Comscore Tracker

5 Konten yang Bantu Online Shop Ramai Orderan, Segera Terapkan!

Inspirasi konten Instagram bagi pengusaha online shop

Posisi online shop pada zaman sekarang sudah hampir menyamai offline shop. Bahkan, orang terkadang memilih berbelanja secara online untuk beberapa alasan seperti kesibukan pekerjaan, harga lebih murah, ataupun kepastian kualitas tanpa harus capek berkeliling toko.

Sehingga bisnis online shop dapat dikatakan cukup menjanjikan. Apakah di antara kamu ada yang sudah menjalankan bisnis ini tapi masih merasa jalan ditempat dan tidak ada peningkatan? Yuk, ikuti tips membuat postingan yang bisa membuat online shop ramai orderan berikut, jangan sampai ada yang terlewat, ya!

1. Tampilkan materi penjualan yang menunjukkan kelebihan produk secara maksimal

5 Konten yang Bantu Online Shop Ramai Orderan, Segera Terapkan!Ilustrasi orang tertarik dengan suatu produk (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Sebagai penjual hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengetahui secara detail produk yang akan kamu jual atau pasarkan. Hal detail itu salah satunya meliputi potensi atau nilai jual barang tersebut. Jika kamu telah memahaminya, langkah selanjutnya kamu harus memaksimalkan potensi itu. Caranya, buatlah materi penjualan yang sangat menunjukkan kelebihan produk tersebut.

Contohnya jika barang yang hendak kamu jual adalah sprei dengan bahan lembut dan nyaman, maka contoh materi pemasarannya adalah foto keluarga sedang tidur nyenyak dengan menggunakan sprei tersebut, contoh kedua adalah frozen food. Jika kamu ingin menjualnya maka kamu harus membuat video yang menjelaskan kapan waktu terbaik untuk menikmati makanan tersebut atau video tutorial memasaknya, dengan begitu calon pembeli akan tertarik untuk membeli produk yang kamu jual.

2. Unggah bukti berupa foto atau video testimoni positif produk

5 Konten yang Bantu Online Shop Ramai Orderan, Segera Terapkan!Ilustrasi video testimoni dengan banyak responden (freepik.com/rawpixel.com)

Unggah foto atau video yang berisi review positif produk yang kamu jual dari banyak orang. Sebenarnya hal tersebut bisa diusahakan dengan budget minimal, lho. Kamu bisa menggunakan satu sample produk untuk beberapa foto atau video tersebut. Kamu bisa minta bantuan orang terdekat seperti keluarga atau teman untuk membuat video secara bergantian dengan latar dan suasana berbeda sehingga foto atau video yang dihasilkan pun berbeda-beda.

Tujuan dari hal di atas adalah untuk memunculkan kesan "wow" bahwa produk kamu telah dipercaya dan digunakan oleh banyak orang. Namun, kamu harus tetap memastikan produk yang dijual benar-benar berkualitas bagus sehingga calon pembeli akan dengan senang hati menyampaikan testimoninya seandainya terjalin kesepakatan jual beli.

Baca Juga: 5 Jenis-Jenis Biaya Produksi dan Contohnya di Dunia Bisnis

3. Sertakan tips dan trik terbaru yang berhubungan dengan produk

5 Konten yang Bantu Online Shop Ramai Orderan, Segera Terapkan!Ilustrasi sedang berbagi tips fashion (pexels.com/Anna Nekrashevich)

Postingan berupa tips dan trik yang sangat berhubungan dengan produk yang dijual sama halnya dengan mengiklankan produk tersebut. Maka, sudah seharusnya video tips dan trik ini dibuat sebagus mungkin sehingga bisa menyampaikan fungsi maksimal dari produk yang kamu jual atau tawarkan.

Sebagai contoh jika kamu menjual produk fashion, maka video tips dan trik yang bisa dibuat adalah tips outfit of the day, bahan - bahan garment, sizing produk fashion, dan lain-lain. Sedangkan jika kamu hendak mempromosikan produk properti, maka kamu bisa membuat tips pemilihan lokasi, tips fengshui, dan sebagainya.

4. Buat postingan tentang kuis dan giveaway

5 Konten yang Bantu Online Shop Ramai Orderan, Segera Terapkan!Ilustrasi content creator sedang memberikan giveaway (freepik.com/Freepik)

Instagram adalah tempat kebanyakan orang melepas lelah dan mencari hiburan. Jika kamu mengadakan games atau kuis ringan yang masih berhubungan dengan produk yang kamu jual, pasti akan banyak peminat. Jangan lupa untuk menyertakan giveaway agar event yang kamu adakan semakin menarik perhatian dan engagement akunmu juga naik.

Misalnya buat kuis "cari 5 perbedaan" menggunakan foto produkmu, tebakan tentang sejarah produk yang kamu jual, pemilihan varian produk terfavorit, dan ide lainnya. Sebagai penjual kamu dituntut sekreatif mungkin dalam mengadakan event, agar postinganmu beragam dan calon pembeli berdatangan.

5. Posting video behind the scene

5 Konten yang Bantu Online Shop Ramai Orderan, Segera Terapkan!Ilustrasi dibalik layar proses syuting testimoni sebuah produk (pexels.com/Mikael Blomkvist)

Posting video kesibukan dibalik layar online shop kamu. Semakin nyata video itu kamu buat, maka akan semakin menarik. Karena kebanyakan orang akan lebih yakin jika sudah melihat sendiri proses dari barang yang akan mereka beli.

Saat menghitung stok, proses pengemasan produk, syuting video testimoni, pembuatan produk adalah beberapa contoh video dibalik layar yang bisa kamu tampilkan. Iringi video dengan musik yang mendukung dan voice over yang berisi penjelasan kegiatan agar video makin jelas dan menarik

Itulah kelima postingan yang bisa bikin online shop ramai orderan, selain hal diatas kamu juga harus mencari referensi dan memperhatikan konten yang relate dengan produk jualan kamu. Sehingga ide-ide postingan senantiasa fresh dan up to date, segera aplikasikan ya!

Baca Juga: 5 Manfaat Melatih Jiwa Wirausaha pada Anak sejak Usia Dini

Candra Dewi Photo Verified Writer Candra Dewi

Reading is like breathing in, writing is like breathing out

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya