Comscore Tracker

5 Hal yang Alangkah Baiknya Gak Kamu Bagikan pada Rekan Kerja

Gak semua hal bisa dibagikan #IDNTimesLife

Menjaga relasi dan pertemanan dengan rekan kantor itu sebuah keharusan. Sebab ketika terjun di dunia kerja kita gak bisa bekerja sendiri, tetap berhubungan dan butuh orang lain. Nah kamu sendiri pasti punya teman dekat di kantor untuk saling berbagi, bertukar pikiran, hingga ngobrolin mengenai pekerjaan.

Namun nih, meski kamu dekat dengan rekan kerja ada beberapa hal yang tidak perlu kita katakan dengan mereka, lho. Nah, berikut lima hal yang alangkah baiknya gak kamu bagikan terhadap rekan kerja di kantor. 

1. Mengenai gaji

5 Hal yang Alangkah Baiknya Gak Kamu Bagikan pada Rekan Kerjamandiri finansial (pexels.com/@karolina Grabowska)

Hal pertama yang gak boleh sembarangan kita bagikan dengan rekan kerja yaitu mengenai jumlah gaji. Kamu sendiri tahu kan persoalan gaji oleh sebagian orang adalah hal yang sensitif. Sebab, setiap jabatan di suatu perusahaan punya standar gaji yang berbeda-beda.

Perlu dipahami juga, saat ngomongin gaji mungkin temanmu terlihat baik-baik saja, namun siapa tahu di belakangmu ia jadi sering membandingkan gaji di antara kalian. Maka dari itu, jangan sembarangan membicarakan mengenai pendapatan kalian, ya. 

2. Tentang masalah keluarga di rumah 

5 Hal yang Alangkah Baiknya Gak Kamu Bagikan pada Rekan Kerjawanita sedang sedih (pexels.com/@Pilona Zimmerman)

Kalau ditanya, setiap orang pasti punya masalah atau cobaan hidup yang harus dihadapai. Nah, di sini meski kamu dekat dengan teman kerja, janganlah sembarangan membagikan hal senstif mengenai masalahmu di rumah. Sebab, gak semua hal bisa kita bagikan pada orang lain.

Selain itu, membawa persoalan luar kantor di tempat kerja menandakan bahwa kurang profesional. Maka, apa masalah yang kamu hadapi saat ini cukup disimpan sendiri dan jangan mudah membagikan ke orang lain. 

Baca Juga: 5 Tips Menghadapi Rekan Kerja yang Arogan, biar Gak Terus Diremehkan

3. Curhat mengenai hubungan percintaan

5 Hal yang Alangkah Baiknya Gak Kamu Bagikan pada Rekan Kerjasuka manipulatif (pexels.com/keira burton)

Poin selanjutnya yaitu curhatan mengenai hubungan personalmu. Entah itu hubungan personal mengenai pasangan, pacar, dan lainnya. Sebaiknya masalah personal mengenai urusan percintaan gak usah kamu gembor-gemborkan pada teman kerja. Sebab, gak semua orang bisa dipegang omongannya.

Kamu sendiri gak mau, kan kalau informasi penting mengenai hubunganmu dengan pasangan tersebar ke mana-mana? Jadi, cukuplah kalian saja yang tahu ya!  

4. Masalah yang terjadi di kantor

5 Hal yang Alangkah Baiknya Gak Kamu Bagikan pada Rekan Kerjasedang kecewa (pexels.com/@Liza Summer)

Gak semua masalah yang kita hadapi di tempat kerja bisa dibagikan dengan rekan kantor. Adakalanya kamu tahu mana yang bisa dibagikan dan cukup disimpan sendiri. Misalnya, nih kamu mempunyai masalah dengan atasan, ya sudah cukup kamu dan atasan saja yang tahu.

Sebab, jika kamu menyebarkan ke teman kantor bisa membuat masalah tersebut melebar ke mana-mana. Persoalan dengan atasan yang harusnya bisa dibicarakan baik-baik, karena orang luar ikut campur jadi semakin besar. 

5. Tentang target atau ambisi yang ingin kamu raih

5 Hal yang Alangkah Baiknya Gak Kamu Bagikan pada Rekan Kerjateam work (pexels.com/@jopwell)

Hal terakhir yang gak perlu kamu bagikan dengan rekan kerja yaitu, mengenai target atau ambisi yang ingin kamu raih. Setiap orang pasti punya target kerja yang harus dicapai, misalnya tahun ini bisa naik jabatan, dapat promosi, memegang proyek penting, dan naik gaji.

Nah, ambisi-ambisimu tersebut jangan sembarangan kamu ceritakan ke orang lain, sebab dunia kerja itu penuh dengan persaingan. Di depan temanmu terlihat mendukung tehadap ambisimu, tapi kita gak tahu kalau ternyata ia diam-diam ingin menjatuhkan impianmun tersebut. So, hati-hati ya!

Gak semua hal bisa dibagikan dengan rekan kerja, ada beberapa persoalan yang alangkah baiknya cukup disimpan sendiri. Oleh karena itu, pahami betul ya, supaya hal buruk gak terjadi dalam hidupmu. 

Baca Juga: 5 Alasan Jangan Gampang Percaya dengan Rekan Kerja di Kantor

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya