Comscore Tracker

5 Manfaat Tidur dengan Melepas Bra, Baik untuk Kesehatan 

Tidur tanpa bra lebih nyaman dan sehat 

Bagi kaum wanita, mengenakan bra adalah suatu keharusan. Selain untuk menjaga kesopanan, mengenakan bra juga bermanfaat untuk melindungi payudara. Namun, pada saat tidur di malam hari, tidak semua wanita memakainya.

Boleh kok sesekali melepas bra menjelang tidur. Ternyata tidur tanpa memakai bra ada manfaatnya, lho! Dilansir Sleepbubble, berikut manfaatnya yang patut kamu ketahui. Mari dibaca sampai tuntas, ya!

1. Meningkatkan kualitas tidur 

5 Manfaat Tidur dengan Melepas Bra, Baik untuk Kesehatan ilustrasi tidur (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Bentuk bra yang ketat dapat membuat kamu merasa sesak atau pengap, yang menyebabkan kamu kesulitan untuk tidur. Akibatnya, kamu tidak mendapatkan kualitas tidur yang optimal. Dengan melepas bra pada waktu tidur, membuat tubuh menjadi lebih rileks. Kamu jadi bisa tidur lebih cepat dan nyenyak sepanjang malam, sehingga kualitas tidur pun meningkat.

Di samping itu, dalam keadaan berbaring, suhu tubuh cenderung menurun. Dengan melepas bra saat tidur, dapat menjaga suhu tubuh agar tetap rendah. Hal ini membuat saraf parasimpatis membantu tubuh untuk beristirahat dengan lebih optimal.

2. Membantu pernapasan lebih baik saat tidur 

5 Manfaat Tidur dengan Melepas Bra, Baik untuk Kesehatan Ilustrasi tidur (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Bra termasuk pakaian yang ketat yang membungkus erat di sekitar tulang rusuk. Saat kamu berbaring dengan memakai bra, saluran udara bagian atas akan menyempit dan pergerakan otot dada tidak bisa mengembang sepenuhnya, sehingga sulit bagi oksigen untuk mencapai paru-paru.

Akibatnya, aliran oksigen dalam tubuh menjadi berkurang. Oleh karena itu, manfaat tidur tanpa bra memungkinkan kamu untuk dapat bernapas dengan lebih mudah dan nyaman saat tidur.

Baca Juga: 9 Bahaya Mengintai saat Memakai Bra Ketat, Hindari Sebelum Terlanjur!

3. Meningkatkan sirkulasi darah 

5 Manfaat Tidur dengan Melepas Bra, Baik untuk Kesehatan ilustrasi tidur (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Mengenakan bra semalaman akan menekan payudara dan menyebabkan pembuluh darah tidak dapat mengalir lancar. Terlebih untuk jenis bra kawat dan bra untuk olahraga. Bila rutin digunakan, hal ini dapat menghambat sirkulasi darah ke jaringan payudara dan saraf lengan kamu serta area tubuh lainnya.

Hanya dengan melepas bra saat tidur, tubuh akan beristirahat selama delapan jam yang sangat dibutuhkan dan membuat aliran darah pada tubuh menjadi lancar. Seperti diketahui bahwa sirkulasi darah yang buruk dapat menyebabkan pusing, kram, varises, dan masalah kesehatan lainnya.

4. Membantu memperbaiki sistem limfatik 

5 Manfaat Tidur dengan Melepas Bra, Baik untuk Kesehatan ilustrasi tidur (unsplash.com/Damir Spanic)

Memakai bra yang terlalu ketat memberikan tekanan berlebih pada payudara. Jika rutin dilakukan saat tidur, dapat mengakibatkan terjadinya penyumbatan limfatik, terlebih jika kamu memiliki berat badan berlebihan. Penyumbatan ini bisa terjadi, karena adanya penumpukan cairan pada kelenjar getah bening yang terletak di area ketiak.

Kelenjar inilah yang berfungsi melawan infeksi tubuh, zat-zat asing berbahaya, dan sel-sel kanker. Ketika sistem limfatik dalam kondisi baik-baik saja, maka memungkinkan pembuangan racun dari area payudara menjadi lancar. Hal tersebut dapat mencegah terjadinya retensi cairan, rasa tidak nyaman, dan peradangan pada payudara.

5. Lebih higienis 

5 Manfaat Tidur dengan Melepas Bra, Baik untuk Kesehatan ilustrasi tidur (pexels.com/Vlada Karpovich)

Mengenakan bra saat tidur, terutama ketika suhu ruangan naik, dapat menyebabkan suhu tubuh kamu meningkat dan menjadi berkeringat. Penumpukan keringat di bra bisa menyebabkan bau badan.

Dengan melepas bra sebelum tidur, dapat membantu menjaga kulit tetap bersih. Sebaiknya, hindari pemakaian bra dengan bahan sintetis seperti poliester, karena dapat menyebabkan produksi keringat menjadi berlebih.

Terlepas dari pro dan kontra antara memakai bra atau melepasnya di saat tidur, itu semua kembali kepada kenyamanan masing-masing. Jika dirasa nyaman dengan memakai, pilihlah jenis bra yang tidak ketat dan bahan yang adem. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Cara Membaca Ukuran Bra 30A Hingga 90E, Biar Kamu Gak Salah Beli

Ika Larasati Photo Verified Writer Ika Larasati

keep calm and keep writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya