Comscore Tracker

Menarik, Ini 8 Cara Cerdas Bangun Koneksi Profesional Secara Virtual 

Karena wajib dimiliki semua field karier 

Di zaman yang serba digital ini memang kita banyak dimudahkan. Salah satunya dalam urusan bisnis. Memulai hubungan pun gak harus dengan mendatangi orang secara langsung karena beragamnya platform yang dapat membantu.

Namun nyatanya hal ini masih menjadi kesulitan tersendiri karena kurang bijaksananya dalam memanfaatkan. Delapan tips berikut akan membantu menyukseskanmu dalam membangun koneksi profesional walaupun dengan virtual.

1. Temukan alasan kamu ingin terhubung dengan koneksimu 

Menarik, Ini 8 Cara Cerdas Bangun Koneksi Profesional Secara Virtual Ilustrasi bekerja (unsplash.com/Annie Spratt)

Sebelum me-reach out koneksimu ada baiknya untuk menemukan alasan yang membuatmu ingin terhubung dengannya. Pastikan bahwa kamu memiliki alasan kuat untuk menentukan next step yang akan dilakukan.

Mungkin karena kesamaan pekerjaan ataukah kerja sama yang memungkinkan terjadi di antara kalian. Kemudian pastikan pula bahwa nantinya koneksi yang terjalin membuat hubungan di antara kamu dan relasi saling menguntungkan. Tidak ada yang terlalu banyak memberi ataupun sebaliknya.

2. Jangan ragu meminta bantuan pada teman untuk dikenalkan 

Menarik, Ini 8 Cara Cerdas Bangun Koneksi Profesional Secara Virtual Ilustrasi diskusi (unsplash.com/Campaign Creators)

Jika temanmu mengenal rekanan yang kamu maksudkan jangan ragu untuk meminta bantuannya agar dikenalkan. Perlu kamu ketahui, saat kamu dikenalkan seperti ini secara gak langsung akan membuka peluang yang lebih besar lagi.

Bukan tanpa alasan, dalam dunia profesional potensi kerja sama atau hubungan yang lebih jauh akan mudah terjalin saat kepercayaan telah dimiliki. Dan hal ini kemungkinan akan terjadi juga padamu. Karena rekanan yang kamu maksudkan telah mengenal baik temanmu. Sehingga jika ada kesempatan kerja sama akan lebih gampang direalisasikan

Baca Juga: 5 Cara Pertahankan Sikap Profesional Bekerja agar Gak jadi Slogan Saja

3. Periksa kembali bagaimana profile profesionalmu 

Menarik, Ini 8 Cara Cerdas Bangun Koneksi Profesional Secara Virtual Ilustrasi bekerja (unsplash.com/Thought Catalog)

Banyaknya platform yang memungkinkan untuk menjalin hubungan profesional ada baiknya untuk lebih kamu maksimalkan. Periksa bagaimana profile profesionalmu misalnya di Linekdin. Bangun profile dengan baik dan atur agar lebih mudah ditemukan.

Berikan highlight pada profile yang mencerminkan bagaimana pekerjaan dan dimana minat yang kamu miliki. Dengan begitu, relasi ataupun kolegamu akan lebih mudah mengetahui background dan bagaimana memulai hubungan dengan kamu.

4. Jangan hanya terpaku pada kepentingan bisnis saja 

Menarik, Ini 8 Cara Cerdas Bangun Koneksi Profesional Secara Virtual Ilustrasi rehat dari pekerjaan (unsplash.com/Annie Spratt)

Membangun hubungan profesional memang bisa dibilang gampang-gampang susah. Pastikan kamu juga mengingat bahwa rekananmu adalah manusia biasa. Gak baik rasanya untuk terus-menerus membicarakan soal bisnis saja.

Ada saatnya kamu juga bersikap santai namun dengan tetap memberikan batasan dan respect pada mereka. Pastikan bahwa sisi emosional gak banyak menjadi distraksi dalam hubungan profesionalmu.

5. Jangan ragu untuk segera melakukan komunikasi dengannya 

Menarik, Ini 8 Cara Cerdas Bangun Koneksi Profesional Secara Virtual Ilustrasi pasangan (unsplash.com/Becca Tapert)

Ingat kembali bagaimana langkah awalmu dalam melakukan pendekatan dengan relasi. Jika sebelumnya kamu melakukan dengan mengirim direct message atau email, maka ada baiknya untuk melakukan follow up kembali.

Namun kali ini pastikan kamu menghubunginya lewat telepon untuk sekedar mengobrol santai. Hal ini dilakukan untuk lebih mengakrabkan diri dengan relasi. Bukan tidak mungkin bahwa nantinya kamu dengan dia akan menjalin kerja sama juga, kan?

6. Usahakan untuk bersikap ramah dengan mereka  

Menarik, Ini 8 Cara Cerdas Bangun Koneksi Profesional Secara Virtual Ilustrasi meeting (unsplash.com/Windows)

Hal krusial lain yang turut memengaruhi awal dalam membangun koneksi adalah dari bagaimana kamu bersikap. Usahakan untuk menjadi pribadi yang ramah. Gak ada salahnya untuk menjadi orang pertama yang menebar senyum.

Dengan begitu orang lain pun gak akan sungkan untuk memulai kerja sama denganmu. Sebaliknya, saat kamu menunjukkan dirimu yang kaku justru akan membuat rekananmu sedikit kesulitan untuk mendekatimu.

7. Pertahankan komunikasi yang sedang kamu bangun 

Menarik, Ini 8 Cara Cerdas Bangun Koneksi Profesional Secara Virtual Ilustrasi diskusi (unsplash.com/Antenna)

Penting namun nyatanya sering kali diabaikan. Saat telah berhasil terhubung dengan koneksi jaga komunikasimu agar tetap intens dengan mereka. Hal ini akan membuatmu memiliki nilai lebih yang mungkin gak dipunyai orang lain.

Mempertahankan komunikasi nyatanya memang lebih sulit daripada memulainya sendiri. Dan ini menjadi kesempatan untukmu agar hubungan yang kamu bangun dari awal gak mudah rapuh begitu saja.

8. Usahakan untuk mengatakan segala hal dengan jelas  

Menarik, Ini 8 Cara Cerdas Bangun Koneksi Profesional Secara Virtual Ilustrasi diskusi (unsplash.com/Cherrydeck)

Terakhir ingat bahwa dalam dunia profesional komunikasi sifatnya jelas dan lugas. Hindari berkomunikasi dengan bertele-tele baik melalui email ataupun secara langsung.

Utarakan maksudmu dengan jelas untuk menghindari bias yang kemungkinan bisa terjadi. Jika dibutuhkan lakukan klafirikasi dengan menghubunginya secara langsung. Tak lupa berikan support-mu kepada rekanan terkait apapun yang sedang kalian bangun.

Gak ada sesuatu yang gak bisa dipelajari. Salah satunya tentang bagaimana membangun koneksi profesional. Ada baiknya untuk kamu coba terlebih dahulu untuk mengetahui sejauh mana kesempatan sedang terbuka untukmu. Semoga berhasil!

Baca Juga: 5 Cara Profesional Mendapatkan Perhatian Atasan, Bukan Cari Muka

Daisy Photo Verified Writer Daisy

Sky doesn't explain itself high

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya