Comscore Tracker

6 Penyebab Orang Merasa Tidak Dihargai di Kantor, Lama-lama Lelah!

Tak cuma dialami oleh senior, junior pun bisa

Semua orang pasti berharap dirinya dihargai di lingkungan mana pun mereka berada. Apalagi dalam hubungan profesional di lingkungan kerja. Dengan latar belakang pendidikan, pengalaman, dan skill yang dimiliki, orang cenderung kian ingin dihormati. 

Sedikit saja kekeliruan dalam cara berinteraksi saat di kantor dapat membuat orang tersinggung. Bila sudah begitu, ia biasanya berubah menjadi kurang kooperatif dalam hal apa pun. Tidak tepat juga untuk langsung menyebutnya tak profesional karena bersikap seperti itu jika ia mengalami hal-hal di bawah ini.

1. Dilangkahi kewenangannya

6 Penyebab Orang Merasa Tidak Dihargai di Kantor, Lama-lama Lelah!ilustrasi suasana kantor (pexels.com/RODNAE Productions)

Setiap orang di kantor punya tugas dan kewenangannya sendiri-sendiri. Pelanggaran atas kewenangan ini bisa dirasakannya sebagai ancaman untuk posisinya di kantor. Inilah pentingnya kamu bekerja dan mengambil keputasan hanya sesuai dengan tugas-tugasmu saja.

Apabila sesuatu telah berkaitan dengan kewenangan orang lain, jangan coba-coba mengambil alih tanpa alasan yang kuat dan izin dari yang bersangkutan. Pasalnya, meski kamu mengambil alih kewenangannya, risiko jika terjadi sesuatu tetap ada padanya.

2. Tidak pernah dimintai pendapat dalam rapat

6 Penyebab Orang Merasa Tidak Dihargai di Kantor, Lama-lama Lelah!ilustrasi suasana kantor (pexels.com/Theo Decker)

Apa gunanya sejumlah orang secara rutin dikumpulkan dalam rapat kalau tidak semuanya dimintai pendapat? Siapa pun yang menjadi pemimpin rapat harus punya inisiatif buat memancing anggotanya memberikan ide atau mengkritisi pendapat yang lain.

Sebagian orang memang terlalu pemalu untuk mengangkat tangan dan bicara. Akan tetapi, mereka tetap bakal merasa tak dihargai jika tidak seorang pun memintanya mengemukakan pendapat. Kian menyakitkan kalau sebenarnya ia suka berpendapat, tetapi tahu-tahu tidak diundang dalam rapat.

3. Kurang dilibatkan dalam berbagai kegiatan

6 Penyebab Orang Merasa Tidak Dihargai di Kantor, Lama-lama Lelah!ilustrasi suasana kantor (pexels.com/Thirdman)

Satu sisi, banyak dilibatkan dalam berbagai kegiatan kantor memang bikin capek. Di sisi lain, kurang diajak mengurusi ini itu saat ada kegiatan atau proyek juga membuat orang berpikir keberadaannya tak dianggap.

Meski beberapa orang memang tipikal yang tidak mampu berkontribusi banyak, pelibatan mereka tetaplah penting. Mereka dapat ditugaskan di bagian-bagian yang sesuai dengan kemampuan atau tawarkan saja tugas apa yang ingin diambilnya dalam suatu kegiatan.

Baca Juga: 6 Cara Lakukan Komunikasi Efektif di Kantor, Hindari Miskom!

4. Sering berinteraksi tetapi namanya tidak dihafal oleh rekan kerja

6 Penyebab Orang Merasa Tidak Dihargai di Kantor, Lama-lama Lelah!ilustrasi suasana kerja (pexels.com/Artem Podrez)

Ini mungkin terjadi di lingkungan kerja yang besar. Walaupun satu sama lain sebenarnya kerap bertemu, banyaknya karyawan di sana membuat menghafalkan semua nama terasa merepotkan dan kurang berguna. 

Bila ada keperluan, yang penting tahu bagian mana yang harus didatangi. Siapa nama orang yang bertugas di sana dianggap tidak cukup penting. Ada yang tidak masalah dengan hal ini, tetapi ada pula yang menjadi merasa dirinya kurang dihargai dan ingin dikenal secara lebih personal.

5. Hasil kerjanya diremehkan

6 Penyebab Orang Merasa Tidak Dihargai di Kantor, Lama-lama Lelah!ilustrasi suasana kerja (pexels.com/Thirdman)

Terkadang hasil pekerjaan memang jauh dari memuaskan sehingga sulit bagi siapa pun berpura-pura tak ada masalah apalagi memujinya. Akan tetapi, ada juga tipe orang yang perfeksionis atau memang tidak mampu menghargai hasil kerja orang lain.

Tipe orang seperti ini bakal bikin banyak pihak yang bekerja bersamanya merasa gak dihargai. Rasanya percuma menyelesaikan tugas apa pun dengan baik karena itu tetap dianggap kurang oleh orang yang belum tentu dapat melakukannya dengan sempurna.

6. Upah yang lebih kecil dari beban kerja

6 Penyebab Orang Merasa Tidak Dihargai di Kantor, Lama-lama Lelah!ilustrasi suasana kantor (pexels.com/MART PRODUCTION)

Dalam segala, pembayaran memang harus sesuai dengan apa yang sudah orang lain berikan. Jika seseorang merasa telah menyelesaikan tugas yang begitu banyak tetapi upahnya tidak sebanding, ia pasti akan kecewa.

Setiap tetes keringat maupun energi yang dikerahkannya untuk berpikir seolah-olah tak dihitung dengan cermat. Perasaan tidak dihargai ini sering menimbulkan protes. Bila protes diabaikan, kinerjanya mulai menurun. Dan seandainya terus dibiarkan, ia bisa mengundurkan diri atau sengaja menciptakan masalah di lingkungan kerja.

Tidak mudah buat memastikan semua orang di kantor sudah merasa cukup dihargai. Sebab perasaan manusia selalu subjektif. Akan tetapi kalau enam hal di atas tak diabaikan, umumnya orang-orang telah puas, kok.

Baca Juga: 7 Tips Atasi Konflik dengan Rekan Kerja, Selesaikan dengan Profesional

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya