Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Terlalu Banyak Berpikir Gak Baik Buat Hidupmu

Akan banyak kesempatan yang terbuang sia-sia? #ANGPOIN

Sebelum ada tindakan, setiap orang diharuskan untuk berpikir terlebih dahulu agar tidak menjadi tindakan yang gegabah dan tanpa pikir panjang. Meski berpikir itu punya peranan penting, bukan berarti boleh dilakukan secara berlebihan dan di luar batasan wajar. 

Nyatanya, hal ini ini tidak terbentuk begitu aja tanpa sebab yang jelas, karena sedikitnya ada lima alasan mengapa terlalu banyak berpikir bisa gak baik buat hidupmu. Biar tahu lebih jelasnya, yuk simak ulasan di bawah ini. 

1. Terlalu lama berpikir bisa membuat pikiranmu jadi kacau balau

5 Alasan Mengapa Terlalu Banyak Berpikir Gak Baik Buat Hidupmuilustrasi orang melamun (unsplash.com/Magnet.me)

Apa yang kamu pikirkan sebenarnya demi kebaikan diri kamu sendiri, kamu mencoba berpikir lebih keras agar sesuatu yang kamu rencanakan atau tindakan selanjutnya bisa berjalan dengan baik. 

Namun, terlalu lama berpikir juga bisa gak baik buat hidupmu. Nyatanya, terlalu lama berpikir bisa membuat pikiranmu jadi kacau balau, bahkan bisa juga menimbulkan stres berat. 

2. Banyak kesempatan yang terbuang dan diambil alih orang lain

5 Alasan Mengapa Terlalu Banyak Berpikir Gak Baik Buat Hidupmuilustrasi orang sedang mengamati (unsplash.com/Jeswin Thomas)

Di saat dirimu terlalu banyak berpikir, di situ lah kesempatan yang kamu miliki menimbulkan celah yang bisa direbut kapan saja. Mereka punya kesempatan lebih di saat kamu berpikir terlalu keras. 

Pada akhirnya, banyak kesempatan yang terbuang sia-sia dan bahkan diambil alih orang lain. Berpikir itu baik buat dampak panjang ke depannya, namun kesempatan datang tidak sesering yang kamu kira. 

Baca Juga: 5 Alasan Pentingnya Berpikir Dulu Sebelum Memberikan Pinjaman 

3. Terlalu lama berpikir akan membuat kamu cenderung merasa ragu dan tidak yakin

5 Alasan Mengapa Terlalu Banyak Berpikir Gak Baik Buat Hidupmuilustrasi orang ragu (unsplash.com/Kyle Gregory Devaras)

Memikirkan segala sesuatu sebelum melakukan segalanya merupakan tindakan yang penuh kehati-hatian, yang mana itu akan sangat baik dampaknya jika kamu melakukannya dalam taraf yang wajar. 

Namun, jika cara kamu berpikir terlalu lama dan bahkan memikirkannya terlalu keras, hal itu cenderung membuatmu merasa ragu dan tidak yakin. Kamu terlalu lama dalam berpikir, dan itu membuat keyakinanmu menjadi terpecah belah. 

4. Hidupmu jadi lebih banyak berpikir dibanding tindakan nyata

5 Alasan Mengapa Terlalu Banyak Berpikir Gak Baik Buat Hidupmuilustrasi orang berpikir (unsplash.com/Jonas Leupe)

Berpikir memang akan membawa kamu pada tindakan yang diperhitungkan, yang mana segalanya akan berjalan dengan baik jika perhitunganmu sangat tepat dan akurat. 

Namun, semua itu akan percuma jika cara berpikir kamu terlalu lama dan tidak memanfaatkan waktu dengan baik. Hidupmu jadi lebih banyak berpikir dibanding tindakan nyata, tentu porsi berpikir kamu sudah sangat berlebihan. 

5. Banyak waktu terbuang secara percuma jika cara kamu berpikir sudah di luar batas kewajaran

5 Alasan Mengapa Terlalu Banyak Berpikir Gak Baik Buat Hidupmuilustrasi orang berpikir (pexels.com/cottonbro)

Kita semua sadar bahwa waktu yang kita butuhkan untuk berpikir harus lebih dari cukup, biarkan otakmu bekerja dengan baik demi menghindari kecerobohan yang tidak diinginkan. 

Namun, terlalu lama berpikir juga bukan berarti baik bagi hidupmu, akan ada banyak waktu yang terbuang jika cara kamu berpikir sudah di luar batas kewajaran. 

Berpikir sebelum bertindak merupakan bagian dari cara kamu menjalani hidup dengan lebih baik. Namun, jangan biarkan otakmu berpikir terlalu lama dan berlebihan, atau semuanya akan berdampak buruk pada kehidupan kamu di masa sekarang dan ke depannya. 

Baca Juga: Bisa Bikin Kamu Stres Sendiri, 5 Tips Atasi Sering Berpikir Negatif!

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya