TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Alasan Orang Memilih Bekerja Sendiri Dibanding Berkelompok

Fokus dengan diri sendiri terkadang mempercepat pekerjaan

ilustrasi bekerja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Ketika berbicara tentang dunia kerja, banyak orang memilih untuk bekerja dalam tim atau berkolaborasi dengan rekan kerja. Namun, ada juga individu yang lebih memilih untuk bekerja sendiri tanpa bantuan rekan kerja. Keputusan ini bisa didasarkan pada berbagai alasan yang bervariasi dari satu orang ke orang lain.

Apa sih alasan umum mengapa seseorang memilih untuk bekerja sendiri? Memahami motivasi di balik keputusan ini dapat memberikan wawasan tentang bagaimana seseorang mengelola karier mereka dengan cara yang sesuai.

1. Kemandirian dan kendali

ilustrasi menyendiri (pexels.com/Arina Krasnikova)

Salah satu alasan utama mengapa seseorang memilih untuk bekerja sendiri adalah untuk memiliki kendali penuh atas proyek dan pekerjaan yang mereka lakukan. Mereka tidak perlu bergantung pada keputusan atau input rekan kerja dan dapat mengambil keputusan sendiri tanpa harus berkonsultasi dengan orang lain. Dengan kendali penuh seseorang merasa lebih mampu memberikan versi terbaik dari dirinya.

Baca Juga: Jarang Minta Bantuan, 5 Zodiak yang Terkenal Senang Bekerja Sendiri

2. Fleksibilitas dan jadwal pribadi

ilustrasi berpikir (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Bekerja sendiri seringkali memberikan tingkat fleksibilitas yang lebih besar dalam menentukan jadwal kerja. Individu yang memilih bekerja sendiri dapat menyesuaikan jadwal mereka sesuai dengan preferensi pribadi. Yang akhirnya dapat membantu mencapai keseimbangan antara kehidupan kerja dan kehidupan pribadi.

3. Meminimalkan konflik

ilustrasi wanita merenung (pexels.com/Alan Retratos)

Kolaborasi dalam tim kerja seringkali melibatkan perbedaan pendapat. Termasuk di dalamnya konflik interpersonal, atau perbedaan dalam pendekatan terhadap pekerjaan. Seseorang yang memilih bekerja sendiri mungkin ingin menghindari potensi konflik tersebut dan mempertahankan suasana kerja yang lebih damai.

Baca Juga: Ini Dia 5 Rekomendasi Profesi Untuk Kamu yang Suka Bekerja Sendiri

4. Fokus pada spesialisasi

ilustrasi wanita bekerja (pexels.com/Anna Shvets)

Beberapa pekerjaan membutuhkan tingkat spesialisasi yang tinggi. Sehingga seseorang  merasa bahwa bekerja sendiri adalah cara terbaik untuk mengembangkan dan memanfaatkan keterampilan unik mereka. Mereka dapat fokus pada bidang tertentu tanpa terganggu oleh tanggung jawab lain dalam tim.

5. Kepentingan dalam kewirausahaan

ilustrasi wanita bekerja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Bekerja sendiri sering menjadi pilihan bagi mereka yang memiliki hasrat untuk berwirausaha. Mereka ingin membangun usaha mereka sendiri, merancang produk atau layanan, dan mengendalikan aspek bisnis secara keseluruhan. Kemandirian memainkan peran kunci dalam mencapai tujuan ini.

Baca Juga: 5 Karakter Anime yang Lebih Baik Bekerja Sendiri Ketimbang Berkelompok

Verified Writer

Januar Lestari

Terbang bebas mengangkasa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya