Comscore Tracker

5 Tips Mudah Menjaga Disiplin dalam Selesaikan Pekerjaan, Gak Ribet!

Cegah pekerjaan jadi terbengkalai

Tuntutan dalam pekerjaan memang terkadang gak pernah ada habisnya. Disiplin dan kontrol diri yang baik tentu diperlukan untuk menjamin semua pekerjaan mampu diselesaikan. Terlebih jika kamu berada dalam budaya kerja yang fast paced.

Pasti sedikit keterlambatan satu pekerjaan akan turut memengaruhi yang lain hingga semuanya menumpuk semakin banyak. Cobalah memaksimalkan disiplin dalam diri dengan melakukan lima tips berikut ini.

1. Usahakan untuk fokus dalam menyelesaikan setiap pekerjaan

5 Tips Mudah Menjaga Disiplin dalam Selesaikan Pekerjaan, Gak Ribet!Ilustrasi karier (pexels.com/George Milton)

Hindarkan dirimu dari distraksi yang ada. Cobalah untuk fokus dalam setiap mengerjakan satu per satu pekerjaan. Sering kali pekerjaan terbengkalai dan gak terselesaikan dengan sempurna karena fokusmu yang kurang terarah.

Oleh karena itu sebanyak apapun pekerjaan yang ada, maksimalkan dengan mempertahankan fokus. Salah satu caranya dengan memastikan satu per satu pekerjaan selesai sampai akhir. Jangan sampai semua hal yang harusnya mampu kamu selesaikan malah jadi berantakan.

2. Prioritaskan apa yang menuntut untuk diselesaikan lebih dulu

5 Tips Mudah Menjaga Disiplin dalam Selesaikan Pekerjaan, Gak Ribet!Ilustrasi kantor (pexels.com/Mikhail Nilov)

Sebisa mungkin cari tahu apa yang kamu prioritaskan dalam pekerjaan. Bedakan mana yang harus dikerjakan saat ini dan nanti. Hal ini harus kamu lakukan untuk tahu urgensi dalam setiap pekerjaan.

Jangan sampai membuat koordinasi dengan pihak lain terhambat karena kesalahanmu dalam menentukan prioritas dalam pekerjaan. Sadari dalam pekerjaan yang harus kamu selesaikan selalu berhubungan dengan pihak lain yang terkait.

Baca Juga: 5 Cara Bangkit Setelah Kehilangan Pekerjaan, Tetap Semangat!

3. Selalu buat planning dalam pekerjaan

5 Tips Mudah Menjaga Disiplin dalam Selesaikan Pekerjaan, Gak Ribet!Ilustrasi menulis (pexels.com/Judit Peter)

Bekerja tanpa planning bukanlah budaya yang baik untuk dibiasakan. Jika kamu ingin menjadi orang yang profesional dan semua pekerjaan terselesaikan, ada baiknya untuk mulai membuat planning dengan time line yang jelas.

Berikan estimasi berapa lama waktu yang dibutuhkan dalam mengerjakan suatu pekerjaan. Tujuannya tak lain untuk memastikan pekerjaan dan waktu yang dihabiskan dalam satu hari tercukupi.

4. Hindari menunda pekerjaan yang bisa diselesaikan

5 Tips Mudah Menjaga Disiplin dalam Selesaikan Pekerjaan, Gak Ribet!Ilustrasi bisnis (pexels.com/Vlada Karpovich)

Sadari bahwa menunda pekerjaan ternyata membawa efek panjang bagi banyak hal. Selain akan membuatmu stres, nyatanya kebiasaan menunda ini juga memengaruhi produktivitas yang lain dalam pekerjaan.

Yang harusnya bisa terselesaikan dalam waktu satu hari bisa saja terpaksa lebih karena kebiasaan burukmu itu. Memang terlihat sepele, namun dampak dari kebiasaan ini nyatanya sangat panjang. Jika sudah menumpuk makin banyak bisa saja bikin kamu burn out dan menurunkan mood kerja seharian.

5. Konsisten dalam menjalankan planning yang ada

5 Tips Mudah Menjaga Disiplin dalam Selesaikan Pekerjaan, Gak Ribet!Ilustrasi rekan bisnis (pexels.com/Alexander Suhorucov)

Sebaik apapun konsep yang dibuat rasanya akan percuma saja jika tidak diimbangi dengan konsistensi dalam mengerjakan. Terlihat mudah, namun nyatanya mempertahankan ritme kerja tetap membutuhkan usaha.

Pertahankan kebiasaan baik yang telah kamu susun dalam bekerja. Sekali kamu melanggar planning kerjamu, berikutnya bisa saja hal itu terjadi dan menjadi kebiasaan buruk. Yang penting perkembangan atau progress kamu lakukan dalam setiap hari. 

Disiplin dalam diri memang membawa banyak pengaruh baik, salah satunya dalam bekerja. Walaupun terlihat sepele, nyatanya dampak yang ditimbulkan dari kedisiplinan sangat besar. Jika terus dilakukan tentu akan memudahkan dalam melakukan banyak hal.

Baca Juga: 6 Alasan Lebih Baik Healing dari Masa Lalu Sebelum Mulai Hubungan Baru

Daisy Photo Verified Writer Daisy

Sky doesn't explain itself high

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya