Comscore Tracker

10 Situs Lowongan Kerja Terpercaya, Job Seeker Harus Tahu! 

Temukan kerja impianmu di sini #IDNTimes

Di zaman serba berbasis teknologi seperti saat ini, masyarakat dituntut untuk beradaptasi mengikuti perkembangan yang ada. Begitu juga dengan metode pencarian pekerjaan.

Jika dahulu job seeker harus mencetak surat lamaran kerja dan mengirimkannya door to door ke berbagai perusahaan, berkat perkembangan teknologi hal itu bisa dilakukan dengan cara ang lebih praktis dan efisien. Para pencari kerja bisa mengirimkan lamarannya melalui beberapa situs yang menjadi broker antara job seeker dengan perusahaan yang membutuhkan karyawan. 

Bahkan, kini bukan hanya job seeker yang menghubungi perusahaan, tapi perusahaan juga bisa approach kamu terlebih dahulu jika profil dan kompetensi kamu dirasa cocok dengan kebutuhan.

Bagi para job seeker yang mungkin belum mengetahuinya, berikut adalah beberapa situs layanan pencari kerja yang terpercaya dan aktif menyediakan ratusan peluang karir dari berbagai bidang dan kompetensi.

1. LinkedIn

10 Situs Lowongan Kerja Terpercaya, Job Seeker Harus Tahu! ilustrasi laman LinkedIn (unsplash.com/nathanareboucas)

LinkedIn adalah salah satu situs lowongan kerja terpercaya buatan Reid Hoffman, seorang pria asal Amerika Serikat. LinkedIn telah beroperasi sejak 5 Mei 2003 dan telah digunakan oleh lebih dari 500 juta orang di dunia.

LinkedIn disajikan dengan tampilan profesional namun sederhana layaknya sosial media dan dilengkapi dengan menu-menu dan fitur-fitur yang mendukung job seeker mencari pekerjaan dengan mudah. Situs ini dapat kalian manfaatkan untuk mencari kerja dengan menggunakan fitur Search Jobs dan mengaktifkan mode Open To Work sehingga para rekruter dapat mengetahui bahwa kalian sedang mencari pekerjaan.

Hebatnya, kalian bisa terkoneksi dengan akun perusahaan ternama untuk mengetahui perkembangan perusahaan dalam perekrutan pekerja dan lainnya. Selain mengirimkan lamaran, kalian juga dapat mengaktifkan Job Alert untuk mengetahui ketersediaan lowongan pekerjaan sesuai dengan jenis pekerjaan dan lokasi pekerjaan yang diinginkan. 

2. Glints

10 Situs Lowongan Kerja Terpercaya, Job Seeker Harus Tahu! ilustrasi penggunaan situs Glints (popbela.com/Ayu Utami)

Situs pencari kerja buatan tiga pemuda asal Singapura ini cocok banget untuk kaum milenial yang sedang aktif mencari kerja.

Bagaimana tidak, tampilan website dan aplikasi Glints disajikan dengan menarik dan eye catching. Glints menyajikan informasi lowongan kerja dari berbagai kategori, seperti lowongan berdasarkan tipe pekerjaan; magang, full time, part-time, dan freelance, lowongan kerja remote jarak jauh, lowongan berdasarkan lokasi dan pengalaman kerja, serta lowongan kerja sesuai bidang pekerjaan yang dikuasai.

Glints juga menyediakan kelas pelatihan bagi kalian yang ingin mengembangkan kompetensi diri untuk mendukung bidang karir. Selain melamar pekerjaan, kalian juga bisa memanfaatkan fitur komunitas untuk berdiskusi serta menemukan informasi dan tips seputar dunia kerja dengan ahlinya.

3. Kalibrr

10 Situs Lowongan Kerja Terpercaya, Job Seeker Harus Tahu! cuplikan laman Kalibrr (jobskarir.id)

Kalibrr ini bisa menjadi alternatif situs lowongan kerja terpercaya yang memudahkan kalian untuk mencari lowongan kerja.

Fitur Skill Test atau tes kemampuan dasar menjadi fitur andalan Kalibrr yang memungkinkan para rekruter perusahaan mengetahui skala kemampuan pelamar. 

Baca Juga: Ada Lowongan Kerja yang Merangkum 2 Skill Jadi 1? Ini Kata HRD

4. JobStreet

10 Situs Lowongan Kerja Terpercaya, Job Seeker Harus Tahu! cuplikan laman JobStreet (suara.com/Amelia Prisilia)

Situs perantara penyedia lowongan kerja yang satu ini sudah melebarkan sayapnya cukup lama yaitu sejak tahun 1997 di berbagai negara, khususnya negara-negara di Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, dan Vietnam.

Tak kalah unggul dengan portal lowongan kerja lainnya, Jobstreet memiliki fitur-fitur menarik, sederhana, dan mudah digunakan. Salah satunya adalah kalian bisa menemukan perusahaan yang sesuai dengan hasil tes cepat terkait kemampuan dasar yang sudah disediakan Jobstreet, lho!

Apabila kalian telah selesai mengunggah CV, Jobstreet bakal memberikan akses kepada pelamar untuk melihat status proses perekrutan hingga selesai. 

5. Indeed

10 Situs Lowongan Kerja Terpercaya, Job Seeker Harus Tahu! ilustrasi melamar kerja melalui Indeed (theorg.com)

Mungkin beberapa di antara kalian ada yang masih belum familiar dengan situs lowongan kerja Indeed. Situs yang bisa diakses melalu www.indeed.com ini memiliki fitur-fitur yang terbilang sederhana dan disajikan dengan gaya minimalis sehingga cocok bagi para job seeker pemula.

Beberapa fitur yang membedakan Indeed dengan portal pencari kerja lainnya adalah fitur kumpulan review perusahaan yang diberikan oleh pengguna Indeed lainnya. Tidak hanya melihat review perusahaan, kalian juga bisa menemukan lowongan pekerjaan sesuai dengan laman review perusahaan. 

6. Karir

10 Situs Lowongan Kerja Terpercaya, Job Seeker Harus Tahu! cuplikan laman Karir.com (maxmanroe.com/Majid)

Karir merupakan situs pencari kerja pertama yang diciptakan dan dikembangkan langsung oleh pemuda berkebangsaan Indonesia sejak tahun 1999. Karir menyediakan informasi lowongan kerja dalam berbagai kategori yang memudahkan job seeker untuk menelusuri lowongan kerja yang tersedia.

Saat kalian mengakses situs karir.com, kalian akan langsung disuguhi dengan berbagai informasi lowongan kerja terpopuler.

Selain itu, kalian juga masih bisa mencari lowongan kerja berdasarkan bidang kerja, nama perusahaan, dan lokasi kerja sesuai harapan kalian. Kelebihan lain situs Karir yang menguntungkan para fresh graduate adalah adanya fitur tes pengembangan diri di bidang Bahasa Inggris, tes minat bidang kerja, dan tes gaya komunikasi sehingga dapat membantu kalian untuk mengukur kompetensi diri sebelum mulai berkarir.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kerja Cerdas Lebih Asyik daripada Kerja Keras

7. Kompas Karier

10 Situs Lowongan Kerja Terpercaya, Job Seeker Harus Tahu! ilustrasi logo KompasKarier (kompasgramedia.com)

KompasKarier menjadi salah satu situs lowongan kerja karya anak bangsa terpercaya yang bisa kalian coba. Meskipun berafiliasi dengan salah satu perusahaan media, tentunya KompasKarier tidak hanya menawarkan lowongan di satu bidang saja, lho!

Situs yang bekerja sama dengan UrbanHire ini memiliki beragam lowongan pekerjaan di berbagai bidang, lokasi, dan jenis pekerjaan yang banyak diminati dan dicari oleh para job seeker. Kalian bisa akses langsung ke kompaskarier.com untuk melihat informasi lowongan kerja selengkapnya.

8. Jobindo

10 Situs Lowongan Kerja Terpercaya, Job Seeker Harus Tahu! cuplikan laman Jobindo (maxmanroe.com/Majid)

Jobindo adalah situs pencarian kerja yang hadir sejak tahun 2005 di bawah naungan PT. Jobindo Indonesia. Jobindo mempunyai beberapa fitur unik dan menarik, salah satunya fitur Lowongan Kerja Premium yang mengumpulkan berbagai lowongan kerja dari perusahaan-perusahan ternama di Indonesia.

Kalian juga bisa mencari lowongan kerja berdasarkan kategori bidang pekerjaan yang terbilang lengkap, seperti administrasi, perbankan, konstruksi, media, pemasaran, pendidikan, dan lain sebagainya. 

9. Loker

10 Situs Lowongan Kerja Terpercaya, Job Seeker Harus Tahu! cuplikan laman Loker.id (rekomended.com/Fathan Alfarizky)

Loker menyediakan informasi lowongan kerja terlengkap. Situs yang sudah merambah dunia perekrutan online sejak 2007 ini memiliki berbagai lowongan kerja dari beragam kategori bidang kerja.

Kalian juga bisa mencari lowongan kerja berdasarkan lokasi, tingkat pendidikan terakhir pelamar, tipe pekerjaan; freelance, paruh waktu, purna waktu, kontrak, atau magang, besaran gaji, jenis kelamin, dan opsi remote jobs

10. Hiredtoday

10 Situs Lowongan Kerja Terpercaya, Job Seeker Harus Tahu! cuplikan laman Hiredtoday (maxmanroe.com/Majid)

Hiredtoday adalah salah satu portal pencarian kerja asal Amerika Serikat yang lebih dahulu dikenal dengan nama CareerBuilder. Situs ini memiliki tampilan yang sederhana dan sangat user friendly.

Kalian bisa manfaatkan fitur upload CV di situs ini agar perusahaan yang tertarik dengan profil kalian bisa segera menghubungi tanpa perlu kalian melamar.

Nah, itu dia beberapa situs lowongan kerja yang bisa kalian coba untuk membantu kalian dalam mencari pekerjaan. Sebaiknya, sebelum mengakses situs-situs tersebut, pastikan kalian telah menyiapkan CV dan profil diri yang menarik dan profesional, ya!

Semoga kalian segera berjodoh dengan karir impian yang didambakan. Tetap semangat!

Baca Juga: 5 Hal yang Wajib Kamu Lakukan Saat Baru Memulai Karir

Dania Lazuardi Husen Photo Writer Dania Lazuardi Husen

Writing Enthusiast | Looking for comfort zone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya