Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Belum Bahagia dengan Karirmu Saat Ini, Sering Tertekan!

Nyaman itu kamu sendiri yang ciptakan #IDNTimesLife

Gak semua orang bisa beruntung menempuh karir sesuai dengan impian. Ada kalanya, kamu dihadapkan pada karir yang gak kamu suka, tapi tetap harus dilakukan, karena belum ada pilihan lain.

Hal ini, yang kerap menjebakmu jadi membenci pekerjaan yang sedang kamu tekuni saat ini. Terus berkutat pada hal yang kamu benci tentunya bikin kamustres. Aktivitas kerja harian jadi terasa begitu berat dan membebanimu setiap hari.

Ada beberapa tanda yang mencirikan bahwa kamu belum bahagia dengan pilihan karirmu sekarang. Simak, ya! Siapa tahu ternyata kamu juga mengalaminya.

1. Sering merasa tertekan dengan beban kerja

5 Tanda Kamu Belum Bahagia dengan Karirmu Saat Ini, Sering Tertekan!ilustrasi atasan galak (pexels.com/Yan Krukov)

Bahagia atau tidaknya kamu cenderung bergantung terhadap kondisi mental. Sekalipun pekerjaanmu sempurna, tapi kalau gak suka, maka yang dilihat selalu kekurangannya.

Coba deh, perhatikan lagi bagaimana sikapmu ketika diberi tugas. Menyambutnya dengan antusias atau malah merasa berat? Kalau yang terjadi selalu opsi terakhir, itu tanda kalau pilihan karirmu saat ini belum memberimu kebahagiaan.

Jika memang belum ada pilihan karir yang lain, maka berusahalah mencintai apa yang ada. Pasti ada banyak hal positif yang telah diberikan oleh pekerjaanmu saat ini. Ingat hal itu supaya ketika mendapatkan tugas gak malah jadi beban, melainkan tantangan yang membuatmu jadi bersemangat.

2. Setiap hari malas berangkat ke kantor

5 Tanda Kamu Belum Bahagia dengan Karirmu Saat Ini, Sering Tertekan!ilustrasi bangun tidur (pexels.com/Ivan Samkov)

Tanda lain bahwa kamu belum mencintai pekerjaanmu sekarang adalah setiap pagi selalu diliputi rasa yang gak bersemangat. Di jam-jam berangkat ngantor bawaannya selalu lesu.

Gak cuma pagi harinya aja sih, bahkan saat sudah sampai kantor pun, kamu seperti ogah-ogahan sepanjang mengarungi hari. Kinerjamu pun terdampak atas sifatmu tersebut. Hasil pekerjaanmu jadi ala kadarnya serta minim inisiatif.

Baca Juga: 5 Hal yang Wajib Kamu Lakukan Saat Baru Memulai Karir

3. Tiada jam tanpa mengeluh

5 Tanda Kamu Belum Bahagia dengan Karirmu Saat Ini, Sering Tertekan!ilustrasi mengeluh di tempat kerja (pexels.com/Yan Krukov)

Ya, saking akutnya keluhanmu, bukan tiada hari tanpa mengeluh lagi, melainkan sampai hitungan jam! Tiap saat ada saja yang dikeluhkan.

Keseringan mengeluh ini disebabkan oleh ketidakpuasan dalam dirimu. Karir yang kamu geluti saat ini tidak memberikan kamu kepuasan atau kebahagiaan batin. Makanya, semuanya jadi dilihat kurang olehmu.

Dikasih kerjaan yang rutin, bilangnya, “bosan! mengerjakan pekerjaan itu-itu lagi”. Giliran dikasih pekerjaan yang menantang, ucapmu, “gaji gak naik, tapi pekerjaan makin berat saja”. Serba salah!

4. Melihat karir orang lain selalu lebih baik

5 Tanda Kamu Belum Bahagia dengan Karirmu Saat Ini, Sering Tertekan!ilustrasi melakukan konseling (pexels.com/Polina Zimmerman)

Kebahagiaan akan memberimu rasa cukup. Kamu jadi gak merasa perlu untuk membanding-bandingkan diri atau merasa iri dengan karier yang dimiliki orang lain.

Beda lagi kalau pekerjaanmu saat ini cuma sebatas cara memenuhi kebutuhan hidupmu sehari-hari. Menjalaninya jadi terasa seperti beban dan jauh dari kata menyenangkan. Akhirnya, kamu jadi rentan melihat pencapaian orang lain yang kemudian mendorong rasa tidak bahagiamu semakin menjadi-jadi.

5. Jadi lebih emosian saat di rumah

5 Tanda Kamu Belum Bahagia dengan Karirmu Saat Ini, Sering Tertekan!ilustrasi sedang stres (pexels.com/MART PRODUCTION)

Ciri ini bisa jadi pertanda jelas bahwa pilihan karirmu saat ini gak memberimu kebahagiaan. Rasa frustrasi bikin kamu jadi gampang emosian. Parahnya lagi, kamu melampiaskan emosi yang kamu rasakan ini di rumah.

Tiap kali pulang ke rumah, ada saja yang kamu keluhkan mengenai pekerjaan. Atasan menyebalkan, rekan kerja yang malas, klien yang cerewet, dan sebagainya. Kasihan, lho, orang rumah yang malah jadi korban.

Setiap pilihan karir tentu memiliki masalah dan tantangannya masing-masing. Apa yang kamu anggap sempurna, bisa jadi berbeda bagi orang yang sedang menjalaninya.

Oleh sebab itu, kamu perlu menyikapi karirmu saat ini dengan dewasa. Bila memang pilihannya cuma itu, ya syukuri saja dulu. Perlahan berusahalah untuk mulai mencintai pekerjaan kamu saat ini.

Perubahan cara pandang ini gak cuma bakal berpengaruh positif untuk kinerjamu, tapi juga bagi kesehatan mentalmu. Gak mau, kan, hidup selalu dalam keadaan tertekan?

Baca Juga: 10 Situs Lowongan Kerja Terpercaya, Job Seeker Harus Tahu! 

L A L A Photo Verified Writer L A L A

I fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times (Bruce Lee)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya