Comscore Tracker

Berhenti Lakukan 6 Hal Sepele Ini kalau Gak Mau Kariermu Hancur!

Hati-hati lho ya!

Mendapatkan pekerjaan sesuai keinginan yang sudah menjadi impian sejak lama tentunya menjadi hal yang membanggakan. Namun, tak menutup kemungkinan bahwa ada keinginan di dalam dirimu untuk melakukan yang terbaik dalam pekerjaan tersebut agar kariermu cepat meningkat.

Sayangnya, beberapa karyawan justru secara tidak sadar melakukan hal-hal tertentu yang bisa membawa karier mereka pada kehancuran. Nah, agar kamu tidak mengalami hal serupa cobalah untuk menghindari beberapa hal di bawah ini.

1. Hanya memikirkan gaji

Berhenti Lakukan 6 Hal Sepele Ini kalau Gak Mau Kariermu Hancur!Pexels/Andrea Piacquadio

Tidak masalah jika kamu ingin mengejar karier yang menawarkan gaji tinggi. Akan tetapi, perlu diingat jika gaji yang tinggi memiliki tanggung jawab yang lebih berat pula. Oleh karena itu, kamu harus siap untuk bekerja di bawah tekanan dan memenuhi permintaan yang tinggi dari kantor.

2. Berjanji secara berlebihan namun hasilnya kurang dari hasil yang ditargetkan

Berhenti Lakukan 6 Hal Sepele Ini kalau Gak Mau Kariermu Hancur!pexels/Christina Morillo

Pikirkanlah terlebih dahulu ketika memberikan janji kepada kolega atau partner kerja. Sebab, jika janji yang diberikan tidak dapat kamu penuhi maka bisa jadi hal tersebut justru menghancurkan kepercayaan mereka sekaligus perjalanan kariermu. 

3. Merasa keberhasilan bertahan selamanya

Berhenti Lakukan 6 Hal Sepele Ini kalau Gak Mau Kariermu Hancur!Pexels/Andrea Piacquadio

Jangan pernah merasa puasa ketika kamu sudah mencapai suatu keberhasilan yang diimpikan. Ini karena hal tersebut justru bisa membuatmu menjadi sulit berkembang. Sebaliknya, jika kamu tidak merasa puas dan tetap belajar maka bisa saja kamu mendapatkan hal-hal menakjubkan lainnya.

Baca Juga: Perhatikan 5 Kesalahan Karier yang Sering Dilakukan Fresh Graduate

4. Hanya menunggu untuk dilihat oleh atasan

Berhenti Lakukan 6 Hal Sepele Ini kalau Gak Mau Kariermu Hancur!Pexels/Burst

Dalam bekerja tentunya kamu ingin mendapatkan apresiasi dari perusahaan, seperti kenaikan gaji atau promosi jabatan. Nah, untuk mendapatkan hal ini kamu tidak boleh hanya bekerja dengan rajin dan berharap dilihat oleh atasanmu karena memiliki kinerja yang baik.

Sebab, tidak semua atasan bisa langsung sadar bahwa kamu ingin mendapatkan apresiasi tersebut. Oleh karenanya, alih-laih berdiam diri dan menunggu, cobalah untuk menyampaikan keinginan kamu ini kepada atasanmu.

5. Bertahan di tempat kerja hanya karena merasa sudah nyaman

Berhenti Lakukan 6 Hal Sepele Ini kalau Gak Mau Kariermu Hancur!Pexels/Vlada Karpovich

Saat kamu sudah bekerja bertahun-tahun di sebuah perusahaan dengan lingkungan dan pekerjaan yang nyaman tentunya tidak akan terlintas di pikiranmu untuk pindah dari tempat tersebut. Sayang, hal ini bisa menjadi bumerang bagimu dan membuat kariermu hancur.

Sebab, beban pekerjaan yang sama bisa saja membuat motivasi kerja dan kreativitas kamu menurun. Selain itu, ruang lingkup kamu juga menjadi terbatas dan jaringan pertemanan kamu pun menjadi sempit.

6. Melakukan politik kantor yang tidak sehat

Berhenti Lakukan 6 Hal Sepele Ini kalau Gak Mau Kariermu Hancur!pexels/@fauxels

Politik kantor adalah sesuatu yang bisa terjadi kapan pun dan sangat sulit untuk dihindari. Maka dari itu, hindari membangun hubungan kerja dengan menghalalkan segala cara, seperti menjatuhkan rekan lain dan menyebarkan rumor buruk mengenai karyawan lain.

Cobalah untuk membangun hubungan baik dengan setiap orang meskipun ada yang kamu tidak sukai. Dengan begitu, kamu bisa berkontribusi lebih bagi perusahaan dan memiliki prestasi baik di kantor. Ingat, sikap profesional adalah hal terpenting dalam meniti karier.

Itulah beberapa hal sederhana yang kerap disepelekan namun kenyataannya bisa saja menghancurkan kariermu. Oleh karena itu, pastikan jika kamu tidak melakukannya, ya!

Baca Juga: 5 Hal Ini Harus Kamu Tinggalkan Jika Ingin Mencapai Puncak Karier  

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya