Comscore Tracker

5 Hal yang Pasti Kamu Rasakan Saat Usahamu Diapresiasi

Saat seseorang dihargai usahanya, ia sangat loyal

Sekecil apapun usaha sudah selayaknya diapresiasi. Tidak harus dengan hadiah mahal ataupun pujian bertubi-tubi. Ucapan terima kasih sederhana pun sudah termasuk bentuk apresiasi terhadap seseorang.

Tentu saja ini menimbulkan dampak positif tersendiri. Saat seseorang dihargai, ia jadi sangat loyal. Berikut ini lima hal yang dirasakan seseorang saat usahanya diapresiasi dengan baik.

1. Seseorang yang usahanya diapresiasi, ia lebih bersemangat

5 Hal yang Pasti Kamu Rasakan Saat Usahamu Diapresiasiilustrasi bekerja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Mengapresiasi usaha seseorang susah-susah gampang. Beberapa dari kita terkadang tidak mau mengapresiasi usaha orang lain. Termasuk enggan melakukannya karena gengsi. Padahal mengapresiasi usaha orang lain tidak ada salahnya.

Ketika seseorang usahanya dihargai, ia lebih bersemangat. Mereka merasa perjuangannya tidak sia-sia. Tidak perlu mengapresiasi dengan beragam hadiah mahal. Sebaris ucapan terima kasih pun berhasil membuat hatinya senang.

2. Orang-orang tersebut bertekad menunjukkan kemampuannya sebaik mungkin 

5 Hal yang Pasti Kamu Rasakan Saat Usahamu Diapresiasiilustrasi bekerja (pexels.com/RODNAE Productions)

Mungkin kamu pernah melihat orang yang kemampuannya semakin buruk dari waktu ke waktu. Bisa jadi hal itu akibat minim apresiasi. Atau kemampuannya justru disepelekan oleh orang-orang sekitar.

Tapi hal ini tidak akan terjadi selama kamu bisa mengapresiasi usaha seseorang dengan baik. Saat upayanya dihargai, seseorang akan bertekad menunjukkan kemampuannya sebaik mungkin. Waktu, pikiran, dan tenaga dikerahkan sepenuhnya untuk hasil yang optimal.

Baca Juga: 5 Tanda Lingkungan Kerja yang Sehat, Gak Saling Menjatuhkan!

3. Saat seseorang dihargai usahanya, ia akan loyal kepada tim 

5 Hal yang Pasti Kamu Rasakan Saat Usahamu Diapresiasiilustrasi bekerja (pexels.com/Fauxels)

Loyalitas pada tim sangat diperlukan. Saat loyalitas suatu tim terjaga dengan baik, bisa dipastikan kinerja juga lebih maksimal. Setiap orang bahu-membahu dalam rangka mencapai tujuan bersama.

Ini menjadi salah satu hal yang dirasakan seseorang saat usahanya dihargai. Segaris pujian sederhana ataupun ucapan terima kasih berhasil membangkitkan loyalitasnya. Ia mendedikasikan seluruh waktunya untuk tujuan bersama.

4. Adanya tekad tidak mengecewakan orang-orang yang telah menghargainya 

5 Hal yang Pasti Kamu Rasakan Saat Usahamu Diapresiasiilustrasi bekerja (pexels.com/Thirdman)

Walaupun susah, menghargai usaha orang lain tetap harus dilakukan. Bahkan tidak mencela usaha seseorang sudah termasuk bentuk apresiasi. Tapi sayangnya, kita susah melakukan hal tersebut.

Padahal menghargai usaha seseorang bisa membawa dampak positif. Ketika seseorang diapresiasi dengan baik, ia bertekad tidak akan mengecewakan orang-orang yang telah menghargainya. Bahkan ia menghormatimu dengan sebaik mungkin.

5. Produktivitasnya akan meningkat 

5 Hal yang Pasti Kamu Rasakan Saat Usahamu Diapresiasiilustrasi bekerja (pexels.com/William Fortunato)

Hasil kerja yang optimal tidak terlepas dari produktivitas. Ketika produktivitas seseorang meningkat dari waktu ke waktu, maka performa kerjanya juga semakin baik. Tapi produktivitas ini juga dipengaruhi oleh orang-orang sekitar.

Saat usahanya diapresiasi dengan baik oleh orang sekitar, produktivitas seseorang turut meningkat. Ia termotivasi menunjukkan kinerja yang lebih baik lagi. Ia tahu jika perjuangannya tidak akan disia-siakan.

Apresiasi kecil yang ditunjukkan kepada orang lain tetap membawa dampak positif. Bisa jadi sebaris ucapan terima kasih atau pujian kecil itu membangkitkan semangat. Maka dari itu, kamu harus menghargai usaha seseorang sebaik mungkin. Jangan malah mencibirnya.

Baca Juga: 5 Hal Kecil di Tempat Kerja yang Bikin Bahagia, Makin Semangat!

Mutia Zahra Photo Verified Writer Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya