Comscore Tracker

Daripada Bergosip, Mending Lakukan 5 Hal Ini saat Istirahat Kerja

#IDNTimesLife Jangan ghibahin orang mulu!

Bergosip atau membicarakan hal negatif tentang orang lain, sepertinya memang jadi salah satu kegiatan yang sering dilakukan oleh banyak orang. Bahkan, di sela-sela waktu bekerja sekalipun. Namun, ada baiknya kalau kebiasaan ini mulai dikurangi dari sekarang! 

Karena, sebenarnya masih ada banyak sekali kegiatan berfaedah yang bisa kita lakukan ketika ada waktu luang! Buat kamu yang masih sering bergosip, saat waktu istirahat kerja telah tiba, coba deh alihkan dengan melakukan lima kegiatan di bawah ini!

1. Makan yang cukup untuk memulihkan kembali energimu!

Daripada Bergosip, Mending Lakukan 5 Hal Ini saat Istirahat Kerjailustrasi makan siang (pexels.com/bam awey)

Daripada energimu terkuras hanya gara-gara dipakai untuk membicarakan orang lain, lebih baik gunakan waktu istirahat kerjamu untuk mengisi kembali energimu. Makanlah-makanan yang bergizi dan usahakan agar jangan sampai terlalu kekenyangan! Karena makan yang berlebihan, justru berpotensi membuatmu mengantuk dan jadi sulit fokus saat bekerja nantinya. Maka dari itu, makan secukupnya saja, ya!

2. Refresh dirimu sejenak

Daripada Bergosip, Mending Lakukan 5 Hal Ini saat Istirahat Kerjailustrasi bermain game (pexels.com/SCREEN POST)

Waktu istirahat kerja biasanya berlangsung selama 15-30 menit. Nah, kamu bisa gunakan waktu tersebut untuk refreshing dirimu sejenak. Buat kamu yang sehari-harinya bekerja di depan komputer, kamu bisa melakukan peregangan sedikit untuk merilekskan tubuhmu.

Alihkan juga pandanganmu dari monitor sejenak, untuk menyegarkan matamu. Setelah melakukan dua hal tadi, kamu bisa bebas melakukan apa pun, entah itu bermain game online, atau mungkin keluar jalan-jalan sebentar!

Baca Juga: 5 Tips Usir Galau di Tempat Kerja, Tetap Produktif walau Patah Hati!

3. Luangkan sedikit waktumu untuk beribadah

Daripada Bergosip, Mending Lakukan 5 Hal Ini saat Istirahat Kerjailustrasi salat di masjid (unsplash.com/afiq fatah)

Waktu istirahat kerja biasanya terbagi ke dalam dua sesi. Sesi pertama di pagi hari dan sesi kedua di pertengahan hari. Nah, di waktu siang hari ada kewajiban untuk menunaikan solat zuhur, bagi mereka-mereka yang beragama Islam.

Jadi, daripada waktumu dihabiskan hanya untuk menggunjingkan orang lain yang sudah tentu akan menambah dosamu, mending gunakan waktu istirahat yang sebentar tersebut untuk beribadah sejenak. Yuk bisa yuk!

4. Kenapa gak tidur siang saja?

Daripada Bergosip, Mending Lakukan 5 Hal Ini saat Istirahat Kerjailustrasi tidur di tempat kerja (pexels.com/RODNAE Productions)

Gak ada salahnya kalau sekali-kali, kamu memanfaatkan waktu istirahat kerjamu untuk tidur siang sebentar. Karena, tidur siang yang cukup juga bisa bantu mengurangi stres dan bikin kamu lebih siap untuk bekerja nantinya. Jadi, siap mencobanya?

5. Mending belajar hal-hal baru

Daripada Bergosip, Mending Lakukan 5 Hal Ini saat Istirahat Kerjailustrasi belajar memakai laptop (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Kalau kamu bingung ingin melakukan apa lagi, kenapa gak coba gunakan waktu istirahatmu untuk belajar? Cukup ambil smartphone atau laptopmu, kemudian nyalakan internetnya, kamu sudah siap untuk belajar hal-hal baru. Ingin belajar masak, bisa lihat tutorialnya di YouTube.

Kalau pengin belajar bidang ilmu lainnya, bisa cari e-book yang tersedia di aplikasi gratis dan legal macam, iPusnas. Dan masih ada banyak lagi hal-hal lainnya yang bisa kamu pelajari melalui internet.

Nah, ada banyak sekali, kan, hal-hal yang bisa kamu lakukan saat istirahat kerja? Jadi, daripada waktumu dihabiskan hanya untuk menggosipkan orang lain, mending mulai praktikkan beberapa kegiatan di atas! Setuju, gak?

Baca Juga: 5 Alasan Berprinsip Pilih Capek Kerja daripada Capek Mencari

Han So Hee Photo Verified Writer Han So Hee

Nulis karena bingung mau ngapain lagi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya