Comscore Tracker

Plan Indonesia Adakan Job Fair, Ada Walk-in Interview di Bulan Oktober

Ambil kesempatan ini untuk melamar pekerjaan impian

Kaum muda, khususnya perempuan dan penyandang disabilitas, memerlukan dukungan yang berkelanjutan untuk mengembangkan karier mereka. Hal ini jadi semakin penting, terutama karena efek kemunduran ekonomi  yang timbul akibat pandemik COVID-19.

Namun, dibutuhkan kerja sama dari berbagai pihak untuk memastikan terwujudnya akses pekerjaan yang setara dan layak bagi kaum muda. Salah satu cara mewujudkan akses tersebut adalah dengan menyelenggarakan job fair dan workshop daring yang melibatkan berbagai pihak, seperti yang dilakukan oleh Plan Indonesia yang bisa diikuti pada 27-28 September 2021.

Gak hanya itu, kamu juga bisa mengikuti sesi walk-in interview yang diselenggarakan pada 1, 4, dan 5 Oktober 2021 mendatang. Berikut ulasan lengkap mengenai acara tersebut berdasarkan rilis Plan Indonesia yang diterima IDN Times. 

1. Terdapat 60 perusahaan yang terlibat dalam sesi job fair

Plan Indonesia Adakan Job Fair, Ada Walk-in Interview di Bulan Oktober(Ilustrasi para pencari kerja di acara Job Fair) IDN Times/Fitang Budi Aditia

Untuk menciptakan akses lapangan kerja bagi kaum muda, Plan Indonesia menyelenggarakan “Bridges to the Future Online Job Fair & Workshop”. Acara ini akan berlangsung pada 27 sampai 28 September 2021.

Gak hanya berisi job fair dan workshop, acara ini juga meliputi kegiatan webinar dan kesempatan job matching yang melibatkan 3.000 pencari kerja. Sekadar informasi, terdapat pula 60 perusahaan yang terlibat dalam akses lapangan kerja ini.

2. Acara yang masih bagian dari rangkaian "Bridges to the Future" ini juga berkerja sama dengan Google.org

Plan Indonesia Adakan Job Fair, Ada Walk-in Interview di Bulan OktoberBridges to the Future Online Job Fair & Workshop yang diselenggarakan oleh Plan Indonesia (dok. Plan Indonesia)

Acara yang berlangsung secara daring ini merupakan bagian dari “Bridges to the Future” yang diselenggarakan oleh Plan Indonesia bekerja sama dengan ASEAN Foundation dan dengan dukungan dana hibah sebesar 1 juta dolar AS oleh Google.org, lengan filantropi Google. Karena itu, dalam kegiatan ini, pencari kerja muda bisa terhubung dengan calon perusahaan pemberi kerja melalui Kormo Jobs, aplikasi penyalur kerja milik Google.

Marija Ralic, Google.org Lead at Google APAC, mengatakan bahwa Google berkomitmen untuk mendukung pemulihan ekonomi melalui beberapa cara, seperti mengembangkan talenta digital, membantu orang mempelajari keterampilan baru, mencari pekerjaan, dan memajukan karier. Google.org dengan bangga mendukung upaya Plan Indonesia untuk memberdayakan kaum muda, terutama di bidang teknologi informasi dan komunikasi yang terus berkembang.  

"Bersama Plan Indonesia, ASEAN Foundation, dan pemerintah, kami sangat bangga dapat mendukung kegiatan ini dengan dana hibah melalui Google.org. Kami berharap kegiatan ini akan membuka peluang karier seluas-luasnya bagi kaum muda Indonesia, khususnya bagi perempuan muda dan penyandang disabilitas untuk mengakses pekerjaan dan memanfaatkan teknologi digital," ujarnya.

3. Ada pula kegiatan workshop yang diharapkan bisa memberikan solusi untuk pengembangan berbagai skill yang dibutuhkan di dunia kerja

Plan Indonesia Adakan Job Fair, Ada Walk-in Interview di Bulan OktoberIlustrasi ikut wokrshop online (pexels.com/@vlada-karpovich)

Sementara itu, Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemdikbudristek RI, Wikan Sakarinto, menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya acara tersebut. “Acara ini bisa menjadi solusi untuk membantu SDM Indonesia usia kerja agar dapat memberikan akses  pekerjaan ke dunia profesional," terangnya.

"Selain itu juga dapat membantu mereka dengan kemampuan teknis dan soft skill yang relevan sehingga mereka lebih siap memasuki dunia kerja agar semakin link and match dengan kebutuhan kekinian yang terus berubah, tentunya dengan semangat merdeka belajar,” tambah Wikan.

Baca Juga: Gramedia Buka Bursa Lowongan Kerja, Ada Banyak Posisi yang Ditawarkan!

4. Setelah sesi job fair dan workshop, para peserta bisa mengikuti walk-in interview

Plan Indonesia Adakan Job Fair, Ada Walk-in Interview di Bulan OktoberIlustrasi interview kerja (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Setelah Job Fair & Workshop daring bertajuk “Bridges to the Future” yang digelar selama dua hari, terdapat pula sesi walk-in interview atau wawancara langsung yang bisa diikuti para peserta. Ini karena Plan Indonesia dan semua mitra berusaha untuk terus memfasilitasi kaum muda untuk terhubung dengan penyedia lapangan kerja.

Sesi wawancara langsung dijadwalkan akan berlangsung mulai dari tanggal 1 Oktober hingga Selasa, 5 Oktober 2021. Untuk informasi selengkapnya kamu bisa memeriksanya di Instagram @kitakerja.id

5. Dengan adanya acara ini diharapkan semakin banyak anak muda yang mendapatkan akses pekerjaan yang layak, setara, dan berdaya

Plan Indonesia Adakan Job Fair, Ada Walk-in Interview di Bulan OktoberBridges to the Future Online Job Fair & Workshop yang diselenggarakan oleh Plan Indonesia (dok. Plan Indonesia)

Dini Widiastuti, Direktur Eksekutif Yayasan Plan International Indonesia, menekankan bahwa acara ini akan membantu peluang anak muda untuk memasuki industri di masa pandemik COVID-19. “Setelah membekali kaum muda dengan berbagai jenis pelatihan, Plan Indonesia berupaya mendorong kaum muda menuju sektor ketenagakerjaan yang berkembang melalui 'Bridges to the Future' Job Fair Daring & Workshop," tuturnya.

Ia juga berharap agar ke depannya akan ada semakin banyak anak muda yang mendapat akses pekerjaan yang layak, setara, dan berdaya di tengah pandemik COVID-19. Sementara itu, Dr. Yang Mee Eng, Direktur Eksekutif ASEAN Foundation, mengungkapkan jika organisasi ASEAN Foundation juga berkomitmen untuk mendukung kegiatan "Bridges to the Future".

“ASEAN Foundation berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan kaum muda di  tengah masa yang sangat menantang ini. Kami percaya bahwa ‘Bridges to the Future  Online Job Fair & Workshop’ ini akan menjadi penghubung yang sangat tepat dan pas  dalam menyediakan akses peluang kerja yang sangat dibutuhkan oleh para pencari kerja  muda di Indonesia,” jelasnya.

Demikian informasi mengenai job fair, workshop, serta sesi walk-in interview atau wawancara kerja langsung yang perlu kamu ketahui. Jangan sungkan untuk mengikuti kegiatan ini dan mengambil kesempatan untuk mengembangkan kariermu!

Baca Juga: 5 Tips Buat Job Seeker Hindari Penipuan Lowongan Kerja

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya