Comscore Tracker

5 Tipe Rekan Kerja Toksik yang Bisa Bahayakan Kariermu, Waspada!

Kamu harus cerdas dalam menghadapi mereka

Di dunia kerja, kualitas pekerjaan kita tidak hanya bergantung dari kerja keras dan keuletan saja. Ada faktor non-teknis yang tidak kalah penting, salah satunya kepribadian rekan kerja di sekitar kita. Disadari atau tidak, mereka adalah sosok yang akan berpengaruh dengan kualitas dan kebahagiaan kita di tempat kerja.

Beberapa rekan kerja tentunya ada yang sangat membantu dan bisa juga menjadi teman yang baik. Namun tidak sedikit juga sosok rekan kerja yang toksik dan sangat mungkin membahayakan kariermu. Agar tidak terjebak dengan mereka, berikut ini lima tipe rekan kerja toksik yang harus kamu waspadai.

1. Tukang gosip

5 Tipe Rekan Kerja Toksik yang Bisa Bahayakan Kariermu, Waspada!pexels/Gustavo Fring

Di lingkungan apa pun, tukang gosip tampaknya akan selalu ada, termasuk di dunia kerja. Mereka adalah orang-orang yang menyebarkan rumor ke seluruh departemen dan satu-satunya hal yang mereka kuasai adalah membicarakan karyawan lain di belakang mereka. Mereka kerap melebih-lebihkan suatu kebenaran dan selalu bergosip rumor apa pun yang terjadi di sekitar kantor.

Jika kamu terjebak dengan jenis orang seperti ini, seringkali dapat memengaruhi motivasimu untuk bekerja dan membuat kamu khawatir tentang masalah yang mungkin sebenarnya tidak ada. Biasanya tukang gosip berperilaku seperti itu karena merasa insecure dengan diri mereka sendiri, dan mencoba mengalihkan fokus dari kekurangan mereka sendiri.

2. Suka menyalahkan orang lain

5 Tipe Rekan Kerja Toksik yang Bisa Bahayakan Kariermu, Waspada!bmmagazine.co.uk

Tipe rekan kerja seperti ini adalah yang paling menyebalkan. Mereka adalah karyawan yang terus-menerus suka melemparkan tanggung jawabnya dan menyalahkan orang lain saat ada kesalahan. Mereka juga adalah sosok yang manipulatif dan selalu merasa benar, meskipun sebenarnya tidak. 

Jika kamu menghadapi orang seperti ini, akui dan terima kesalahan apa pun di pihak kamu alih-alih terjebak dalam permainan saling menyalahkan dengan mereka. Ini akan menunjukkan bahwa kamu adalah pekerja yang lebih dewasa dan bertanggung jawab yang percaya untuk mengambil tanggung jawab, alih-alih menyalahkan orang lain.

Baca Juga: 5 Trik Elegan Hadapi Rekan Kerja yang Suka Iri pada Pencapaian Kamu

3. Tukang drama

5 Tipe Rekan Kerja Toksik yang Bisa Bahayakan Kariermu, Waspada!pexels/moose photos

Tipe ini adalah sosok drama queen yang cenderung sangat emosional dan bereaksi dengan cara yang biasanya tidak dianggap profesional. Mereka kerap mencari perhatian atasan atau rekan kerja lainnya dengan cara yang berlebihan dan tidak profesional. Entah itu bergosip, berbohong ataupun victim blaming.

Orang seperti ini biasanya akan sulit diandalkan dalam mengerjakan suatu tugas, maka ada baiknya untuk menjaga jarak. Namun saat harus berhadapan dengan mereka, cobalah untuk tidak mengkritik mereka bahkan ketika mereka melakukan kesalahan yang masih bisa ditolerir. Sebaliknya, pujilah sisi positif mereka dan hal-hal yang bisa mereka kerjakan.

4. Suka mengontrol 

5 Tipe Rekan Kerja Toksik yang Bisa Bahayakan Kariermu, Waspada!pexels/kaboompics.com

Mereka adalah sosok yang selalu menjadi sangat kritis terhadap semua orang, terutama mereka yang bekerja dengan cara mereka sendiri yang unik. Mereka mungkin menunjukkan tanda-tanda OCD (obsessive compulsive disorder) saat bekerja.

Tidak jarang, mereka sering mengganggu urusan orang lain yang tidak terkait dengan pekerjaan mereka sendiri dan melewati batas. Mereka sebenarnya dapat menjadi aset bagi perusahaan lewat karakternya itu, tetapi sikap perfeksionis mereka juga dapat menurunkan motivasi orang lain di sekitar mereka.

Sosok seperti ini biasanya adalah supervisor, manajer atau apa pun yang jabatannya di atas kita. Saat kamu berhadapan dengan mereka, pastikan untuk memuji mereka atas perhatian terhadap detail dan menghargai kontribusi mereka, tentunya dengan ikhlas tanpa dibuat-buat.

5. Suka mengeluh

5 Tipe Rekan Kerja Toksik yang Bisa Bahayakan Kariermu, Waspada!pexels/jopwell

Mengeluh tentang pekerjaan sebenarnya adalah hal yang wajar selama tidak berlebihan dan tau tempatnya. Namun jika seseorang selalu bersikap seperti korban dalam setiap keadaan dan mengeluh tentang segala hal hanya untuk mendapatkan perhatian, sosok tersebut harus kamu waspadai.

Omelan mereka yang terus-menerus dapat sangat memengaruhi kinerjamu dan menurunkan motivasi dalam jangka panjang. Mereka sering mencoba meyakinkan orang lain di kantor bagaimana manajemen bertindak tidak adil dan hanya fokus pada apa yang salah. Negativitas mereka dapat menular dan merusak seluruh lingkungan kantor.

Bersabarlah saat berkomunikasi dengan mereka. Pahami bahwa mereka benar-benar merasa menjadi korban dan tidak sengaja berperilaku seperti ini.

Itulah lima tipe kepribadian rekan kerja yang patut untuk diwaspadai agar tidak membahayakan kariermu. Bukan berarti kamu harus menjauhi mereka, melainkan hanya lebih berhati-hati karena disadari atau tidak itu bisa mempengaruhi kinerjamu di kantor.

Baca Juga: 5 Macam Kelakuan Annoying Rekan Kerja yang Bikin Mood Buruk

Firli N. Purnagara Photo Verified Writer Firli N. Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya