Comscore Tracker

5 Cara Menghadapi Rekan Kerja Kompetitif, Jangan Minder!

Jangan jadi merasa tidak berdaya ya

Dunia profesional memang dunia baru yang semua orang harus hadapi. Berbagai hal datang silih berganti, kita harus dipaksa menghadapi dan kesabaran pun diuji. Salah satu halnya adalah soal persaingan yang terjadi antar karyawan kerja.

Tentu masalah ini bukan sepele bahkan bisa lebih rumit dari jobdesc yang kita miliki. Dibutuhkan banyak energi positif dan pikiran yang jernih dalam menghadapi. Karena sejauh ini tidak sedikit persaingan yang bisa membuat lingkungan kerja menjadi tidak nyaman bahkan memicu stres. Oleh karena itu, kamu perlu memperhatikan beberapa hal agar bisa menjaga persaingan antara kamu dan rekan kerja tetap berjalan positif dan sehat.

1. Pahami bahwa saingan sejatimu adalah dirimu sendiri

5 Cara Menghadapi Rekan Kerja Kompetitif, Jangan Minder!Pexels/ChiristinaMorillo

Mampu mengetahui dan mengenal siapa sebenarnya saingan kita merupakan sudah menjadi langkah normal dalam dunia kerja. Termasuk juga membaca strategi yang akan mereka lakukan untuk mendahuluimu. Tapi jangan terlalu fokus untuk memperhatikan mereka. Karena ada banyak hal yang perlu diperhatikan agar performa kerjamu terus meningkat serta stabil.

Salah satunya adalah dengan intropeksi diri. Katakanlah pada dirimu bahwa saingan terbesar dan terberatmu adalah dirimu sendiri. Kamu bisa menggunakan pengalaman di masa lalu sebagai pembelajaran dalam mencapai tujuan yang ingin kamu capai. Dengan begitu, kamu bisa lebih fokus melakukan hal-hal positif yang dapat memperbaiki diri daripada fokus dengan orang lain.

2. Baca peta keadaan di kantor dan bijaklah beradaptasi

5 Cara Menghadapi Rekan Kerja Kompetitif, Jangan Minder!Pixabay/mohamed_hassan

Kalau kamu sudah mengetahui siapa sebenarnya sainganmu, maka cobalah lakukan beberapa hal untuk menyesuaikan diri dengan mereka. Pertama, tunjukkan perlakuan baik yang kamu miliki. Buat mereka merasakan bahwa kamu bukanlah ‘lawan’ yang perlu diperhitungkan. Berikan pujian jika performanya bagus, undang bekerja sama menyelesaikan masalah dan mintalah pendapat dari mereka terkait apa yang kamu lakukan.

Namun, jika sainganmu tidak mampu membangun hubungan positif, biarkan saja. Jangan jadi benci. Ikuti saja cara main mereka, namun usahakan untuk tidak membalas perbuatan mereka karena itu bisa memperkeruh kompetisi.

3. Bukan masalah besar jika melakukan pembelaan diri

5 Cara Menghadapi Rekan Kerja Kompetitif, Jangan Minder!Pixabay/jamesoladujoye

Ada loh beberapa orang yang akan melakukan ‘serangan’ secara frontal tentang apa yang kamu kerjakan bahkan sampai menyerang dirimu sendiri. Jika keadaannya sudah serumit itu, tak ada salahnya kamu melakukan pembelaan. Misalnya melapor ke HRD terkait apa yang kamu alami.

Tapi ingat, sebelum memutuskan untuk melaporkan apa yang terjadi kepada atasan, pastikan bahwa masalahnya memang benar-benar serius. Jangan sampai kamu dijuluki sebagai pengadu hanya karena masalah sepele. Nanti kamu di cap kekanak-kanakan. Dan jika hendak mengutarakan isi pikiranmu tetaplah menjaga profesionalitas. Kamu juga harus bisa menceritakan kejadiannya secara spesifik. Hindari perilaku merengek, mengeluh apalagi sampai terkesan bergosip.

Baca Juga: 5 Bukti Kamu Termasuk Rekan Kerja yang Bisa Diandalkan, Pertahankan!

4. Minimalisir konfrontasi dengan tetap menjaga relasi positif

5 Cara Menghadapi Rekan Kerja Kompetitif, Jangan Minder!Pexels/fauxels

Walaupun ada persaingan yang ketat, tetaplah berusaha untuk membangun dan mempertahankan hubungan profesional yang baik dengan rekan kerja lain.

Ingat, jangan fokus pada rekan kerja yang terlalu kompetitif. Kamu bisa lebih memusatkan energi untuk melakukan hal lain, seperti menghormati sesama rekan kerja agar mereka juga respect terhadapmu. Usahakan kehadiranmu selalu memberikan efek positif bagi mereka.

Jangan lupakan untuk menunjukkan komitmenmu sebagai anggota tim yang baik, jangan naif untuk memuji orang lain, berikan dan terimalah kritikan yang membangun, dan lakukan kolaborasi-kolaborasi menarik. Cara-cara ini bisa membantumu untuk mendapatkan persaingan yang lebih sehat dengan rekan-rekan kerja di kantor.

5. Selalu melakukan cross check pada diri sendiri dan situasi

5 Cara Menghadapi Rekan Kerja Kompetitif, Jangan Minder!Pexels/AndreaPiacquadio

Bukan hanya sekedar mengevaluasi diri sendiri. Kamu juga harus bisa mengevaluasi kondisi lingkungan kerja. Apalagi bau-bau jiwa kompetisi masih ada. 

Estimasikan berapa jumlah rekan yang kompetitif. Jika jumlahnya cukup banyak berarti bisa jadi ada yang salah dengan sistem kerja atau budaya kerja yang di bangun di tempat kerjamu. Biasanya, sifat kompetitif ini telah ditularkan oleh rekan-rekan kerja lebih senior dan tidak ada satu orang pun yang berani meredam permasalahan ini. 

Jika kondisinya seperti ini terus, mungkin sudah saatnya bagimu untuk menyiapkan CV baru. Berangkat dari pengalaman buruk ini, carilah perusahaan dengan lingkungan kerja yang lebih sehat agar kompetisi yang terjadi juga lebih masuk akal.

Itulah yang bisa kamu lakukan jika hawa di lingkungan kerja kompetitif. Terakhir jangan memikirkan kompetitif adalah hal yang negatif. Tapi pikirkan sebagai alasan mengapa kamu terus belajar dan belajar.

Baca Juga: 5 Tips untuk Menghadapi Rekan Kerja yang Agresif, Biar Gak Makan Ati!

Basri W Pakpahan Photo Verified Writer Basri W Pakpahan

Menulis untuk Memperbaiki Diri

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya