Comscore Tracker

5 Cara Kamu Bisa Jadi Influencer Tanpa Menunggu Terkenal

#IniBaruGokil makin produktif walau di rumah aja

Bukan hal yang awam lagi kata influencer saat terdengar di telinga. Influencer merupakan salah satu profesi yang menjajikan walau di rumah aja. Karena menggiurkan, profesi ini menjadi favorit semua kalangan.

Bahkan kini tidak sedikit anak-anak kecil sudah memiliki mimpi sebagai seorang influencer. Namun tidak banyak juga yang tahu kalau profesi hype ini dapat dimulai saat kamu belum terkenal lho. Berikut 5 cara kamu bisa menjadi influencer tanpa harus menunggu terkenal!

1. Ketahui dirimu lebih dalam dan tentukan personal brand-mu

5 Cara Kamu Bisa Jadi Influencer Tanpa Menunggu Terkenalperempuan sedang bercermin (pexels.com/Ivan Oboleninov)

Saat ini banyak yang belum tahu tentang dirinya sendiri, potensi apa yang dimiliki atau lebih condong ke arah mana passion kamu. Hal ini dapat menyebabkan kelabilan dan ketidak konsistenan dalam berkonten sehingga kamu akan pusing sendiri dan tidak pede untuk memulai. Kalau kamu sudah kenal dirimu belum?

Untuk mengenal potensi dirimu, kamu dapat memulai dengan mencari tahu apa hobimu. travelling, fashion, beauty antusiast, kuliner, masak, playing games, berolahraga atau Sekadar bercerita. Ketika kamu sudah mengetahui apa hobimu maka tinggal tentukan ke arah mana personal brand-mu. Sungguh mengasyikkan bukan, saat hobimu bisa menjadi profesimu.

2. Konsisten

5 Cara Kamu Bisa Jadi Influencer Tanpa Menunggu Terkenalplan, discipline, goal (unsplash.com/Brett Jordan)

Yup, konsisten merupakan kunci kesuksesan dalam segala hal termasuk menjadi seorang influencer. Ketika kamu sudah dapat menentukan identitas brand-mu maka tahap selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah konsisten pada kontenmu. Kamu dapat melakukannya dengan membuat content planning.

Dengan membuat content planning maka kamu tidak akan bingung lagi dengan tema, konsep, strategi pasar kamu, design sampai penjadwalan waktu unggah konten mu. Sehingga kamu dapat konsisten untuk selalu up-to-date di platfrom media sosial kamu. Kekonsistenan kamu bisa dapat membawa kepercayaan followers kamu, lho.

Baca Juga: 5 Alasan Harus Pakai Smartfren GOKIL MAX, Tunjang Produktivitas!

3. Join agensi atau manajemen

5 Cara Kamu Bisa Jadi Influencer Tanpa Menunggu Terkenalthink, creative, work (unsplash.com/Hamza NOUASRIA)

Agensi atau manajemen adalah media untuk meyalurkan kamu kepada klien, dengan adanya agensi kamu bisa makin berperan aktif menjadi influencer tentunya dengan banyak benefit yang ditawarkan. Tidak perlu khawatir untuk kamu yang pemula, agensi atau manajemen akan menuntun kamu sampai kamu paham dengan apa yang diinginkan klien. Saran dari aku kamu harus memiliki sikap profesionalitas yang tinggi ya!

Banyak agensi atau manajemen yang saat ini sedang mencari talent, ada yang berbayar dan kabar baiknya juga ada yang gratis, lho. Hal ini dapat kamu sesuaikan dengan budget atau kemampuan kamu. Kamu tinggal cari tahu tentang agensi atau manajemen di media sosial Instagram atau Tiktok. Dengan adanya agensi atau manajemen bisa menjadi peluang besar awal mula kamu berkarier sebagai influencer. Kalau kamu memiliki konten yang bagus biasanya agensi atau manejemen akan menawarkan langsung kepada kamu tanpa harus kamu cari tahu.

Oiya yang paling penting dengan kamu ikut manajemen kamu bisa mendapatkan endorse seperti produk gratis dari klien dan fee, serta menambah tingkat kepercayaan followers kamu, lumayan banget kan?

4. Group support

5 Cara Kamu Bisa Jadi Influencer Tanpa Menunggu Terkenalpexels.com/Mica Asato

Kata group support mungkin masih terdengar asing bagi sebagian telinga orang, padahal group support berperan penting untuk kamu yang mau jadi influencer tanpa menunggu terkenal. Group support merupakan wadah untuk kamu saling mendukung antar influencer, dengan saling like, comment atau mem-follow secara suportif.

Nah di sini agensi atau manajemen cukup berperan penting, karena ketika kamu sudah masuk agensi atau manajemen kamu akan diarahkan langsung kepada admin manajemen kamu untuk masuk kedalam grup support-nya. Jika tidak diarahkan, kamu bisa bersikap proaktif untuk bertanya langsung kepada admin manajemen kamu atau teman influencer yang ada di grup manajemen kamu. Oh iya, kamu bisa juga loh cari info di berbagai platform media sosial.

5. Modal Internet

5 Cara Kamu Bisa Jadi Influencer Tanpa Menunggu TerkenalSmartfren Gokil MAX (dok. pribadi/Ninda Pramesti)

Nah ini yang paling penting, ternyata masih banyak lho yang terkendala modal internet. Padahal internet menjadi akses utama kamu untuk terjun ke media sosial. Tidak sedikit yang mengeluh kalau bermedia sosial itu boros dan banyak menghabiskan kuota apalagi kalau sudah dalam bentuk video. Masa harus numpang wifi tetangga terus atau beli es kopi di kedai sebelah?

Don’t worry, IDN Times punya solusinya! Smartfren GOKIL MAX kuota internet yang cepat, stabil, dan tentunya murah, karena dengan mulai dari Rp 30.000,- kamu bisa dapat jaringan 100% 4G, yang pastinya jaringan lancar pas kamu upload konten kamu di media sosial dan kuotanya Besar lho, karena kuotanya kuota sultan, #IniBaruGokil!

Makin Gokil lagi karena ada Kuota Nasional (bisa digunakan di mana saja), Kuota Lokal (berlaku hanya di kotamu, nyaman internetan walau di rumah saja), Extra Kuota (01.00 - 05.00), atau 24 Jam Semua Aplikasi. Kuotanya Beneran Gokil. Jadi semakin MAXimal deh kamu sebagai influencer!

Aku sendiri pakai Smartfren GOKIL MAX buat upload semua konten aku di berbagai media sosial, apalagi kalau udah buat download dan streaming drakor, aku bener-bener ngandelin Smartfren, karena udah senyaman itu. Jaringannya yang lancar bikin aku happy MAXimal. Sekarang waktunya giliran kamu buat dibikin happy MAXimal sama Smartfren GOKIL MAX.

So, gimana calon-calon influencer, masih mau menunggu terkenal dulu? Kalau IDN Times sih udah langsung gas, biar makin produktif walau di rumah aja. Selamat mencoba!

Baca Juga: 7 Cara Gokil Ikut Andil Bantu Rakyat Kecil meski dengan Aksi Secuil

Ninda Pramesti Photo Writer Ninda Pramesti

Write, create, and enternal ✨

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya