Comscore Tracker

Baru Masuk Dunia Kerja? Ini 5 Hal yang Harus Ditanamkan dalam Benakmu

Sebaiknya jangan berekspektasi tinggi dulu, belajarlah

Kamu baru lulus kuliah dan baru memasuki dunia kerja? Selamat ya. Sekarang kamu berada di fase kehidupan yang baru dimana kamu sudah gak lagi berstatus mahasiswa ataupun pelajar. Tapi jangan terlampau bahagia dulu, ada beberapa hal nih yang perlu selalu kamu ingat agar gak "kaget" saat mulai bekerja.

1. Semua pekerjaan itu akan ada plus minusnya

Baru Masuk Dunia Kerja? Ini 5 Hal yang Harus Ditanamkan dalam Benakmuunsplash/Venveo

Hal pertama yang harus kamu sadari adalah jenis pekerjaan apapun yang sedang kamu tekuni saat ini pasti memiliki sisi plus dan minus yang gak bisa kamu abaikan begitu saja. Jika kamu seorang guru, maka kamu akan berhadapan dengan murid yang terkadang bandel minta ampun sampai-sampai kamu gak bisa mengatur mereka.

Tapi, tentu saja menjadi seorang guru akan menjadikan kamu berguna bagi orang lain karena sudah membagi ilmumu kepada murid-murid tersebut.

Gak cuma guru, pekerjaan yang lain pun pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing juga. 

2. Gak ada pekerjaan yang gak bikin capek

Baru Masuk Dunia Kerja? Ini 5 Hal yang Harus Ditanamkan dalam Benakmuunsplash/Tim Gouw

Hal kedua yang harus kamu sadari betul adalah kamu gak boleh lekas menyerah dan mengeluh capek. Karena pada hakikatnya, semua pekerjaan itu memang melelahkan. Lambat laun kamu baru akan merasakan nikmatnya bekerja. Apalagi setelah gajian nih biasanya. Jadi, nikmati aja prosesnya ya.

Baca Juga: 5 Tips Agar Kamu dan Rekan Kerja Mempunyai Hubungan yang Baik

3. Adaptasi itu perlu, apalagi sama teman sekantor

Baru Masuk Dunia Kerja? Ini 5 Hal yang Harus Ditanamkan dalam Benakmuunsplash/rawpixel

Bagi yang pertama kali bekerja, biasanya masih kebingungan dengan pekerjaan yang harus ditekuni. Nah, disinilah kamu perlu beradaptasi. Namanya juga tempat baru, teman-teman baru, hal baru, semuanya memerlukan kesesuaian.

Terutama urusan hubungan dengan teman sekantor nih. Soalnya merekalah yang akan menentukan betah atau tidaknya kamu di tempat kerja barumu ini.

4. Harus pandai mengatur waktu, terutama pembagian antara bekerja dan beristirahat

Baru Masuk Dunia Kerja? Ini 5 Hal yang Harus Ditanamkan dalam Benakmuunsplash/William Iven

Ketika pertama kali bekerja, kamu pasti akan sangat bersemangat dan ingin menyelesaikan semuanya dengan cepat. Tapi ingat, kesehatan juga penting, lho. Kamu tetap perlu menyeimbangkan antara waktu untuk bekerja dan untuk beristirahat. Istirahat yang cukup juga akan membuat kinerjamu menjadi maksimal.

5. Mencintai pekerjaan adalah modal utama saat kamu mulai bekerja

Baru Masuk Dunia Kerja? Ini 5 Hal yang Harus Ditanamkan dalam Benakmuunsplash/Annie Spratt

Nah, yang terakhir nih. Kamu harus ingat bahwa mencintai pekerjaan adalah modal utama untuk sukses. Berusahalah untuk mencintai pekerjaanmu agar setiap kali kamu terbangun di pagi hari, kamu akan bersemangat untuk kembali bekerja. Apa pun jenis pekerjaan yang kamu tekuni, sesuai passionmu atau tidak, kamu harus menyukai dan mencintainya.

Semangat bekerja! Selamat tahun baru!

Baca Juga: 4 Alasan Logis Kamu Harus Tetap Kerja Meski Tidak Sesuai Passion

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya