Comscore Tracker

5 Pelajaran yang Bisa Dipetik dari WFH Bersama Anak, Boleh Minta Bantu

#IDNTimesLife Orangtua dan anak juga perlu quality time

Bagi yang sudah berkeluarga dan memiliki anak usia sekolah, situasi pandemik ini tentu membuatmu harus bekerja dari rumah bersama anak. Ini jadi tantangan tersendiri karena anak pun membutuhkan perhatianmu selagi kamu bekerja.

Karenanya, kamu pun mengambil siasat tertentu untuk mengatasi hal ini. Lalu, apa ya pelajaran yang bisa dipetik dari WFH bersama anak?

1. Meluangkan waktu untuk beristirahat dan keluar rumah bersama anak sejenak itu penting

5 Pelajaran yang Bisa Dipetik dari WFH Bersama Anak, Boleh Minta Bantupexels.com/Gustavo Fring

WFH bersama anak adalah hal yang berat. Kamu jadi paham akan pentingnya meluangkan waktu untuk beristirahat dan menyegarkan pikiran sejenak.

Solusinya, kamu bisa melibatkan anakmu untuk berjalan santai di sekitar rumah. Tentunya, tidak lupa menggunakan masker dan tetap patuh protokol kesehatan ya!

2. Membuat ruang atau bagian khusus untuk bekerja, juga gak kalah penting

5 Pelajaran yang Bisa Dipetik dari WFH Bersama Anak, Boleh Minta Bantupexels.com/Vlada Karpovich

Walaupun di rumah, kamu ternyata harus memisahkan ruang kerja dan bagian rumah lainnya. Dilansir Huffpost, kamu perlu memilih meja dan kursi keja yang tepat untuk bekerja agar nyaman digunakan.

Ini sekaligus memberitahu anakmu bahwa kalau kamu duduk di ruang kerjamu berarti kamu sedang bekerja. Setidaknya, masing-masing bisa saling menghargai jika sedang menjalankan kewajibannya.

Baca Juga: Tips Asuh Buah Hati saat WFH, Langsung dari Psikolog!

3. Meminta bantuan orangtuamu untuk menjaga anak adalah hal yang sah-sah saja

5 Pelajaran yang Bisa Dipetik dari WFH Bersama Anak, Boleh Minta Bantupexels.com/Ketut Subiyanto

Kalau kamu kewalahan, cobalah untuk meminta bantuan orangtua untuk menjaga anak selagi bekerja. Dilansir Huffpost, Rachel, ibu yang bekerja dengan dua anak, mengatakan bahwa tak mungkin bekerja secara penuh sambil menjaga anak, terutama kalau kedua orangtuanya bekerja.

4. Jangan terlalu keras pada diri sendiri atau pasangan ketika situasi di rumah mulai rumit!

5 Pelajaran yang Bisa Dipetik dari WFH Bersama Anak, Boleh Minta Bantupexels.com/Elly Fairytale

Kamu tak perlu memaksakan diri untuk mengatasi situasi rumit tanpa bantuan orang lain. Padahal, kamu dan pasangan sama-sama bekerja.

Dilansir Financial Review, kalau sudah kewalahan, mintalah bantuan orang lain. Atau, kamu juga bisa mencari cara kreatif agar anak sibuk selagi kamu bekerja.

5. Mengomunikasikan dengan rekan kerja bahwa kamu tidak bisa bekerja di rumah

5 Pelajaran yang Bisa Dipetik dari WFH Bersama Anak, Boleh Minta Bantupexels.com/Marcus Aurelius

Seiring berjalannya waktu, kamu merasa bahwa WFH menghambat produktivitas. Cobalah komunikasikan ini dengan rekan kerjamu!

Kalau kamu sudah mendengar kabar bahwa kantor sudah memperbolehkan karyawannya untuk bekerja dari kantor, kamu bisa meminta untuk didahulukan giliran masuknya. Begitu lebih menyenangkan, bukan?

Itu dia pelajaran yang bisa kamu petik dari WFH bersama anak. Pelajaran-pelajaran dari WFH ini, tentunya masih terus kamu terapkan sampai keadaan normal, nih.

Baca Juga: Supaya Tetap Waras Selama WFH, Coba Deh Lakukan 6 Tips Ini 

Topic:

  • Gabrielle Marsha
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya