Comscore Tracker

#GreenBeauty Pasti Bisa! Merawat Diri dan Bumi dengan 5 Cara Sederhana

Gak sulit, kok!

Apa persamaan antara diri kita dengan Bumi? Yup, tentunya sama-sama butuh perawatan, perlindungan, dan juga pelestarian. Kita yang hidup di Bumi ini wajib menjaga, merawat, dan melestarikan lingkungan di sekitar kita untuk keberlangsungan Bumi di masa depan. Begitu juga dengan diri kita sendiri yang membutuhkan perawatan demi kehidupan yang lebih baik.

Nah, lalu, bagaimana korelasinya? Apa bisa merawat diri sendiri dan Bumi dilakukan secara bersamaan? Bisa, kok! Asal ada niat, semuanya pasti bisa dilakukan. Yuk, simak artikelnya!

1. Peduli terhadap Bumi berarti peduli terhadap lingkungan

#GreenBeauty Pasti Bisa! Merawat Diri dan Bumi dengan 5 Cara Sederhanailustrasi mengambil sampah plastik (pexels.com/Marta Ortigosa)

Coba, deh, diingat kembali, seberapa sering kamu menaruh kepedulian terhadap lingkungan di sekitar kamu? Sebetulnya, peduli terhadap lingkungan itu gak susah, kok. Asal ada niat dan usaha, kamu pun bisa melakukannya. Nah, secara sederhana, kamu bisa terlibat dalam pelestarian lingkungan dengan cara membersihkan sampah plastik di lingkungan terdekat.

Jika hal ini rutin dilakukan, kamu sudah berpartisipasi menyelamatkan Bumi. Sekadar informasi, menurut data yang ada dalam National Geographic, ada sekitar 8 juta ton sampah plastik yang terbuang ke laut setiap tahunnya. Tentunya, kamu gak mau, kan, kalau Bumi kesayangan kita ini sampai rusak? Oleh sebab itu, peduli lingkungan dalam perkara kecil bisa mengubah kualitas hidup menjadi lebih baik.

2. Belajar untuk memilah sampah berdasarkan jenisnya

#GreenBeauty Pasti Bisa! Merawat Diri dan Bumi dengan 5 Cara SederhanaPilah dan buang sampah berdasarkan jenisnya. (peoplesdailyng.com)

Sebagai generasi muda, kita harus cerdas dan hidup disiplin. Contoh yang paling simpel adalah memilah sampah. Jangan malas untuk memilah, memilih, dan membuang sampah di tempat yang disediakan sesuai dengan jenisnya. Bedakan antara sampah organik, anorganik, dan limbah berbahaya. Biasanya, di masing-masing tempat sampah, ada tulisan dan warna yang berbeda.

Kamu tinggal pilah dan pilih mana sampah yang recycle atau daur ulang dan mana yang bukan. Dengan disiplin melakukan hal ini, kamu sudah mendukung gerakan #onegreenstep di lingkungan sekitarmu. Oh ya, sebelum membuangnya, coba lihat dulu logo atau lambang yang ada di kemasan minuman atau makanan yang kamu pegang. Logo daur ulang atau recycle biasanya dapat dengan mudah ditemukan jika memang bahan tersebut bisa didaur ulang.

Baca Juga: #GreenBeauty 5 Cara Hemat Energi yang Bisa Dimulai dari Kamarmu

3. Gunakan produk perawatan diri yang terbukti sayang terhadap Bumi

#GreenBeauty Pasti Bisa! Merawat Diri dan Bumi dengan 5 Cara SederhanaGarnier sebagai produk yang ramah dan peduli terhadap lingkungan. (dok. Garnier)

Buktikan bahwa kamu bisa merawat dirimu sekaligus lingkungan dengan baik. Caranya bagaimana? Gunakan produk-produk yang punya kepedulian kuat terhadap lingkungan, misalnya produk Garnier. Nah, produk keren ini punya program #GarnierGreenBeauty sebagai salah satu komitmen mereka dalam melestarikan Bumi. Gak percaya? Banyak buktinya!

Produk-produk buatan Garnier diproses dari bahan yang berasal dari sumber berkelanjutan. Artinya, bahan-bahan yang digunakan adalah bahan terbarukan. Lalu, kemasan dari produk Garnier sudah masuk dalam jenis bahan daur ulang. Hal ini sangat berdampak bagi lingkungan, yakni sesuai dengan prestasi Garnier dalam mengurangi emisi karbon (CO2) sebesar 84 persen pada 2019.

Masih kurang? Jika kamu pencinta hewan, sebuah keputusan tepat memilih Garnier. Pasalnya, Garnier sudah dinobatkan sebagai produk yang bebas dari kekerasan terhadap hewan. Logo Cruelty Free International menjadi buktinya. Ingin tahu lebih dalam tentang komitmen Garnier? Kunjungi https://www.garnier.co.id/greenbeauty dan kamu juga bisa terlibat dalam komitmen Garnier Green Beauty.

4. Gunakan aplikasi bermanfaat

#GreenBeauty Pasti Bisa! Merawat Diri dan Bumi dengan 5 Cara SederhanaAplikasi eRecycle di smartphone. (greeners.co)

Jangan ngaku peduli lingkungan kalau kamu gak pernah menggunakan aplikasi eRecycle. Yup, aplikasi keren yang satu ini bisa digunakan jika kamu tinggal di wilayah Jakarta, Tangerang, Depok, dan Bekasi. Pengepul sampah berbasis daring ini bisa kamu unduh di Google Play dan App Store. Selain cerdas dalam memilah sampah, cara menguntungkan bisa dipilih sebagai gaya hidup modern. So, unduh dan gunakan aplikasi eRecycle di smartphone milikmu.

Jangan lupa, untuk membaca berita dan menulis artikel berkualitas, kamu bisa unduh aplikasi IDN App. Media nasional yang satu ini sudah terbukti peduli terhadap lingkungan melalui kolaborasi #GarnierxIDNTimes. Bagaimana? Keren, kan? Cerdas bersama IDN Times dan eRecycle, serta manjakan diri dengan produk Garnier. Hebatnya lagi, semuanya bisa dilakukan bersamaan dengan pelestarian lingkungan hidup.

5. Melibatkan diri secara aktif dalam kegiatan pelestarian alam

#GreenBeauty Pasti Bisa! Merawat Diri dan Bumi dengan 5 Cara SederhanaPohon yang hijau dan asri. (pexels.com/Felix Mittermeier)

Apa kamu tahu seberapa parah kerusakan hutan di muka Bumi ini? Dilansir dalam Our World in Data, secara global ada 10 juta hektar penebangan hutan terjadi tiap tahunnya. Hanya separuhnya ditanami kembali, membuat Bumi kehilangan 5 juta hektar hutan setiap tahunnya. Kalau peduli dengan Bumi, kamu bisa aktif melakukan penghijauan atau penanaman pohon di daerahmu.

Di daerah tempat tinggal penulis, penanaman hutan sudah menjadi kegiatan rutin warga Kalimantan Timur. Bahkan, sedapat mungkin penulis juga aktif ikut serta di dalamnya. Dengan cara ini, kita bisa bersama-sama menyelamatkan alam. Beruntung, beberapa bagian hutan yang awalnya gundul sudah mulai ditumbuhi pohon dan kembali menampung kehidupan satwa liar.

Nah, bagaimana? Ternyata, merawat diri sekaligus lingkungan itu gak sulit, bukan? Kita sebagai generasi muda pasti bisa melakukan hal positif tersebut dari hal yang paling kecil. Yuk, rawat diri dengan cara cerdas sekaligus menjaga kelestarian Bumi kita.

Baca Juga: #GreenBeauty 5 Aksi Green Lifestyle untuk Menyelamatkan Bumi

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya