Comscore Tracker

5 Prospek Kerja untuk Lulusan Teknik Informatika, Gajinya Istimewa!

Gajinya cukup menggiurkan!

Pada zaman yang sudah maju seperti saat ini. Teknologi juga semakin banyak digunakan. Untuk beberapa tahun ke depan lulusan teknik informatika juga sangat dibutuhkan.

Maka dari itu, kalian wajib bangga apabila menjadi lulusan sarjana teknik informatika. Yuk, simak beberapa peluang kerja yang bisa kalian pilih.

1. Menjadi programmer

5 Prospek Kerja untuk Lulusan Teknik Informatika, Gajinya Istimewa!unsplash.com/Kaitlyn Baker

Dalam dunia teknik informatika pasti berkaitan dengan yang namanya membuat suatu program atau aplikasi. Peluang kerja yang pertama adalah kalian bisa menjadi programmer untuk suatu perusahaan. Gaji yang ditawarkan juga cukup menggiurkan. Biasanya berkisar pada 5 juta – 10 juta.

2. Menjadi freelancer

5 Prospek Kerja untuk Lulusan Teknik Informatika, Gajinya Istimewa!unsplash.com/Christopher Gower

Kalian ingin bekerja tetapi ingin santai tanpa tekanan dari atasan? Tentu saja bisa. Kalian bisa menjadi freelancer. Freelancer sendiri adalah pekerja lepas yang bekerja secara mandiri tanpa terikat kontrak. Freelancer biasanya bekerja sesuai permintaan klien. Gaji menjadi freelancer juga cukup menggiurkan, yaitu berkisar 1 juta – 10 juta. Terkadang bisa hingga 20 juta keatas. Tergantung seberapa kompleks sistem permintaan klien.

3. Membuat kelas online

5 Prospek Kerja untuk Lulusan Teknik Informatika, Gajinya Istimewa!unsplash.com/Christin Hume

Untuk kalian yang bingung setelah lulus mau kerja seperti apa? Kalian bisa coba untuk membuat kelas online. Sekarang lagi banyak-banyaknya orang yang membuka kelas online. Dalam kelas online tersebut kalian harus menyediakan materi untuk pembelajaran.

Kalian bisa mendapatkan gaji dari orang yang mendaftar untuk mengikuti kelas online tersebut. Gaji yang bisa kalian dapat berkisar antara Rp5 juta sampai 10 juta. Tergantung banyaknya peminat yang bergabung.

Baca Juga: 6 PTN dengan Prodi Teknik Informatika Terbaik di Indonesia Tahun 2019

4. Menjual aplikasi

5 Prospek Kerja untuk Lulusan Teknik Informatika, Gajinya Istimewa!unsplash/Austin Distel

Peluang kerja selanjutnya adalah berjualan aplikasi. Apabila kalian sudah memiliki banyak aplikasi. Kalian bisa menjualnya dengan memasarkannya ke media sosial. Dengan berjualan aplikasi, kalian biasanya juga akan mendapatkan tawaran untuk membuat aplikasi dari seseorang.

Gaji yang didapat dari berjualan aplikasi juga beragam, yaitu mulai dari Rp500 ribu sampai 5 juta. Tergantung seperti apa aplikasi yang kalian buat.

5. Membuka jasa IT konsultan

5 Prospek Kerja untuk Lulusan Teknik Informatika, Gajinya Istimewa!unsplash/Helloquence

Peluang pekerjaan yang terakhir adalah membuka jasa IT konsultan. IT konsultan sendiri adalah orang yang memberikan saran seperti apa aplikasi yang sebaiknya dibuat. IT konsultan biasanya juga bekerja sama dengan programmer untuk membuat aplikasinya.

Kalian dapat memulainya dengan membuat kelompok kecil dengan teman kalian. Gaji yang didapatkan juga cukup lumayan, yaitu berkisar 7 juta sampai 15 juta. Tergantung kesulitan aplikasi yang diinginkan.

Itulah beberapa peluang kerja setelah kalian lulus dari jurusan teknik informatika. Kalian pilih yang mana nih?

Baca Juga: 5 Tips Dasar Belajar Pemrograman untuk Mahasiswa Teknik Informatika

ARTHUR GLENN TAMBAHANI Photo Community Writer ARTHUR GLENN TAMBAHANI

Penulis pemula yang masih terus belajar guys

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You