Comscore Tracker

Kenali 5 Tanda Stres Kerja Berdampak Negatif bagi Keseharianmu

Perlu dicari solusi untuk mengatasinya

Bekerja merupakan salah satu kebutuhan dan kewajiban bagi setiap orang. Memenuhi kebutuhan hidup dan mencapai cita-cita menjadi salah satu motivasinya. Tidak mudah memang bekerja dari pagi sampai sore, bahkan ada pula yang sampai larut malam, sehingga stres menjadi konsekuensi yang harus diterima oleh para pekerja.

Menurut data yang dihasilkan oleh Labour Force Survey (LFS) tentang stres kerja di Inggris, dimana jumlah kasus stres kerja, depresi atau kecemasan pada tahun 2016-2017 mencapai 526.000 kasus. Dengan tingkat prevalensi 1.610 per 100.000 pekerja. Pada tahun 2016-2017, menyumbang 40% kasus stres terkait pekerjaan dan 49% waktu masyarakat hilang karena penurunan kesehatan akibat tingkat stres yang besar.

Stres tidak selalu berdampak negatif bagi seseorang. Stres sendiri dibagi menjadi stres positif dan stres negatif. Namun sebagian orang jarang menyadari bahwa apa yang dideritanya merupakan stres negatif. Ini beberapa tanda bahwa stresmu menimbulkan dampak negatif. 

1. Kamu merasa mudah merasa sakit sampai seringkali harus absen

Kenali 5 Tanda Stres Kerja Berdampak Negatif bagi Keseharianmunatureveshop.com

Salah satu bentuk respon tubuh terhadap tekanan yang tidak dapat diatasi adalah perubahan fisik. Mulai dari berat badan yang mudah naik atau turun saat stres. Badan serasa pegal-pegal, kram, dan beberapa bagian tubuh seolah sakit tanpa sebab. Kita tidak banyak melakukan aktivitas fisik, namun badan terasa lebih mudah lelah. Sampai-sampai, tak jarang kita merasa tidak bersemangat di pagi hari, merasa tubuh sedang dalam kondisi yang buruk, dan meminta izin untuk beristirahat di rumah. Beberapa kali hal ini masih wajar, namun jika terlalu sering, perlu kita cek sekali lagi apa penyebabnya.

2. Merasa cemas atas apapun yang kamu lakukan dan berpikiran negatif tentang hasil

Kenali 5 Tanda Stres Kerja Berdampak Negatif bagi Keseharianmunewscientist.com

Tuntutan yang tinggi dari pekerjaan dan juga atasan seringkali membuat kita stres. Mulai dari tenggat waktu yang singkat untuk pekerjaan yang sulit, sampai hasil yang dicapai harusnya memenuhi standar atasan. Saat pikiran menolak atau merasa bahwa pekerjaan ini di luar batas kemampuan diri, akan ada respon dari dalam pikiran. Salah satunya yaitu kecemasan yang berlebihan.

Cemas saat tidak selesai tepat waktu, cemas saat hasil tidak sesuai ekspektasi, sampai cemas dengan kritikan yang akan diberikan. Terkadang kecemasan ini muncul secara berlebihan, sampai untuk kasus yang biasa saja kita pun akan cemas.

3. Mudah sekali merasa bosan saat berada di kantor, lingkungan seolah tidak mendukung apa yang kamu butuhkan

Kenali 5 Tanda Stres Kerja Berdampak Negatif bagi Keseharianmugevme.com

Bosan? Tentu saja siapapun akan merasa bosan saat harus berada di lingkungan yang sama dan melakukan pekerjaan yang sama setiap hari dalam waktu lama. Tapi bagi kita yang mulai merasa stres, apapun yang kita lakukan, apapun yang terjadi di dalam kantor, tidak membuat kita semangat. Kita justru merasa bosan, jenuh dan bahkan enggan untuk beranjak dari tempat duduk meski saat sedang istirahat. Karyawan yang bosan juga akan mempengaruhi produktivitas kerja mereka. Merasa tidak didukung dalam pekerjaan, akan membuat karyawan merasa sendiri dalam mencapai target.

4. Hubunganmu dengan rekan kerja bahkan atasan terganggu, tidak harmonis dan seringkali salah paham

Kenali 5 Tanda Stres Kerja Berdampak Negatif bagi Keseharianmuentrepreneur.com

Saat stres, psikologis kita pun akan terganggu. Salah satunya yaitu ketidakmampuan diri dalam mengelola emosi. Baik atau buruk orang di sekitar, akan menciptakan penilaian yang negatif bagi diri kita. Pendapat mereka seolah kritik pedas bagi kita. Saran mereka seolah menjatuhkan kita.

Kita akan mudah salah paham dengan setiap ucapan orang lain. Seolah semua yang dikatakan tidak membantu kita mengurangi stres. Bahkan hubungan dengan rekan kerja menjadi semakin jauh dan hubungan dengan atasan seolah tidak pernah baik.

5. Menolak apapun yang diberikan, seolah setiap pekerjaan tidak menarik dan tidak menghasilkan

Kenali 5 Tanda Stres Kerja Berdampak Negatif bagi Keseharianmuhttp://newscult.com

Hal lainnya yang menjadi respon saat kita stres adalah menolak apapun yang ditujukan untuk kita. Tidak ada yang namanya pekerjaan yang tidak sulit. Tantangan demi tantangan tentu saja akan muncul dan membantu kita untuk bertumbuh. Tapi bagi mereka yang mengalami stres dalam bekerja, akan merasa sangat minder atau kurang percaya diri dengan tantangan yang diberikan.

Menolak adalah respon yang diberikan. Wajar jika kita menolak dengan alasan yang jelas, misalnya dalam suatu projek kita merasa kurang sumber daya manusia untuk membantu menyelesaikan. Kita bisa menyarankan untuk menambah partner. Tapi jika sudah menyerah dari awal, alasan menolak pun enggan diungkapkan. Yang jelas apapun itu tidak akan membuatnya menarik, sekalipun dipaksa untuk dilakukan semua tidak akan berjalan dengan baik.

Itu dia tanda-tanda kalau stres yang kamu alami memberikan dampak negatif bagi keseharian. Jika demikian, segeralah mencari solusinya.

Nelsi Islamiyati Photo Verified Writer Nelsi Islamiyati

Menulis adalah salah satu terapi terbaik saat kita mulai lelah berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya