Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Gak Perlu Minder Gagal Seleksi CPNS

Masih banyak kesempatan lain menunggu

Seleksi CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) menjadi momen yang ditunggu-tunggu para fresh graduate maupun pekerja yang ingin berganti karier. Pasalnya, PNS dianggap sebagai pekerjaan yang mapan, aman dan memiliki jaminan di saat sudah pensiun. Tak heran jika seseorang harus bersaing dengan ratusan peserta yang lain untuk mendapatkan satu kursi PNS . 

Pada tahun ini, seleksi CPNS kembali dibuka dan masing-masing instansi telah menyelesaikan seleksi tertulisnya. Kini, para pelamar tinggal menunggu pengumuman kelolosan yang mungkin akan diinfokan bulan depan.

Jika kamu adalah salah satu peserta seleksi tes CPNS tahun ini, harap menyiapkan seleksi selanjutnya apabila dinyatakan lolos. Namun jika dinyatakan tidak lolos, kamu tak perlu bersedih atau pun minder. Berikut alasan kamu tak perlu minder jika gagal di seleksi CPNS :

1. Gagal pada seleksi CPNS bukan berarti kamu seorang yang bodoh

5 Alasan Kamu Gak Perlu Minder Gagal Seleksi CPNSilustrasi bukan seorang yang bodoh (pixabay.com/jeshoots-com)

Saat kamu sudah berusaha maksimal dalam mempersiapkan seleksi ini, belajar sampai begadang, mengikuti bimbingan belajar, dan mengikuti berbagai macam try out namun kamu masih belum lolos, bukan berarti kamu seorang yang bodoh. Seperti kita ketahui, ada ribuan paket soal yang diujikan dalam seleksi. Bisa saja, kamu mendapatkan soal-soal yang belum pernah kamu pelajari sebelumnya. Dengan kata lain, kamu hanya kurang beruntung saja. 

Hal lain yang perlu diingat adalah, bahwa kamu bersaing dengan ratusan peserta yang mungkin sudah berkali-kali mengikuti seleksi CPNS sehingga proses belajar mereka lebih matang. Jika kamu baru belajar dalam hitungan bulan, dan sainganmu sudah belajar beberapa tahun karena pernah gagal sebelumnya, itu berarti jam terbang kamu belum bisa mengalahkan mereka. Jadi, wajar saja jika skor yang mereka dapatkan lebih tinggi.

2. Masih banyak kesempatan lain yang dapat kamu coba

5 Alasan Kamu Gak Perlu Minder Gagal Seleksi CPNSilustrasi bekerja selain PNS (pixabay.com/Ernestoeslava)

Meskipun PNS adalah pekerjaan impian sebagian besar orang, tapi itu bukan pekerjaan satu-satunya di dunia ini. Di saat satu kesempatan tertutup, maka banyak kesempatan lain yang terbuka, asalkan kamu bisa melihat dan memanfaatkannya. Selain PNS, masih banyak pekerjaan yang tak kalah bagus dan menjanjikan. 

Di era digital seperti sekarang, banyak terdapat kesempatan-kesempatan baru yang dulunya tak pernah ada. Seperti contoh, seseorang bisa mendulang pundi-pundi dolar dari internet hanya dengan memperlihatkan video makan makanan enak. Berkat kecanggihan teknokogi, pasarnya tak hanya di satu daerah atau satu negara saja, tapi di seluruh belahan bumi yang terjangkau internet. Melihat realita tersebut, dengan bermodalkan kreativitas kamu akan melihat peluang-peluang baru di depan mata. 

3. Selama masih ada kemauan, kamu masih bisa mencobanya lagi tahun depan

5 Alasan Kamu Gak Perlu Minder Gagal Seleksi CPNSilustrasi mendaftar CPNS secara online (unsplash.com/Magnet.me)

Kegagalan adalah bagian dari proses menuju kesuksesan, namun ia bisa menjadi hasil akhir jika kamu memutuskan untuk berhenti mencoba. Bagi seorang pembelajar sejati, kegagalan akan ia anggap sebagai batu loncatan untuk melompat lebih jauh menuju apa yang diimpikan. Namun bagi seorang pecundang, kegagalan akan menghentikan langkahnya sehingga ia tak mendapatkan apa-apa. 

Jika kamu masih memiliki keinginan untuk menjadi seorang PNS, kamu tak boleh berhenti sebelum benar-benar mendapatkannya. Belajarlah dari kegagalan, perbanyak waktu latihan dan berdoa kepada Tuhan. Jika masih ada kesempatan di tahun-tahun selanjutnya, pastikan kalau kamu sudah menjadi seseorang dengan kemampuan yang lebih baik dari tahun lalu. 

Baca Juga: Antibuyar, 5 Tips Jitu Jaga Konsentrasi saat Kerjakan Soal Tes CPNS

4. Apa pun pekerjaanmu, performa adalah hal yang paling penting

5 Alasan Kamu Gak Perlu Minder Gagal Seleksi CPNSilustrasi top karyawan (pixabay.com/089photoshootings)

Masih banyak orang yang menganggap bahwa jenis pekerjaan adalah yang terpenting. Padahal, percuma saja memiliki pekerjaan bagus namun dengan performa buruk. Menjadi seorang PNS memang prestasi bagus, namun yang terpenting adalah kinerjanya dalam menjalankan kewajibannya yaitu mengayomi masyarakat. Begitu juga dengan menjadi seorang pegawai swasta, hal yang terpenting adalah performa kerja yang dimiliki. 

Prinsip ini dapat menghindarkanmu menjadi seorang pekerja yang asal-asalan dalam melakukan kewajibannya. Negara membutuhkan PNS yang taat peraturan, melayani masyarakat dengan sepenuh hati dan cakap dalam menyelesaikan pekerjaannya di kantor. Begitu juga dengan perusahaan yang membutuhkan karyawan yang disiplin, pekerja keras dan menjalankan tanggung jawabnya dengan baik. Dengan performa kerja yang baik, kamu akan menjadi pekerja yang berprestasi dan kariermu akan naik, apa pun jenis pekerjaan yang kamu geluti.

5. Selama kamu berusaha dan berdoa, Tuhan akan memberikan pekerjaan terbaik untukmu

5 Alasan Kamu Gak Perlu Minder Gagal Seleksi CPNSilustrasi berdoa (freepik.com/jcomp)

Tugas manusia hanyalah berusaha dan berdoa, karena hasil adalah keputusan Tuhan yang tidak dapat kita ganggu gugat. Saat semua usaha sudah dilakukan dengan maksimal, selanjutnya kamu harus berdoa dan pasrah akan hasilnya. Yakinlah, bahwa Tuhan akan memberimu pekerjaan terbaik, lingkungan kerja yang mendukung, teman kantor yang suportif dan atasan yang menghargai karyawannya.

Berdoa juga dapat meningkatkan kepercayaan diri seseorang, lho! Saat kamu sudah berusaha dan berdoa namun hasil yang didapatkan tidak sesuai ekspektasi, kamu akan merasa yakin bahwa Tuhan akan memberikan sesuatu yang lebih baik nantinya.

Demikian 5 alasan mengapa kamu gak perlu merasa minder saat gagal di seleksi CPNS. Kesuksesan bisa didapatkan di mana saja, bukan hanya di kantor pemerintahan. Semuanya tergantung pada kreativitas dan  kualitas diri kamu. Semangat berjuang mendapatkan masa depan yang baik, ya!

Baca Juga: 5 Alasan Tidak Perlu Minder karena Gak Ikutan Seleksi Tes CPNS 

Lulu Fatikhatul Maryamah Photo Verified Writer Lulu Fatikhatul Maryamah

you can reach me on my IG @lulumaryamah23

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya