Comscore Tracker

5 Kualitas Dasar yang Dicari untuk Posisi Customer Service

Sebagai garda terdepan

Menjadi seorang customer service, tak semudah penampakannya. Jika ingin terjun di sektor pelayanan publik juga perlu memahami bahwa tingkat kepuasan konsumen berbanding lurus dengan faktor kualitas pelayanan yang diterima. Tak heran bila seorang customer service termasuk dalam posisi yang krusial di perusahaan. Kandidatnya pun harus memiliki kualitas antara lain:

1. Kemampuan persuasif

5 Kualitas Dasar yang Dicari untuk Posisi Customer ServicePixabay.com/freegraphictoday

Bingung apa maksud dari persuasif?. Ibaratnya, pedagang yang sedang menjajakan dagangannya agar laris, maka kemampuan merayu dan mempengaruhi calon pembeli menjadi skill pamungkasnya. Apa hubungannya? Jelas ada, konsumen umumnya baru akan datang bila telah memiliki uneg-uneg atau bahkan menggebu-gebu siap komplain. Nah, disinilah peran seorang customer service sebagai penetralisir keadaan sekaligus mampu mengembalikan kepercayaan dan perasaan nyaman konsumen agar selalu setia menggunakan produknya. Diperlukan skill dewa tentunya!.

2. Wawasan yang luas

5 Kualitas Dasar yang Dicari untuk Posisi Customer Servicepixabay.com/gerald

Jangan bilang sebagai seorang customer service kita bisa bekerja dengan santai alias duduk manis dan hanya perlu tebar senyum sebanyak-banyaknya. Absolutely no!. Dalam bidang ini kita juga dituntut untuk memiliki wawasan yang luas sebagai cerminan pribadi yang bisa diandalkan konsumen. Mereka yang datang pasti dengan harapan agar mendapat solusi yang terbaik untuk permasalahannya. Sebuah win-win solution yang harus bisa kita tawarkan, bukannya malah dead lock.

3. Cekatan

5 Kualitas Dasar yang Dicari untuk Posisi Customer Servicepixabay.com/mary1826

Banyak yang tidak tahu bahwa saat menjalankan jobdesk, seorang customer service dituntut untuk tepat waktu. Handling time (waktu dalam melayani konsumen) dan waiting time (waktu tunggu giliran konsumen dipanggil) sebagai bagian dari prosedur standar penilaian kinerja. Maka korelasinya ada pada gaji yang akan diterima nanti. Persiapan diri anti lemot ya guys!.

Baca Juga: 7 Kualitas Diri yang Dimiliki Seorang Customer Service Sejati

4. Simpati

5 Kualitas Dasar yang Dicari untuk Posisi Customer ServicePixabay.com/nastya_gepp

Layaknya seorang teman, konsumen pun ingin didengar dan dimengerti. Mereka biasanya akan merasa lega bila melihat bahasa tubuh customer service tersebut menunjukkan simpati yang tampak dari tatapan matanya. Selain solusi, faktor kepuasan adalah hal yang sensitif bagi konsumen. Sama sensitifnya dengan persoalan jodoh lho. Awas bikin orang baper!.

5. Penampilan menarik

5 Kualitas Dasar yang Dicari untuk Posisi Customer Servicepixabay.com/vladbitte

Bukan soal kesempurnaan fisik, tapi soal konsistensi dalam hal menjaga penampilan agar tetap sedap dipandang. Dalam kondisi apapun, bila konsumen mendapat sambutan pertama yang sumringah sekaligus tampilan yang fresh dari customer service tersebut dijamin bisa bikin emosional konsumen lebih terkontrol. Dengan hati yang adem pastinya akan lebih memudahkan konsumen untuk menerima penjelasan terkait permasalahan produk yang dialaminya. Soal visualisasi memang paling jitu sebagai trik dalam pengalihan perhatian, jadi jangan ragu pancarkan pesonamu!

Menjadi seorang customer service memang gampang-gampang susah. Tapi akan jadi hal yang seru buat mereka yang suka berinteraksi dengan orang baru. Malah tak jarang peluang bagus terbuka lebar seiring banyaknya relasi yang tercipta. Siapa tahu konsumen tersebut merasa benar-benar puas dan terbantu dengan pelayanan yang diterimanya lalu kemudian hari menawarkan kerjasama atau pekerjaan dengan jenjang karir yang lebih baik lagi di perusahaan tempatnya bekerja. Big deal?

Baca Juga: 7 Customer Service Ini Terima Panggilan Telepon Menyeramkan

Ditaa p w Photo Writer Ditaa p w

Lady Rockmantic

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya