Comscore Tracker

5 Panduan Kelola Stres di Tempat Kerja, agar Gak Alami Penuaan Dini

Supaya pekerjaan lancar dan tetap awet muda 

Dalam menjalani pekerjaan tentu ada tekanan yang akan kamu hadapi, seperti tugas yang terus menumpuk, rekan kerja yang menyebalkan, hingga segala drama yang terjadi di tempat kerja. Hal-hal itu pasti membuatmu merasa stres dalam bekerja. Terkadang, rasa stres memang bisa berdampak positif bagi dirimu, karena bisa membuat kamu menjadi lebih produktif.

Namun, apabila stres yang kamu rasakan itu berlangsung lama, tentu hal tersebut bisa berdampak negatif untukmu. Kamu bisa menjadi orang yang mudah marah, sering memiliki pikiran negatif, mengalami susah tidur hingga penuaan dini, lho. Oleh karena itu, penting banget untuk kamu bisa mengelola stres tersebut, agar gak berdampak negatif bagi dirimu. Berikut lima panduan yang bisa kamu ikuti untuk mengelola rasa stres di tempat kerja.

1. Rajin berolahraga 

5 Panduan Kelola Stres di Tempat Kerja, agar Gak Alami Penuaan Diniilustrasi rutin berolahraga (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Rajin berolahraga selain akan membuat tubuhnya sehat dan bugar, kegiatan ini juga mampu mengurangi stres. Berbagai jenis olahraga bisa kamu lakukan untuk mengurangi rasa stres yang kerap datang. Gak harus selalu olahraga yang berat, kok. Olahraga ringan dengan rutin juga mampu membuat tubuhmu menjadi lebih rileks.

Kamu bisa berolahraga ringan seperti, berjalan kaki, berlari, bersepeda, melakukan yoga, berenang dan yang lainnya. Apa pun jenis olahraga yang kamu pilih, yang terpenting adalah rutin melakukannya. Pilih yang paling kamu sukai. Dengan begitu, selain hal tersebut mampu membuatmu nyaman ketika melakukannya, suasana hatimu juga bisa terkendali, sehingga stres akibat pekerjaan di kantor pun bisa menurun.

2. Lakukan hal-hal yang menyenangkan 

5 Panduan Kelola Stres di Tempat Kerja, agar Gak Alami Penuaan Diniilustrasi menulis (pexels.com/George Milton)

Coba renungkan lagi, apa saja hal-hal yang ketika kamu melakukannya, kamu merasa sangat senang? Entah itu berkumpul bersama teman-teman, menonton film, memasak, menulis atau menggambar dan yang lainnya. Lakukan kegiatan apa saja yang kamu sukai, agar tubuh dan pikiranmu bisa lebih rileks.

Namun, pastikan kegiatan yang kamu pilih itu positif, agar gak menimbulkan masalah baru yang bisa membuatmu semakin stres. Melakukan hal-hal yang kamu sukai adalah salah satu cara efektif untuk mengelola stres. Oleh karena itu, luangkanlah waktu untuk melakukan hal tersebut. Percayalah, ketika kamu sedang merasa stres, kemudian meluangkan waktu untuk bisa melakukan kegiatan yang kamu sukai, maka hal tersebut bisa membuatmu lebih tenang.

Baca Juga: 6 Tips Bebas Stres dari Drama Kehidupan Sehari-hari, Worry-Free!

3. Berceritalah kepada orang-orang dekat yang kamu percaya 

5 Panduan Kelola Stres di Tempat Kerja, agar Gak Alami Penuaan Diniilustrasi berbicara (pexels.com/Alexander Suhorucov)

Terkadang yang membuatmu merasa stres di tempat kerja itu bukan hanya deadline yang ketat saja, melainkan ada hal yang kurang nyaman dan itu kamu pendam sendiri dalam hati. Daripada terus memendamnya, akan lebih baik lagi jika kamu ceritakan saja tentang hal yang mengganggumu, sehingga kamu bisa melepaskan beban secara perlahan.

Memiliki teman atau seseorang yang baik dan siap mendengarkan ceritamu tentu akan sangat membahagiakan. Oleh karena itu, cobalah berkeluh kesah padanya. Setelah kamu selesai bercerita, pasti kamu akan merasa lebih percaya diri, suasana hatimu menjadi lebih lega, dan hal ini jelas akan menurunkan tingkat stres yang kamu alami. Berkeluh kesah pada seseorang yang bijak, akan membuat perasaanmu menjadi jauh lebih baik.

4. Merapikan tempat kerjamu 

5 Panduan Kelola Stres di Tempat Kerja, agar Gak Alami Penuaan Diniilustrasi orang bekerja (pexels.com/Vlada Karpovich)

Ketika pekerjaan terus menumpuk setiap harinya dan batas waktu juga sudah semakin dekat. Situasi seperti itu kerap membuatmu merasa stres. Biasanya ketika seseorang dalam situasi yang seperti ini, dia gak terlalu peduli dengan kerapian tempatnya bekerja.

Jadi, saat kamu sedang stres, cobalah untuk merapikan tempat atau ruangan kerjamu. Percayalah, ketika ruang kerjamu rapi, maka energi dan suasana hatimu yang berantakan tadi, bisa lebih tertata dan meningkatkan semangatmu. Oleh karena itu, atur ulang agar rapi dan bersih, sehingga hal tersebut mampu mengurangi stres akibat beban kerja yang berat.

5. Lakukan meditasi 

5 Panduan Kelola Stres di Tempat Kerja, agar Gak Alami Penuaan Diniilustrasi orang bermeditasi (pexels.com/Monstera)

Jika kamu merasakan tekanan kerja yang semakin hari, semakin berat. Itu adalah tanda bahwa kamu membutuhkan waktu untuk bermeditasi. Cara ini efektif untuk mengurangi rasa stres. Luangkanlah waktu selama 15 menit untuk bermeditasi. Untuk bermeditasi kamu juga gak perlu sampai bertapa dalam gua.

Ketika kamu sedang berada di kantor. Coba saja mencari tempat yang tenang dan jauh dari keramaian, berdiam dirilah di sana untuk menenangkan diri dan pikiranmu. Bermeditasi secara teratur, mampu membuatmu mengurangi rasa cemas, sehingga kamu gak akan lagi mudah terserang stres dan mengalami frustasi di tempat kerja.

Itulah kelima panduan yang bisa membantumu dalam mengelola stres di tempat kerja. Perlu kamu ketahui, bahwa lingkungan kerja yang sehat mampu membantu menumbuhkan sikap berkolaborasi yang lebih baik lagi, antara atasan dengan karyawan, maupun sesama karyawan, sehingga untuk mencapai tujuan bersama akan lebih mudah. Ketika semua hal berjalan dengan lancar dan mudah, rasa stres gak akan berlarut dalam diri. Menjalani hari tanpa beban, bisa membuatmu tampak awet muda, lho.

Baca Juga: 5 Hal Berat dalam Dunia Kerja yang Memicu Stres, Mentalmu Harus Kuat!

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

IG: adelbertha_eva

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya