Comscore Tracker

5 Pertanyaan Interview Kerja Ini Tak Harus Kamu Jawab

Kamu tetap bisa menolak dengan sopan dan berikan alasan jelas

Interview atau wawancara kerja adalah salah satu proses yang harus dijalani seseorang untuk mendapatkan pekerjaan. Interview kerja berisi berbagai pertanyaan yang diajukan oleh interviewer dan dijawab oleh calon karyawan sebagai orang yang di interview.

Dalam proses wawancara kerja terkadang ada beberapa pertanyaan tak terduga yang mungkin tidak relevan dengan pekerjaan yang sedang di lamar. Jika pertanyan-pertanyaan tersebut masih wajar dan tidak mengganggu kenyamanan kamu bisa menjawabnya sesuai dengan pengetahuan yang kamu miliki.

Namun, jika pertanyaan yang diajukan sudah membuatmu tidak nyaman atau bahkan menodai harga dirimu, sampaikan dengan jujur bahwa kamu tidak dapat menjawabnya. Berikut adalah beberapa pertanyaan dalam wawancara kerja yang sebenarnya bisa kamu tolak untuk menjawab.

1. Pertanyaan yang sifatnya sangat pribadi

5 Pertanyaan Interview Kerja Ini Tak Harus Kamu JawabIlustrasi wawancara kerja (pexels.com/Sora Shimazaki)

Pertanyaan wawancara kerja yang dirasa sangat pribadi sebenarnya boleh saja untuk tidak dijawab, apalagi jika pertanyaan yang diajukan sama sekali tidak ada kaitannya dengan pekerjaan yang sedang kamu lamar.  Ciri-ciri pertanyaan yang terlalu pribadi adalah pertanyaan itu membuatmu malu untuk menjawabnya. Contohnya adalah menanyakan tentang alasan putus dengan pacar.

Jangan ragu untuk menolak pertanyaan yang terlalu pribadi. Sampaikan kepada pewawancara dengan tegas namun tetap sopan bahwa pertanyaan yang diajukan terlalu pribadi dan kamu tidak ingin menjawabnya.

2. Pertanyaan yang membuatmu membuka data rahasia perusahaan lama

5 Pertanyaan Interview Kerja Ini Tak Harus Kamu JawabIlustrasi papan komputer (pixabay.com/geralt)

Jika kamu merasa bahwa pertanyaan wawancara yang diajukan masih ada kaitannya dengan ex perusahaan tempatmu bekerja, maka jangan sampai kamu terpancing untuk membuka data rahasia perusahaan lamamu. Misalnya jika interviewer bertanya tentang list customer perusahaan lama atau menanyakan resep rahasia dari salah satu menu yang dijual di perusahaan tempatmu bekerja saat ini.

Kamu bisa menolak dengan halus pertanyaan tersebut. Katakan bahwa kamu tidak bisa menjawabnya karena masih terkait dengan rahasia perusahaan. Pewawancara pasti akan mengerti dan memahami alasanmu.

Baca Juga: 5 Pertanyaan Menjebak saat Wawancara Kerja dan Tipsnya

3. Tentang pilihan politik

5 Pertanyaan Interview Kerja Ini Tak Harus Kamu JawabIlustrasi kotak suara (pixabay.com/Ornaw)

Terkadang ada pewawancara yang iseng menanyakan tentang pilihan politik kepada calon karyawan yang di interview. Misalnya menanyakan kamu akan memilih partai politik apa dalam pemilu. Sebenarnya pertanyaan wawancara kerja jenis ini tidak layak ditanyakan pada proses interview, karena idealnya perusahaan bebas dari pengaruh pandangan politik apapun.

Jika memang kamu tidak bersedia untuk menjawabnya kamu bisa menolaknya dengan sopan. Sampaikan pada interviewer bahwa apapun pandangan politikmu tidak akan mempengaruhi performa kerjamu nantinya.

4. Pertanyaan sensitif yang mengarah ke SARA

5 Pertanyaan Interview Kerja Ini Tak Harus Kamu JawabIlustrasi tangan (pixabay.com/terimakasih0)

Beberapa pewawancara terkadang menanyakan hal-hal yang mengarah ke SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar Golongan). Sebenarnya pertanyaan yang mengarah ke SARA adalah pertanyaan yang sensitif, sedikit kesalahanmu dalam menjawab bisa menimbulkan masalah. Misalnya jika interviewer menanyakan tentang penilaianmu terhadap suku dan agama tertentu.

Perlu berhati-hati dalam menjawab atau memberikan pendapat terkait pertanyaan yang mengarah ke SARA. Jika memang kamu tidak ingin menjawab pertanyaan wawancara kerja tersebut, kamu bisa menyampaikanya kepada pewawancara bahwa hal tersebut sangat sensitif untuk dijawab. 

5. Besaran gaji di perusahaan sebelumnya

5 Pertanyaan Interview Kerja Ini Tak Harus Kamu JawabIlustrasi pria (pixabay.com/Tumisu)

Pertanyaan terkait berapa besaran gaji saat ini atau di perusahaan sebelumnya sering sekali ditanyakan oleh pewawancara. Banyak calon karyawan yang sebenarnya merasa kurang nyaman mendapatkan pertanyaan mengenai pendapatannya saat ini.

Jika kamu tidak ingin menjawab pertanyaan terkait gajimu saat ini kamu bisa sampaikan bahwa hal itu adalah privasimu. Sebagai gantinya sampaikanlah harapan nominal pendapatan di perusahaan yang sedang kamu lamar, tanpa mengaitkan penghasilanmu saat ini atau di perusahaan sebelumnya.

Jangan pernah merasa takut atau ragu untuk menolak memberikan jawaban atas pertanyaan interview kerja yang mengganggu perasaanmu. Terapkan dalam dirimu bahwa interview bukan hanya proses penilaian perusahaan terhadap calon karyawan, kamu sebagai pelamar kerja juga berhak melakukan penilaian terhadap perusahaan berdasarkan proses interview  kerja yang kamu jalani.

Baca Juga: Gugup saat Wawancara Kerja? Ini 5 Tips Biar Lancar dan Sukses

Rinda Septiana Photo Verified Writer Rinda Septiana

Writing is my self healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya