Comscore Tracker

5 Tips Efektif Jadi Pribadi Dinamis di Lingkungan Kerja Baru 

Penuh semangat dan mudah beradaptasi 

Apakah kamu baru saja pindah kerja ke tempat yang baru? Mungkin karena faktor pindah rumah atau untuk mengembangkan karier yang lebih baik lagi, dan alasan yang lainnya.

Namun, apa pun yang menjadi alasan dibalik pindahnya kamu dari tempat kerja yang lama, ada satu hal yang wajib kamu persiapkan agar semua dapat berjalan baik dan lancar. Apa itu? Jadilah pribadi yang dinamis, agar kamu mudah beradaptasi di lingkungan kerja baru.

Pahamilah sejak awal bahwa tempat kerja baru tentu gak akan sama dengan tempat kerja yang lama. Namun, kamu harus tetap mampu membuat dirimu nyaman di sana. Hal ini penting agar kamu menjadi semakin produktif dalam bekerja. Semakin cepat kamu beradaptasi, maka kamu akan semakin menikmati pekerjaan di lingkungan barumu.

Berikut beberapa tips efektif yang mampu menjadikanmu sebagai pribadi dinamis di tempat kerja baru.

1. Perhatikan dan pelajari budaya kerjanya 

5 Tips Efektif Jadi Pribadi Dinamis di Lingkungan Kerja Baru ilustrasi orang belajar (pexels.com/Alena Darmel)

Kamu pasti sudah tahu bahwa setiap tempat kerja itu memiliki budaya kerjanya masing-masing. Meskipun bergerak dalam bidang yang sama, tetap saja kamu akan menemukan banyak perbedaan dengan budaya kerja di tempat yang lama. Langkah pertama yang harus kamu lakukan agar bisa menjadi pribadi dinamis untuk mudah menyesuaikan diri adalah perhatikan dan pelajari budaya kerja di tempat baru tersebut.

Tetaplah tenang dan gak perlu cemas saat kamu baru pertama masuk kerja di tempat baru. Percaya dirilah dan kendalikan diri, agar kamu bisa mendapatkan rasa nyaman saat memulai bekerja. Budaya kerja yang perlu kamu perhatikan dan pelajari seperti, cara berpakaian, cara berkomunikasi, cara bekerja, dan aspek lainnya.

Cobalah secara bertahap untuk menyesuaikan diri dengan hal-hal tersebut. Menjadi pribadi yang dinamis, bukan lagi sesuatu yang sulit dilakukan jika kamu mengetahui budaya kerja di tempat baru.

2. Ramah kepada siapa saja 

5 Tips Efektif Jadi Pribadi Dinamis di Lingkungan Kerja Baru ilustrasi orang berkenalan (pexels.com/fauxels)

Saat kamu baru pertama kalinya masuk kerja di tempat baru. Jangan lupa untuk memastikan diri agar bersikap ramah dan beranikan diri juga untuk memulai perkenalan dengan siapa saja. Ketika berkenalan perlihatkanlah bahasa tubuh yang tenang dan tersenyumlah dengan ramah kepada siapa saja yang kamu temui.

Sapalah rekan kerja maupun atasan kamu dengan ramah, agar kamu tetap terkesan memiliki sikap profesional. Perkenalkanlah dirimu kepada mereka terlebih dulu, agar kamu bisa lebih akrab dan mudah diterima menjadi bagian dari lingkungan kerja barumu. Intinya adalah berikan kesan pertama yang baik dengan bersikap hangat dan menyenangkan.

3. Jangan lakukan kebiasaan buruk di tempat kerja yang lama 

5 Tips Efektif Jadi Pribadi Dinamis di Lingkungan Kerja Baru ilustrasi karyawan terlambat mengikuti rapat (pexels.com/cottonbro)

Untuk bisa menjadi pribadi yang dinamis di tempat kerja baru, tentu kamu harus pandai dalam bersikap. Jangan melakukan kebiasaan buruk di tempat kerja yang lama. Ini adalah waktu dan kesempatan yang tepat untuk memperbaiki diri. Oleh karena itu, manfaatkanlah dengan sebaik mungkin. Tunjukanlah bahwa selain pribadi dinamis, kamu juga pribadi yang profesional dalam bekerja.

Berusahalah menjadi lebih baik dengan cara gak membawa kebiasaan buruk ketika kamu bekerja di tempat lama. Misalnya, sering datang terlambat, menunda pekerjaan, berpakaian gak rapi dan lainnya. Saatnya kamu meninggalkan hal-hal tersebut dan mulailah memiliki kebiasaan baru yang lebih positif.

Baca Juga: 5 Tips Hadapi Culture Shock di Tempat Kerja Baru, Biar Cepat Adaptasi

4. Bergaul dengan siapa saja 

5 Tips Efektif Jadi Pribadi Dinamis di Lingkungan Kerja Baru ilustrasi pertemanan (pexels.com/fauxels)

Salah satu ciri dari pribadi dinamis adalah mampu bergaul dengan siapa saja. Oleh karena itu, jangan menutup diri dan cobalah bergaul dengan rekan kerja yang lainnya. Ini juga merupakan kesempatanmu untuk bisa mendapatkan teman baru. Untuk dapat bergaul dengan asyik, tentu kamu harus mau beradaptasi dengan mereka dan bersedia membuka diri terlebih dulu.

Beranikan diri untuk bergabung dengan mereka, agar kamu bisa mengenal rekan kerjamu secara lebih dekat lagi. Lakukanlah sealami mungkin, agar mereka bisa nyaman dengan kehadiranmu. Selain bergaul saat berada di kantor, kamu juga bisa bergabung dengan mereka di momen lainnya, seperti saat ada acara ulang tahun, pernikahan, hangout bersama dan lainnya.

5. Berusahalah untuk gak bermasalah dengan rekan kerja maupun atasan 

5 Tips Efektif Jadi Pribadi Dinamis di Lingkungan Kerja Baru ilustrasi orang berdebat (pexels.com/Sora Shimazaki)

Pribadi yang dinamis adalah orang yang pandai menyesuaikan diri di mana saja. Jika kamu pandai menyesuaikan diri, maka kamu juga pandai menghindar dari masalah-masalah yang mungkin saja bisa menimpamu. Oleh karena itu, berusahalah untuk gak membuat masalah terlebih dulu di tempat kerja baru. Hal tersebut sangat berisiko terhadap perkembangan kariermu.

Bekerjalah secara profesional, kemungkinan terjadi masalah itu tetap ada, namun kamu harus pandai menghindarinya sejak awal. Apabila ada pekerjaan yang kamu belum bisa memahaminya, bertanyalah kepada rekan atau atasanmu. Hindari bersikap sok pintar, agar kamu disukai oleh banyak orang di tempat kerja yang baru.

Mampu beradaptasi di tempat kerja baru memang menjadi kebutuhan utama bagi kamu yang baru saja pindah kerja. Gak perlu canggung saat melakukannya, lakukan sealami mungkin agar kamu dan rekan kerja, serta atasan di sana bisa saling merasa nyaman. Dengan demikian, pekerjaan akan berjalan lancar dan kamu juga tetap bisa produktif.

Baca Juga: 7 Kunci Presentasi yang Memukau Saat Rapat Kantor, Jangan Lama-lama!

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

IG: adelbertha_eva

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya