Comscore Tracker

Cara Cepat Dapat Kerja Setelah Lulus Studi, Datangi Job Fair!

#IDNTimesLife Jangan lupa belajar buat CV yang baik

Mendapatkan pekerjaan yang tepat tentu bukan perihal yang mudah. Apalagi, saat ini kita tengah dihadapkan dengan pandemik COVID-19, sehingga membuat beragam aktivitas, termasuk interview kerja, harus dilakukan secara virtual.

Ada pula saat-saat di mana email yang kamu kirim gak mendapat respons atau bahkan perusahaan yang kamu minati masih belum membuka lowongan. Gak usah khawatir! Bagi kamu yang sedang mencari pekerjaan yang tepat dan sesuai dengan keterampilan, mari simak tips sederhana berikut ini.

1. Belajar buat CV yang baik dan menarik

Cara Cepat Dapat Kerja Setelah Lulus Studi, Datangi Job Fair!pexels.com/mentatdgt

Curriculum Vitae (CV) atau daftar riwayat hidup adalah salah satu dokumen terpenting untuk melamar pekerjaan. CV merupakan dokumen berisi data diri dan prestasi yang pernah kamu capai, termasuk pengalaman kerja, organisasi, dan magang.

Untuk memberikan kesan pertama yang baik, kamu harus membuat CV yang menarik dan sesuai dengan apa yang diinginkan perusahaan. Kamu bisa belajar membuat CV dengan mencari tips-tips yang ada di internet maupun bertanya pada orang yang lebih profesional.

2. Lakukan riset mengenai pekerjaan yang kamu minati

Cara Cepat Dapat Kerja Setelah Lulus Studi, Datangi Job Fair!freepik.com/pressfoto

Setelah kamu melewati sidang skripsi dan dinyatakan lulus, biasanya ada jeda waktu untuk persiapan sebelum upacara wisuda. Nah, di waktu senggang tersebut, sebaiknya kamu sudah mulai mencari kerja agar tak membuang banyak waktu setelah wisuda. 

Kamu bisa mencari tahu terlebih dahulu perusahaan atau lowongan kerja yang menarik. Selain itu, kamu juga bisa mencari tahu lebih banyak tentang bidang kerja yang kamu minati serta tanggung jawab seperti apa yang akan kamu terima nantinya untuk posisi tersebut.

3. Datang ke job fair atau pameran bursa kerja

Cara Cepat Dapat Kerja Setelah Lulus Studi, Datangi Job Fair!IDN Times/Galih Persiana

Bila belum yakin ingin kerja di perusahaan atau bidang apa, kamu bisa coba datang ke job fair, sebuah pameran yang berisi beragam perusahaan dari banyak industri, yang membagikan informasi tentang karier di perusahaan mereka masing-masing.

Akan tetapi, dalam masa pembatasan berkegiatan karena pandemik seperti sekarang, mungkin gak ada job fair yang diadakan secara offline. Namun, kamu tetap bisa mengikuti job fair secara online yang bisa kamu datangi langsung dari rumah.

Baca Juga: 5 Sisi Baik & Buruk jika Kamu Terlalu Blak-blakan Menegur Rekan Kerja

4. Virtual Career Fair (VCF) yang diselenggarakan oleh JobStreet adalah salah satu virtual job fair yang bisa kamu ikuti

Cara Cepat Dapat Kerja Setelah Lulus Studi, Datangi Job Fair!jobstreet.co.id

JobStreet, perusahaan penyedia informasi lowongan pekerjaan terkemuka di Asia, akan mengadakan Virtual Career Fair (VCF) pada 16-18 Maret 2021. Dalam acara ini, kamu bisa mengikuti berbagai sesi livestream yang dibawakan oleh perwakilan dari perusahaan-perusahaan terkemuka.

“Sebagai talent partner, JobStreet mengadakan Virtual Career Fair untuk membantu para pencari kerja, yang baru lulus mau pun yang sudah berpengalaman, dalam menemukan pekerjaan yang tepat. Kami berharap banyak peserta Virtual Career Fair yang akan mendapatkan kesempatan bekerja di perusahaan-perusahaan terkemuka dan dapat mengembangkan karir mereka di dunia kerja,” kata Faridah Lim, Country Manager JobStreet Indonesia dalam rilis yang diterima IDN Times.

Selain itu, di acara VCF kamu juga bisa menyampaikan pertanyaan atau ngobrol langsung dengan perwakilan perusahaan melalui online interview. Kamu tidak perlu membayar apa pun karena VCF tidak dikenakan biaya untuk peserta.

5. Cara mengikuti Virtual Career Fair yang diselenggarakan oleh JobStreet

Cara Cepat Dapat Kerja Setelah Lulus Studi, Datangi Job Fair!jobstreet.co.id

Kamu cukup daftar melalui website JobStreet atau kunjungi laman https://www.jobstreet.co.id/career-resources/virtual-career-fair-registration/. Setelah mendaftar, kamu akan mendapatkan notifikasi saat VCF dimulai dan tentunya kamu bisa menghadiri VCF dari rumah.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo daftar dan temukan pekerjaan impianmu. See you there, virtually!

Itu dia beberapa tips cepat dapat kerja setelah lulus masa studi. Yuk, mulai persiapkan hal-hal yang dibutuhkan untuk melamar kerja sedini mungkin!

Baca Juga: Hati-hati Bicara, Hindari 5 Topik Obrolan Ini di Tempat Kerja

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya