Comscore Tracker

5 Tips Tetap Produktif ketika Kamu Dapat Shift Kerja Malam Hari

Wajib konsumsi makanan yang sehat!

Mendapatkan shift kerja malam memang tidak selalu menyenangkan. Sebab, sebagai pekerja shift malam tentu kamu harus mengorbankan waktu tidur untuk mencari nafkah.

Dampaknya, meski sudah sempat tidur di siang hari akan tetapi bisa saja kamu tetap merasa kantuk yang luar biasa. Nah, agar tetap produktif meski bekerja dalam shift malam, yuk ikuti beberapa tips di bawah ini.

1. Pantau kondisi tubuh secara rutin

5 Tips Tetap Produktif ketika Kamu Dapat Shift Kerja Malam Haripexels.com/bongkarn thanyakij

Bekerja di malam hari jelas menimbulkan perubahan pada pola tidur. Tidak hanya itu, hal ini juga berdampak pada masalah mental karena kurangnya berkomunikasi dengan orang lain.

Oleh karena itu, pantau terus kondisi tubuhmu, baik dari segi fisik maupun mental. Sebab, perubahan yang ekstrem ketika bekerja di malam hari bisa mengakibatkan masalah atau penyakit yang serius.

2. Tingkatkan kualitas tidur di siang hari

5 Tips Tetap Produktif ketika Kamu Dapat Shift Kerja Malam Haripexels.com/Craig Adderley

Meski memiliki waktu istirahat di siang hari, akan tetapi mendapatkan kualitas tidur yang baik dalam waktu tersebut bukanlah hal yang mudah. Sebab, pada dasarnya manusia diprogram untuk beristirahat di malam hari.

Akan tetapi, terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kualitas tidur di siang hari. Misalnya, mengontrol cahaya yang masuk ke kamar agar lebih minim, hindari suara berisik, jauhkan gawai, serta hindari merokok.

3. Informasikan kepada orang sekitar jika kamu tidak bisa dihubungi ketika siang hari

5 Tips Tetap Produktif ketika Kamu Dapat Shift Kerja Malam HariIDN Times/Febriyanti Revitasari

This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media.

Ketika bekerja dengan shift malam, artinya tidak hanya kamu saja yang harus menyesuaikan diri. Melainkan juga orang-orang di sekitarmu. Oleh karena itu, cobalah untuk berikan kabar kepada mereka bahwa kamu tidak bisa ditemui atau dihubungi saat siang hari. Hal ini bertujuan agar kamu bisa mendapatkan kualitas istirahat yang baik.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Kerja Sama dengan Rekan Kerja Perfeksionis

4. Lakukan aktivitas yang bisa membuatmu tetap aktif saat bekerja di malam hari

5 Tips Tetap Produktif ketika Kamu Dapat Shift Kerja Malam HariPexels.com/fauxels

Walaupun kamu memiliki tanggung jawab untuk bekerja semalaman, akan tetapi kenyataannya tidak banyak aktivitas fisik yang bisa dilakukan untuk tetap aktif. Akibatnya, kamu akan mudah mengantuk karena melakukan hal yang sama secara terus-menerus.

Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa coba berjalan ke sekeliling tempatmu bekerja, beristirahat sejenak, ataupun membeli minuman ringan terlebih dahulu. Bila perlu putar lagu yang bisa membakar semangatmu.

5. Usahakan untuk selalu mengonsumsi makanan yang sehat

5 Tips Tetap Produktif ketika Kamu Dapat Shift Kerja Malam HariPexels.com/Buenosia Carol

Dengan pola tidur yang berubah, tentunya tubuh akan beradaptasi lebih keras untuk menyesuaikan dengan kinerja anggota tubuh lainnya. Untuk itu, usahakanlah selalu mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat setiap hari.

Baik sebelum bekerja maupun sesudah bekerja, carilah asupan yang bergizi dan jangan lupa perbanyak minum air untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Rutin lakukan hal ini biar kesehatanmu terjaga, ya.

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk tetap produktif ketika bekerja pada shift malam. Selalu jaga kesehatan, ya!

Baca Juga: Stop Kerja Terlalu Keras! Ini 5 Manfaat Hebat Kerja sesuai Porsi 

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Pinka Wima
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya