Comscore Tracker

7 Hal Paling Penting yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Resign!

Berniat resign nih?

Setiap pegawai menginginkan pekerjaan yang mapan dengan jenjang karier yang menjanjikan. Namun pada kenyataanya, masih sedikit perusahaan yang memberikan jaminan seperti itu bagi karyawannya. Alhasil, ketika ada hal-hal yang belum bisa didapat dari perusahaan atau ketika kepuasan itu tidak terpenuhi, karyawan jadi punya keberanian buat resign dan mencari pekerjaan baru. 

Jika kamu adalah salah satu yang juga mengalami hal ini, ada hal-hal yang perlu kamu perhatikan agar waktu peralihanmu dalam mendapat pekerjaan baru gak sia-sia. Seperti contohnya adalah beberapa hal di bawah ini!

1. Pastikan kamu punya target pekerjaan yang jelas sebelum resign

7 Hal Paling Penting yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Resign!Unsplash/Daniel McCullough

Ada berbagai alasan saat terbesit keinginan untuk resign. Bisa jadi karena alasan pribadi yang menuntut buat pindah kerja ke luar kota, tak jarang juga karena tempat kerja yang belum memberikan kepuasan atau kesejahteraan finansial yang mumpuni.  Meski begitu, pastikan target pekerjaan yang kamu mau itu jelas.

Jika kamu tetap menginginkan sebagai pekerja kantor, pastikan perusahaan selanjutnya tidak jauh berbeda. Pasalnya, kamu punya latar belakang yang dibutuhkan sehingga lebih mudah mereka dalam perekrutan. Saat kamu memilih untuk resign dan membuka usaha sendiri, siapkan juga modal dan mental yang kuat buat merintis usahamu dari awal.

2. Usahakan jangan melepas pekerjaan sebelum diterima di tempat baru

7 Hal Paling Penting yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Resign!Unsplash/Tran Mau Tri Tam

Kamu tetap bisa melamar pekerjaan di tempat lain meski saat ini sedang bekerja. Asal tidak mengganggu performance kamu di kantor dan tidak melanggar kontrak kerja, kamu masih boleh melakukannya. 

Sebelum yakin memutuskan untuk cari kerja baru, tanyakan pada diri sendiri apakah kamu benar-benar membutuhkannya. Karena tidak jarang, karyawan hanya bosan saat punya pikiran buat resign. Alhasil, ketika kamu tidak yakin dan buru-buru keluar, keputusan resign bisa jadi bumerang saat kamu pada akhirnya kesulitan dapat kerja.

3. Tingkatkan kemampuan dan perbanyak keahlian dengan ikut pelatihan

7 Hal Paling Penting yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Resign!Unsplash/Headway

Bukan hanya untuk mengisi CV, kamu bisa mengikuti berbagai pelatihan yang bisa meningkatkan kemampuan atau menambah keahlian baru. Untuk mengisi waktu jeda menunggu panggilan interview, kamu bisa memperbaruhi persyaratan yang biasa digunakan untuk melamar kerja. Manfaatkan waktu peralihan dengan seproduktif mungkin. 

4. Ambil waktu buat liburan, otak kamu butuh refreshing

7 Hal Paling Penting yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Resign!Unsplash/Toa Heftiba

Bukan hanya memperbaruhi persyaratan atau surat-surat yang kamu butuhkan nanti, kamu juga butuh menyegarkan pikiran dan rohani kamu dalam masa jeda ini. Jika kamu anak rantau, kamu bisa pulang ke rumah mengobati rindu dengan keluarga. Kamu bisa menghubungi sahabat lama dan bercengkrama ke tempat mereka.

Ikut open trip dan coba liburan ke luar kota. Bisa dipastikan kamu lebih siap bekerja jika sudah menyegarkan badan dan jiwa kamu. Lakukan apa yang belum sempat kamu lakukan saat sibuk bekerja dulu.

Baca Juga: 6 Pertimbangan Penting Sebelum Resign, Biar Gak Menyesal

5. Usahakan memilih perusahaan yang memberikan jenjang karier bagi pegawainya

7 Hal Paling Penting yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Resign!Unsplash/rawpixel

Kalau kamu dulu belum berpengalaman dan seenaknya saja memilih tempat kerja tanpa mempertimbangkan jenjang karier yang mejanjikan, sekarang waktunya untuk memilih tempat yang bisa memberikan apa yang kamu butuhkan. Jangan ragu untuk menerima tawaran dari relasi yang sudah kamu kenal lama.

Asal tempat baru tersebut mau menjamin kesejahteraan karyawan dengan adil dan memberikan kesempatan buat meningkatkan karier, kamu pantas menerimanya. 

6. Pastikan perusahaan yang kamu lamar akan membantumu lebih berkembang

7 Hal Paling Penting yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Resign!Unsplash/Ellyot

Bukan hanya jenjang karier yang terbuka lebar, tempat baru tersebut hendaknya bisa meningkatkan level kamu secara pribadi. Pilih tempat kerja yang bisa memberikan pelatihan gratis untuk meningkatkan kemampuan. Sebaiknya buat target dirimu sendiri untuk mendapatkan pekerjaan yang dengan berbagai tantangan yang bisa membuatmu lebih berkembang. 

7. Fokus dan nikmatilah saat kamu memilih jadi pengusaha mandiri

7 Hal Paling Penting yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Resign!Unsplash/Nathan Dumlao

Bukan hanya karena ingin bekerja di perusahaan lain, orang yang memilih resign kadang juga menginginkan buat usaha sendiri. Jika kamu salah satunya, tetaplah fokus merintis usaha awal kamu. Barangkali kamu akan butuh effort yang lebih buat adaptasi, tapi lambat laun kamu juga bisa menikmati prosesnya. Memulai sendiri dari awal memang tidak semudah katika kamu harus melamar dan pada akhirnya diterima di perusahaan lain. Tapi mau gak mau kamu perlu mempertanggungjawabkan pilihanmu. 

Peralihan dalam masa kamu mendapatkan pekerjaan baru kadang jadi waktu yang sangat krusial, karena kamu dituntut cepat dapat kerja dan juga mendapatkan tempat yang lebih baik dari sebelumnya. Kuncinya adalah manfaatkan waktu seproduktif mungkin dan nikmati keputusan kamu untuk resign tersebut.

Baca Juga: Jangan Dipaksakan, 5 Tanda Ini Mengharuskanmu Segera Resign

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya