Comscore Tracker

Jangan Sampai Menyesal, 5 Hal Ini Gak Boleh Dikorbankan Demi Pekerjaan

Banyak yang lebih berharga daripada karier

Saat bekerja, banyak orang yang kehilangan keseimbangan antara kehidupan dan pekerjaan demi mendapatkan jenjang karier yang lebih tinggi secepat mungkin. Meskipun hal ini dapat diterima dalam beberapa kasus, tapi jangan sampai hal ini membuat kamu merasa menyesal karena sadar bahwa selama ini kamu tidak menikmati hidup.

Penting untuk mengetahui saat kamu bekerja terlalu keras dan menyeimbangkan kembali kehidupanmu. Pekerjaan bisa diibaratkan dengan perdagangan, di mana uang yang kamu dapatkan harus sebanding dengan apa yang kamu berikan. Bukannya memberikan segalanya demi sejumlah uang.

Bagaimanapun juga, ada banyak hal yang lebih berharga dan tidak boleh kamu korbankan untuk pekerjaan. Inilah hal-hal berharga yang tidak boleh kamu korbankan demi pekerjaan.

1. Kesehatan

Jangan Sampai Menyesal, 5 Hal Ini Gak Boleh Dikorbankan Demi Pekerjaanpexels.com/Karolina Grabowska

Banyak orang yang mendedikasikan hidupnya untuk bekerja, menjadi terlalu sibuk untuk menjalani hidup sehat. Mereka terlalu sibuk untuk memperhatikan kesehatan. Akibatnya, orang-orang ini sangat jarang berolahraga, tidak memperhatikan konsumsi makanan, terlalu banyak menghabiskan waktu untuk duduk, hingga kurang istirahat.

Tetapi, jika kamu tidak memiliki tubuh yang sehat, maka kerja kerasmu akan percuma. Kamu tidak akan bisa bekerja dengan maksimal, bertahan lama dalam pekerjaan, memiliki performa yang buruk, bahkan bukan tidak mungkin penghasilanmu hanya akan habis untuk biaya berobat.

Untuk itu, kamu harus membuat batasan dalam bekerja dan mengambil jeda saat kamu mulai merasakan stres. Jika tidak, stres akan semakin menumpuk yang menyebabkan gangguan kesehatan.

2. Keluarga

Jangan Sampai Menyesal, 5 Hal Ini Gak Boleh Dikorbankan Demi Pekerjaanpexels.com/Agung Pandit Wiguna

Kamu mungkin berpikir bahwa kamu bekerja keras demi menafkahi keluarga, agar keluargamu bisa bahagia dan semua kebutuhannya terpenuhi. Sayangnya, mungkin kamu tidak menyadari bahwa keluargamulah yang paling menderita karena pekerjaanmu. Demi mendapatkan penghasilan sebanyak mungkin dan mencapai karier yang lebih baik, kamu menukar waktu bersama keluarga yang tak ternilai untuk pekerjaanmu. Belum lagi emosi yang kamu luapkan pada anggota keluarga ketika kamu stres dengan pekerjaanmu di kantor.

Keluargamu tidak akan bersama kamu selamanya. Jangan sampai demi karier, kamu jadi hanya memiliki sedikit kenangan bersama keluarga seumur hidupmu, atau bahkan mengorbankan keharmonisan keluarga.

Baca Juga: Awas Menyesal, 5 Hal yang Tidak Boleh Kamu Korbankan Demi Pekerjaan

3. Prinsip

Jangan Sampai Menyesal, 5 Hal Ini Gak Boleh Dikorbankan Demi Pekerjaanpexels.com/August de Richelieu

Sejak anak-anak hingga dewasa dan mandiri, orangtuamu telah mendidikmu dengan nilai-nilai, karakter, dan prinsip tertentu. Dan kamu sendiri bangga karena telah berhasil tumbuh dengan mempertahankan prinsip tersebut. Lalu, saat karier yang kamu jalani memaksa kamu untuk mengorbankan integritasmu, apakah kamu mau?

Tak jarang, suatu pekerjaan menuntut pegawainya untuk pandai berbicara dan melebih-lebihkan kata-kata di depan klien, berbohong, menipu, atau bahkan memanipulasi orang. Jika kariermu saat ini bertentangan dengan prinsip yang kamu anut, dan ini membuat dirimu merasa bersalah dan tidak tenang, carilah pekerjaan lain yang sesuai dengan prinsipmu dan membuat kamu nyaman menjalani pekerjaan tersebut.

4. Kesehatan mental

Jangan Sampai Menyesal, 5 Hal Ini Gak Boleh Dikorbankan Demi Pekerjaanpexels.com/Vlada Karpovich

Kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan jasmani. Untuk apa kamu memiliki karier yang bagus dengan pendapatan yang besar jika membuat kamu jadi kehilangan akal dalam prosesnya?

Sistem yang tidak masuk akal, bos yang senang mempersulit bawahan, pekerjaan menumpuk dengan tenggat waktu yang selalu singkat, dan keharusan untuk berurusan dengan klien yang banyak menuntut, hanya akan menimbulkan stres yang membuat kepala terasa hampir meledak. Gangguan kecemasan, depresi, dan agresi yang mungkin ditimbulkan akibat pekerjaan tidaklah sebanding dengan uang yang kamu dapatkan dari pekerjaanmu, berapa pun jumlahnya. Jadi, tinggalkan pekerjaanmu jika itu membuat kamu harus menukar kesehatan mental dengan gaji.

5. Mimpimu

Jangan Sampai Menyesal, 5 Hal Ini Gak Boleh Dikorbankan Demi Pekerjaanpexels.com/Kaboompics.com

Jika pekerjaanmu saat in merupakan impianmu, artinya kamu sangat beruntung. Sayangnya, kebanyakan orang tidak demikian. Bagi mayoritas orang, pekerjaan mereka adalah sumber penghasilan, tidak lebih. Tapi, banyak orang yang sambil mengerjakan pekerjaannya, juga menemukan cara untuk mewujudkan impian mereka. Tapi banyak juga yang tidak.

Banyak yang bertahan di pekerjaan mereka hanya demi keamanan finansial meskipun sebenarnya mereka masih mendambakan impian mereka. Jangan sampai kamu menjadi salah satu dari mereka.

Setiap orang memiliki tanggung jawab dan kesibukan masing-masing. Tetapi jika kamu tidak melakukan apa pun untuk meraih impianmu, mimpimu hanya akan tetap jadi mimpi, bukan kenyataan.

Perlu kamu ingat, kerja bukanlah perbudakan. Jadi, jangan mengubah dirimu menjadi budak pekerjaan. Terlebih, setiap orang bisa diganti dan kamu tidak sepenting yang kamu pikirkan. Saat perusahaan kehilangan dirimu, mereka akan menemukan penggantimu dan tetap bertahan. Tapi, jika kamu mengorbankan semua hal di atas, belum tentu kamu akan mendapatkan semuanya kembali.

Baca Juga: Fokus pada Tujuan, 4 Zodiak Ini Rela Tinggalkan Cinta Demi Karier

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya