Comscore Tracker

Pekerjaan Impianmu Tak Disetujui Orangtua? Ambil 5 Langkah Ini!

Segala sesuatu harus diselesaikan dengan bijaksana, ya!

Ketika mempunyai pekerjaan yang sudah kamu impikan sejak lama tapi tak mendapat dukungan dari orangtua, pasti membuatmu merasa frustasi. Namun, kamu perlu bertindak bijaksana dengan tidak boleh langsung menerima atau pun menolak secara mentah-mentah. 

Di bawah ini IDN Times akan memberikan rangkuman dari 5 tindakan bijaksana yang harus kamu lakukan jika orangtua tak menyetujui pekerjaan impianmu. Yuk, simak!

1. Tanya alasannya pada orangtua

Pekerjaan Impianmu Tak Disetujui Orangtua? Ambil 5 Langkah Ini!Pixabay.com/RobbinHiggins

Tidak akan ada asap jika tak ada api. Begitu pula dengan ketidaksetujuan orangtua atas pekerjaan impianmu. Pasti ada penyebab mengapa mereka tak setuju. Maka, yang perlu lakukan adalah membicarakannya dengan orangtua baik-baik.

Mungkin hanya akan ada dua hasil, yaitu alasan rasional yang harus kamu terima dan artinya kamu harus melepaskan pekerjaan impianmu. Atau kedua, alasan tak rasional yang terkadang hanya berdasarkan hasutan orang lain atau mungkin sekadar feeling buruk yang dirasakan orangtua jika kamu punya pekerjaan tersebut.

Untuk itu jika hasilnya adalah alasan yang tak rasional, maka kamu perlu mencari tahu situasi dan keadaan yang sesungguhnya terjadi. Supaya kamu bisa meyakinkan diri untuk mengatakan bahwa alasan orangtuamu kurang tepat. Pun jika alasan mereka benar, kamu berhak untuk meminta masukan.

2. Minta solusinya dari orangtua

Pekerjaan Impianmu Tak Disetujui Orangtua? Ambil 5 Langkah Ini!Pixabay.com/RobinHiggins

Jika kamu sudah menerima dan membenarkan alasan dari orangtuamu, saatnya untuk meminta solusi mengenai pekerjaan apa yang baik dan cocok untukmu. Ketidaksetujuan orangtua mungkin karena mereka sudah paham dengan karakteristikmu sejak dulu. Maka orangtua jadi lebih tahu pekerjaan apa yang cocok dengan personal dirimu.

3. Buktikan kebenarannya

Pekerjaan Impianmu Tak Disetujui Orangtua? Ambil 5 Langkah Ini!Pixabay.com/Free-Photos

Baca Juga: Punya Pekerjaan Sampingan? Ini 5 Tips Atur Waktu agar Tidak Keteteran

Setelah mendapatkan solusi pekerjaan dari orangtuamu serta memperhatikan pertimbanganmu juga, sekarang saatnya untuk mencari tahu lebih dalam tentang pekerjaan tersebut. Kamu bisa mencoba pekerjaan itu supaya tidak hanya berupa data atau pemikiran belaka, tetapi juga praktik untuk membuktikan kebenaran apakah pekerjaan itu benar-benar cocok untukmu atau tidak. 

4. Lakukan evaluasi

Pekerjaan Impianmu Tak Disetujui Orangtua? Ambil 5 Langkah Ini!Pixabay.com/geralt

Inilah saatnya mempertimbangkan segala manfaat dan kerugian atas pekerjaan yang menjadi solusi bersama antara kamu dengan orangtua. Apakah pekerjaan itu lebih banyak memberikan manfaat atau malah membuatmu rugi baik secara fisik maupun non-fisik. Lakukanlah evaluasi setelah benar-benar tahu kebenaran dari pekerjaan tersebut.

5. Ambil pilihan terbaik

Pekerjaan Impianmu Tak Disetujui Orangtua? Ambil 5 Langkah Ini!Pixabay.com/FotografieLink

Jika setelah evalusi hasilnya lebih banyak hal negatif atau kerugian, maka kamu tak perlu melanjutkan solusi pekerjaan dari orangtuamu. Carilah pekerjaan yang lain, baik pada bidang yang kamu impikan dahulu atau yang lain.

Selain itu, jangan lupa tunjukkan bukti evaluasi itu pada orangtuamu, agar pergantian pekerjaanmu tak dihalangi dan mereka bisa memahami. Namun, bila ternyata pekerjaan itu cocok untukmu, artinya kamu harus berterima kasih pada orangtuamu!

Nah, itu dia 5 tindakan bijaksana yang bisa kamu terapkan jika terjadi perbedaan pandangan antara kamu dan orangtua tentang pekerjaan. Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: 6 Pekerjaan Ini Cocok untuk Kamu yang Punya Jiwa Petualang, Mau Coba? 

Melinda Fujiana Photo Writer Melinda Fujiana

Instagram : @melindaf__ Wish ur day always shine as a star!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya