulang dan datang ke kantor atau peraturan lain yang bikin kamu tertekan. 

3. Cocok buat kamu yang bekerja efektif bila sendirian

6 Alasan Freelance Adalah Jenis Pekerjaan Terbaik & Menyenangkanunsplash.com/@andrewtneel

Gak bisa dipungkiri bahwa gak semua orang bisa bekerja secara bersama-sama atau di tengah keramaian seperti di kantor. Dan memiliki pekerjaan lepas yang membuatmu tidak perlu berangkat ke kantor adalah jawaban terbaik untuk mereka yang lebih efektif bekerja sendirian. Walaupun pekerjaan jadi harus kamu selesaikan sendirian tapi kalian bisa bekerja dengan tenang dan mendapatkan hasil maksimal. 

Baca Juga: Gak Melulu Senang, Ini 6 Hal Gak Enak yang Sering Dialami Freelancer

4. Punya banyak waktu luang untuk kegiatan lain

6 Alasan Freelance Adalah Jenis Pekerjaan Terbaik & Menyenangkanunsplash.com/@unsplash

Keuntungan lain yang bisa kamu nikmati ketika bekerja secara freelance adalah banyaknya waktu luang yang kamu miliki untuk kegiatan lain. Pekerjaanmu bahkan bisa sambil dikerjakan saat nongkrong bareng teman. Freelancer merupakan seorang yang multitasking, jadi jago banget nih untuk urusan ketemuan sambil nyicil pekerjaan. 

5. Bekerja sesuai minat dan mendapat kepuasan tersendiri

6 Alasan Freelance Adalah Jenis Pekerjaan Terbaik & Menyenangkanunsplash.com/@wenniz

Orang yang memutuskan untuk bekerja secara mandiri dan menjadi freelancer bisa menekuni apa yang mereka sukai. Passion adalah kunci kesuksesan yang berawal dari pekerjaan lepas yang rajin ditekuni, kalian menjalaninya dengan bahagia serta terpenuhi rasa puas dalam hati. Berawal dari kerja keras kamu bisa perlahan menciptakan lapangan pekerjaan sendiri dan bukan gak mungkin kalau bisa jadi suatu pekerjaan besar yang bisa merekrut banyak orang. 

6. Gak butuh banyak modal untuk bisa bekerja

6 Alasan Freelance Adalah Jenis Pekerjaan Terbaik & Menyenangkanunsplash.com/@mann_pantoja

Satu lagi alasan kenapa freelance adalah jenis pekerjaan terbaik yang menyenangkan, yaitu kita gak butuh banyak modal untuk bekerja. Gak ada tuntutan untuk tampil keren dengan setelan mahal atau aksesoris lain yang menunjang gengsi. Cukup asah kreativitas yang merupakan modal dan aset dari pekerjaan lepas kalian. 

Sekarang kamu udah kebayang belum nih betapa enaknya menjadi seorang freelancer? Kalau kita rajin dan tekun menjalaninya freelance bisa menjadi pemasukan utama yang menjanjikan masa depan yang gemilang lho. 

Baca Juga: 5 Hal yang Akan Terjadi Saat Kamu Memutuskan Jadi Seorang Freelancer

Alee Shaby Photo Community Writer Alee Shaby

to moon and back.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You