Comscore Tracker

IWF 2020: 7 Tugas SEO Specialist yang Perlu Kamu Tahu

Kini banyak perusahaan yang membutuhkan SEO Specialist, lho!

Pekerjaan sebagai SEO Specialist terbilang masih baru di Indonesia. Meski begitu, pekerjaan ini terbilang menjanjikan masa depan yang baik di Indonesia. SEO (Search Engine Optimization) Specialist merupakan pakar mesin pencari yang mempunyai keahlian khusus dalam dunia internet marketing.

Secara garis besar, SEO Specialist bertugas untuk mengoptimasi website hingga bisa muncul di halaman pertama Google, saat seseorang menulis sebuah keyword yang berhubungan dengan isi konten website tersebut. Dengan cara ini, SEO Specialist bisa meningkatkan potensi pendapatan melalui perolehan traffic website.

Dalam ajang Indonesia Writers Festival 2020 by IDN Times pada Senin (21/09/2020), Septi Riyani Maulida sebagai SEO Specialist IDN Times memperkenalkan serunya pekerjaan SEO Specialist. Lalu apa saja tugasnya? Cek di bawah ini.

1. Selalu mengikuti berita yang sedang viral, berita terkini, dan berita yang mempunyai potensi untuk viral

IWF 2020: 7 Tugas SEO Specialist yang Perlu Kamu Tahuyoutube.com/IDN Times

Untuk menaikkan traffic website, SEO Specialist harus siap bekerja 24 jam. Ini karena kita gak tahu kapan memperoleh berita breaking news atau berita viral. Jadi kita bisa menaikkan potensi pembaca dengan cepat melalui berita tersebut.

2. Rajin menganalisa kompetitor

IWF 2020: 7 Tugas SEO Specialist yang Perlu Kamu Tahupexels.com/Tobias Dziuba

Sebagai SEO Specialist, kita harus rajin menganalisa kelebihan dan kekurangan kompetitor. Jika ingin selalu terdepan, kita gak boleh lengah. Kita bisa menutupi kekurangan yang dimiliki dengan menganalisa keunggulan kompetitor. Intinya gak boleh kalah!

3. Meriset organic keyword

IWF 2020: 7 Tugas SEO Specialist yang Perlu Kamu Tahupexels.com/bongkarn thanyakij

Organic keyword adalah beberapa kata kunci organik yang ada pada konten website, untuk mendukung mesin pencari dapat memahami isi dari konten itu sendiri. Dengan meriset organic keyword, SEO Specialist dapat memberikan saran kepada pengisi konten kata-kata apa yang disukai oleh mesin pencari Google. 

Baca Juga: IWF 2020: 12 Sebutan Perempuan dalam Kata-kata, Sister Fillah!

4. Optimasi konten website berada di peringkat pertama halaman Google

IWF 2020: 7 Tugas SEO Specialist yang Perlu Kamu Tahugoogle.com

Salah satu tugas SEO Specialist adalah mengoptimasi semua konten website baik itu kabar viral, breaking news, dan lainnya. Ini diperlukan untuk membuat konten-konten tersebut berada di peringkat pertama halaman Google.  

5. Bekerja sama dengan pengisi konten untuk memproduksi konten website terbaik

IWF 2020: 7 Tugas SEO Specialist yang Perlu Kamu Tahupexels.com/bongkarn thanyakij

SEO Spesialist yang baik akan menyarankan kepada pengisi konten tentang hal-hal yang menarik untuk dijadikan konten. Diperlukan sebuah komunikasi yang baik antara SEO Spesialist dan pengisi konten agar website digemari oleh warganet.

6. Bekerja sama antar produk dalam suatu perusahaan

IWF 2020: 7 Tugas SEO Specialist yang Perlu Kamu Tahuidn.media

Kompetisi yang tinggi membuat SEO Specialist harus pandai mencari strategi untuk memenangkannya. Salah satu strateginya adalah bekerja sama antar produk dalam suatu perusahaan.

Sebagai contoh IDN Media. Perusahaan media yang berdiri tahun 2014 ini mempunyai beberapa produk media online yang diminati oleh netizen, sebut saja IDN Times, PopMama, PopBela, Yummy, Duniaku, GGWP.ID, dan lain sebagainya. Seluruh produk tersebut bersatu dan saling bekerja sama agar SEO-nya semakin kuat.

7. Bekerja sama dengan sales untuk menjual artikel brand yang direkomendasikan

IWF 2020: 7 Tugas SEO Specialist yang Perlu Kamu Tahupexels.com/olly

Seorang SEO Specialist harus mau bekerja sama dengan sales sebuah brand untuk menjual konten yang berhubungan dengan produk dari brand tersebut. Sebagai contoh artikel konten yang berjudul "5 Rekomendasi Obat Jerawat yang Ampuh Menghaluskan Kulit" yang ternyata berada di posisi pertama halaman Google. Nah ini bisa menjadi nilai jual bagi sales perusahan untuk menawarkan konten tersebut pada brand-brand lain. Menarik 'kan?

Nah itulah beberapa tugas SEO Specialist yang seru banget! Buat kamu yang menyukai pekerjaan yang menantang SEO Specialist sangat cocok bagimu. Apakah tertarik menjajal profesi ini?

IDN Times menggelar Indonesia Writers Festival 2020. Acara yang juga dikenal dengan IWF 2020 ini adalah pertemuan independen yang berkomitmen untuk memberdayakan Indonesia melalui bidang menulis. Acara dengan slogan Empowering Indonesians Through Writing ini dilangsungkan pada 21 hingga 26 September 2020 melalui zoom dan Youtube channel IDN Times.

IWF 2020 sendiri menghadirkan lebih dari 20 pembicara kompeten di berbagai latar belakang seperti Nadin Amizah, Sal Priadi, Agus Noor, Ivan lanin, Tsana, Kalis Mardiasih, dan masih banyak lainnya.

Baca Juga: IWF 2020: 5 Upaya agar Difabel Netra Tetap Bisa Nikmati Karya Sastra

Iam_Lathiva Photo Verified Writer Iam_Lathiva

Love To See, Love To Read, and Love To Share. IG: iam_lathiva

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya