Comscore Tracker

Ini Lho 5 Keuntungan Kalau Suka Bersaing dengan Rekan Kerja di Kantor

Tapi bersaingnya secara sehat ya, guys!

Di dalam dunia kerja, yang namanya persaingan sudah merupakan hal yang wajar. Karena memang untuk mendapatkan promosi di tempat kerja, atasan akan melihat kinerja dari karyawannya. Hal ini membuat semua karyawan berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik, persaingan dengan rekan kerja pun tidak dapat dihindari lagi.

Persaingan biasanya dipandang sebagai sesuatu yang negatif, namun kalau dilakukan secara sehat maka persaingan bisa menjadi sesuatu yang positif dan memiliki banyak manfaat. Inilah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari persaingan dengan rekan kerja di kantor.

1. Membuatmu belajar dari kegagalan

Ini Lho 5 Keuntungan Kalau Suka Bersaing dengan Rekan Kerja di Kantorunsplash.com/Tran Mau Tri Tam

Persaingan adalah suatu kompetisi, itu berarti ada pihak yang menang dan ada pihak yang kalah. Kalau ternyata rekan kerjamu adalah pihak yang memenangkan persaingan, itu berarti kamu menjadi pihak yang gagal. Namun kegagalan bukanlah akhir dari segalanya karena kamu bisa dari situ kamu bisa belajar dan bangkit berjuang lagi. Anggap saja kegagalan yang kamu alami sebagai suatu kesuksesan yang tertunda.

2. Meningkatkan kinerjamu dalam bekerja

Ini Lho 5 Keuntungan Kalau Suka Bersaing dengan Rekan Kerja di Kantorpixabay.com/Free-Photos

Ketika sedang bersaing, kamu dan rekan-rekanmu pasti berlomba untuk menjadi yang terbaik. Kamu pun akan berusaha meningkatkan kinerja kerjamu, supaya dapat menyelesaikan setiap tugas yang diberikan dengan baik. Sehingga dengan begitu kamu bisa menunjukkan prestasi kerja yang bagus di depan atasan.

Dengan memiliki kinerja kerja yang baik, peluangmu mendapatkan promosi di kantor pasti akan semakin besar.

Baca Juga: 6 Tanda Kalau Kamu Sudah Cukup Matang Menduduki Posisi Bos di Kantor

3. Membuatmu sadar akan kemampuanmu

Ini Lho 5 Keuntungan Kalau Suka Bersaing dengan Rekan Kerja di Kantorpixabay.com/Jerrykimbrell10

Persaingan dengan rekan kerja di kantor selain bisa membuat kinerja kerjamu semakin baik, ternyata juga bisa membuatmu sadar akan kemampuan dirimu sendiri. Kalau biasanya mungkin kamu selalu merasa pesimis atau tidak mampu, ketika harus mengerjakan sesuatu.

Namun, dengan adanya persaingan, mau tidak mau kamu dituntut untuk mampu mengerjakan setiap tugas yang diberikan dengan baik. Dari sinilah pada akhirnya kamu sadar, apa kelebihan dan apa kekuranganmu.

4. Mengajarkanmu untuk bersikap sportif

Ini Lho 5 Keuntungan Kalau Suka Bersaing dengan Rekan Kerja di Kantorpixabay.com/rawpixel

Kalau dilakukan secara sehat, persaingan dengan rekan kerja di kantor bisa membawa aura positif, lho dalam dirimu. Dengan mengalami persaingan, kamu akan belajar untuk bersikap sportif dalam menerima kemenangan ataupun kekalahan.

Siapa pun yang kelak menjadi pemenang di dalam suatu persaingan, kamu sudah siap untuk menerimanya dengan lapang dada.

5. Meningkatkan kemampuanmu menganalisa

Ini Lho 5 Keuntungan Kalau Suka Bersaing dengan Rekan Kerja di Kantorpexels.com/Christina Morillo

Persaingan adalah merupakan kompetisi mencari siapa yang terbaik dan pantas menjadi pemenang. Sebagai seorang pesaing atau kompetitor, tentu kamu akan mencari tahu kelebihan dan kekurangan pihak lawan agar kamu bisa mengambil langkah-langkah yang sesuai untuk memenangkan persaingan. Tanpa kamu sadari, persaingan seperti ini ternyata dapat meningkatkan kemampuanmu dalam menganalisa sesuatu.

Nah, ternyata persaingan tidak selalu membawa efek yang buruk kan? Kalau dilakukan secara sehat, persaingan dengan rekan kerja di kantor ternyata mempunyai beberapa efek yang positif juga. Tapi ingat walaupun kamu dan rekan-rekanmu sedang bersaing, jangan pernah membiarkan persaingan itu merusak suasana kerja di kantor.

Baca Juga: 5 Jurus Jitu Menyikapi Rekan Kerja yang Bersikap Gak Profesional Lagi

Ayana Story Photo Verified Writer Ayana Story

Mulai menulis di IDN Times sejak 2017 (kalo gak salah ingat hehehe...)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya