Comscore Tracker

5 Jurus Jitu Menyikapi Rekan Kerja yang Bersikap Gak Profesional Lagi

Jangan sungkan untuk mengingatkan, ya

Dalam ruang lingkup kerja, dipertemukan lah karyawan dengan berbagai latar belakang dan karakter. Meskipun sudah melalui tahapan dan mekanisme saat merekrut seorang karyawan, seiring berjalannya waktu, tak jarang ada saja karyawan yang gak mengindahkan tugas dan tanggung jawabnya yang di emban.

Untuk menyikapi hal tersebut, ketika posisi kamu sebagai rekan kerjanya, terapkanlah 5 hal ini dalam menyikapi rekan kerja yang sudah gak profesional tersebut.

1. Tanyakan motivasi dia berkerja

5 Jurus Jitu Menyikapi Rekan Kerja yang Bersikap Gak Profesional Lagiunsplash.com/@headwayio

Meskipun posisi kamu hanya sebatas rekan kerja. Gak ada salahnya, kan saling terbuka tentang motivasi masing-masing dalam menjalankan suatu pekerjaan. Menanyakan tentang motivasi pun, bisa kamu gunakan saat rekan kerjamu gak bersikap profesional dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.

Semisal; dia memberikan suatu alasan mengapa gak bersikap profesional lagi. Jangan sungkan untuk menjadi alarmnya dan bangun kembali motivasi dalam dirinya.

2. Beri dia penjelasan tentang dampak yang bisa timbul akibat gak bersikap profesional

5 Jurus Jitu Menyikapi Rekan Kerja yang Bersikap Gak Profesional Lagiunsplash.com/@nikarthur

Di antara kamu dan dia saling membutuhkan, terlebih lagi antara dirinya dan perusahaan. Sikap profesionalitas harus di emban oleh semua karyawan maupun perusahaan. Tatkala rekan kerja sudah gak bersikap profesional lagi, beri dia pandangan tentang dampak yang akan terjadi baik padanya maupun perusahaan.

Dampak klasiknya, semisal; dia gak akan diperpanjang lagi masa kerjanya di perusahaan tersebut, penilaian dia pun menjadi buruk, atau dampak bagi perusahaan, semisal; klien akan komplain dengan kinerjanya yang beres atau bahkan produk yang dihasilkan perusahaan gak maksimal sehingga banyak yang ditangguhkan.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Atasi Rekan Kerja yang Memiliki Sikap Menyebalkan

3. Alur pekerjaan gak berjalan lancar

5 Jurus Jitu Menyikapi Rekan Kerja yang Bersikap Gak Profesional Lagiunsplash.com/@johnschno

Meskipun bukan hanya satu atau dua karyawan saja dalam satu posisi. Namun, ketika salah satu saja di antara semua karyawan yang memegang bagian terkait ada yang gak profesional dan gak mengindahkan tugas yang dia emban, pekerjaan gak akan berjalan mulus sebagai mana mestinya. Dampaknya, bukan hanya dirasakan oleh satu bagian saja, melainkan merembet ke bagian-bagian lain.

Sebagai bagian dari langkah awal, gak ada salahnya kok kamu sebagai rekan kerja, mengingatkan rekan kerjamu tatkala ia sudah gak profesional lagi.

4. Tumbuhkan kesadaran padanya, bahwa bekerja bagian dari ibadah

5 Jurus Jitu Menyikapi Rekan Kerja yang Bersikap Gak Profesional Lagiunsplash.com/@tranmautritam

Jurus lainnya, jika mengetahui rekan kerja sudah gak bersikap profesionalitas. Selain membangun motivasinya kembali, berikan penjelasan juga padanya bahwa bekerja merupakan bagian dari ibadah.

Maksudnya? Yups, bekerja itu bukan semata-mata mencari penghasilan untuk diri sendiri, melainkan menghasilkan berbagai manfaat untuk orang lain. Dia dan kamu sebagai karyawan, bukan hanya nilai dari perusahaan yang di dapat, melainkan dari lingkungan dan Tuhan pastinya.

5. Ketika sudah gak mengindahkan, gak ada salahnya untuk dilaporkan pada atasan

5 Jurus Jitu Menyikapi Rekan Kerja yang Bersikap Gak Profesional Lagiunsplash.com/@anniespratt

Tujuannya bukan untuk 'mencari muka' atau 'mengadu domba', melainkan demi kemaslahatan perusahaan, karyawan lain maupun dirinya sendiri. Tatkala alarmmu sebagai rekan kerja sudah gak digubris lagi, alangkah baiknya laporkan saja pada atasan. Biarkan atasan yang menindak atas semua ketidakprofesionalitasannya tersebut.

Itulah 5 sikap yang bisa kamu lakukan ketika mengetahui rekan kerja ada yang gak bersikap profesional dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya terhadap perusahaan. Posisi kamu di sini bukan untuk menggurui, melainkan mengingatkan agar pekerjaan berjalan lancar sebagai mana mestinya.

Baca Juga: 6 Tanda Kalau Kamu Sudah Cukup Matang Menduduki Posisi Bos di Kantor

Ineu Nursetiawati Photo Verified Writer Ineu Nursetiawati

☺️

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya