Comscore Tracker

5 Ciri Atasan Toxic, Hobi Bully dan Kamu Harus Hati-hati, ya!

Menganggap diri sendiri paling tinggi, harus hati-hati, ya

Berada di lingkup kerja yang sehat dan memiliki atasan yang profesional serta kompeten merupakan faktor penting yang dapat membuat betah bekerja di kantor. Akan tetapi, suasana kantor tidak selalu menyenangkan karena terkadang kita mesti dihadapkan oleh orang-orang toxic, bahkan orang itu adalah bos kita sendiri.

Keberadaan pemimpin toxic itu tak jarang menjadi penyebab orang mengundurkan diri dari pekerjaannya, lantas apa saja ciri-ciri pemimpin yang toxic? Berikut ulasannya.

1. Pemimpin yang gemar bullying atau merundung

5 Ciri Atasan Toxic, Hobi Bully dan Kamu Harus Hati-hati, ya!ilustrasi karyawan merasa tertekan (pexels.com/Anthony Shkraba)

Ciri atasan yang toxic salah satunya adalah suka melakukan bullying kepada para karyawan. Sering menjadikan karyawan sebagai bahan lelucon yang melampaui batas. Kerap menggertak karyawan dan memaki-maki adalah perlakuan bully yang lainnya juga.

Pemimpin seperti itu harus dihindari karena akan menganggu kinerja, seperti timbul perasaan tidak nyaman dan kurangnya konsentrasi.

2. Pemimpin yang sok tahu

5 Ciri Atasan Toxic, Hobi Bully dan Kamu Harus Hati-hati, ya!ilustrasi atasan berbicara kepada karyawan (pexels.com/MART PRODUCTION)

Seorang pemimpin yang berkarakter baik tentunya memiliki rasa ingin tahu besar mengenai tujuan dan ide dari karyawan. Selain ingin mengetahui banyak hal, pemimpin juga dapat menjadi pendengar yang baik, bukan merasa paling pintar dan benar di hadapan karyawan.

3. Sering menghilang di jam kerja

5 Ciri Atasan Toxic, Hobi Bully dan Kamu Harus Hati-hati, ya!ilustrasi bekerja (pexels.com/Canva Studio)

Pemimpin yang toxic juga dapat dilihat dari banyaknya ketidakhadiran. Sebab seorang atasan harusnya memiliki tanggungjawab dalam setiap prospek pekerjaan. Apalagi ketidakhadiran itu tanpa alasan yang jelas dan suka menghilang di jam kerja.

Terlalu sering tidak hadir menunjukkan bahwa atasan bermalas-malasan dan tidak mau ikut terlibat bersama para karyawan. Sebagai pemimpin seharusnya juga wajib untuk disiplin agar menginspirasi dan memotivasi karyawan untuk bekerja dengan maksimal.

Baca Juga: 5 Hal yang Biasanya Dirasakan Ketika Kamu Punya Atasan Cowok  

4. Pemimpin yang plin-plan 

5 Ciri Atasan Toxic, Hobi Bully dan Kamu Harus Hati-hati, ya!ilustrasi pria marah di tempat kerja (pexels.com/Yan Krukov)

Berkomunikasi dengan orang-orang kantor merupakan bagian penting untuk mengeratkan hubungan antara atasan dan karyawan. Apalagi mengkomunikasikan perihal aturan atau Standard Operational Procedure (SOP) yang berlaku.

Pemimpin yang tidak memiliki integritas, dia akan seenaknya mengganti dan mengubah peraturan tanpa terlebih dulu memberitahu karyawan. Padahal seorang pemimpin seharusnya dapat membicarakan tiap perubahan aturan itu secara terbuka kepada karyawannya.

5. Pemimpin yang tidak berempati

5 Ciri Atasan Toxic, Hobi Bully dan Kamu Harus Hati-hati, ya!ilustrasi perempuan memikirkan masalah di kantor (pexels.com/Anna Shvets)

Indikasi lain yang menunjukkan bahwa atasan kamu itu toxic adalah sikapnya yang tidak berani membela kebenaran. Dia akan teguh mempertahankan reputasi dan jabatan, meskipun karyawannya sedang merasa tersudutkan atau ingin mendapatkan keadilan.

Pemimpin tersebut jelas curang karena dia memprioritaskan kepentingan sendiri dan tidak memiliki empati kepada karyawan yang sedang membutuhkan bantuannya.

Meskipun memiliki pemimpin toxic jangan sampai membuatmu ikut berkinerja buruk. Lebih baik batasi diri agar berhubungan sesuai kepentingan profesional saja. Semangat, ya!

Baca Juga: 5 Cara Elegan Atasi Beda Pendapat dengan Atasan di Tempat Kerja 

Murniawati Photo Verified Writer Murniawati

nothing is impossible if you keep trying.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya