Comscore Tracker

5 Cara Menghadapi Rekan Kerja Menyebalkan Selama Bulan Puasa

#RamadanMasaKini Tenangkan hati, ingat ini bulan puasa

Bulan puasa tidak hanya cukup menahan rasa haus dan lapar saja. Kita juga diharuskan untuk selalu sabar dan bisa mengendalikan setiap amarah. Namun tetap saja selalu ada orang yang selalu membuat kesal selama bulan puasa ini. Tidak terkecuali di tempat kerja, pasti akan ada rekan kerja yang membuat kamu menjadi jengkel dan ingin marah.

Saat kamu dibuat jengkel dengan tingkah laku rekan kerja selama bulan Ramadan ini. Jangan langsung marah, apalagi sampai meluapkan semua emosi kamu. Bisa-bisa pahala puasa kamu menjadi berkurang atau bahkan tidak mendapatkan pahala sama sekali.

Daripada kamu bingung harus melakukan apa. Lebih baik kamu lakukan lima cara di bawah ini.

1. Ajaklah dia untuk bicara secara baik-baik

5 Cara Menghadapi Rekan Kerja Menyebalkan Selama Bulan Puasapexels.com/@mentatdgt-330508

Daripada kamu langsung marah atau memendam semua amarah. Lebih baik kamu ajak dia untuk berbicara empat mata dan dilakukan dengan cara yang baik-baik. Ingatkan dia, bahwa apa yang selama ini dia lakukan kurang baik, bahkan mengganggu rekan kerja yang lainya. Ingatkan juga, bahwa kamu mengatakan ini bukan berarti kamu membencinya. Tetapi kamu sangat peduli kepadanya dan juga kenyamanan ruang kerja.

Setelah kamu ajak dia bicara dengan baik-baik. Saatnya untuk kembali mengerjakan pekerjaan dan tugas kamu.

2. Jadilah orang yang menyenangkan baginya dan dengarlah curahan hatinya

5 Cara Menghadapi Rekan Kerja Menyebalkan Selama Bulan Puasapexels.com/@bahaa-a-shawqi-164375

Sebelum berprasangka yang tidak-tidak. Mungkin saja perilaku kurang baiknya selama ini, karena ada beberapa alasan. Misalnya karena dia sedang mempunyai masalah dalam hubungan asmara, keluarga atau bisa juga dalam hal keuangan.

Saat dia mengganggu kamu dan rekan kerja yang lainnya. Jangan langsung marah atau pergi menjauhinya. Tetapi jadikan dirimu sebagai orang yang menyenangkan baginya dan dengarlah semua curahan hatinya. Jika kamu bisa membantunya, bantulah dan kalau tidak bisa, jagalah rahasia dia sebisa mungkin.

Baca Juga: Jangan Gegabah, Ini Lho 7 Tips Cerdik Redakan Amarah Menurut Terapis!

3. Lebih baik tetap fokus dan belajar mengendalikan diri sendiri

5 Cara Menghadapi Rekan Kerja Menyebalkan Selama Bulan Puasapexels.com/@divinetechygirl

Jika mengendalikan orang lain merupakan hal yang sulit atau mungkin tidak bisa sama sekali. Lebih baik kamu kendalikan saja diri kamu sendiri. Buatlah pikiran kamu tetap fokus kepada tugas dan target yang sudah kamu buat sebelumnya. Lagi pula, tidak ada manfaatnya juga ikut-ikutan kesal kepada rekan kerja yang menyebalkan.

4. Mendengarkan murotal surat-surat dalam Al-Qur'an yang menjadi favorit kamu

5 Cara Menghadapi Rekan Kerja Menyebalkan Selama Bulan Puasapexels.com/@anastasiya-gepp-654466

Daripada mendengarkan ocehan rekan kerja yang menganggu dan jelas-jelas tidak memberikan manfaat sama sekali. Lebih baik kamu tetap fokus bekerja, sambil mendengarkan lantunan ayat suci yang menjadi favorit kamu. Kamu bisa mendengarkanya menggunakan earphone  atau alat-alat lainnya. Selain ampuh membuat mood kamu kembali menjadi baik lagi, cara ini juga bisa mendatangkan pahala lho.

5. Bersabarlah dan belajar menahan amarah

5 Cara Menghadapi Rekan Kerja Menyebalkan Selama Bulan Puasapexels.com/@burst

Jika semua hal sudah kamu lakukan dan dia tetap menyebalkan. Mungkin saat ini waktunya bagi kamu untuk belajar bersabar dan belajar untuk menahan amarah. Anggap saja rekan kerja tersebut seperti angin yang tidak mengganggu kamu sama sekali.

Ingat guys, ada pahala tersendiri buat kamu yang bisa menahan amarah dan memilih untuk bersabar. Jadi apa salahnya untuk belajar bersabar dan belajar menahan amarah.

Yuk jaga amarah dan jaga hati, di bulan yang suci.

Baca Juga: Lebih Sabar, Ini 5 Alasan Dibalik Anjuran Menahan Amarah saat Puasa

sandinugraha Photo Community Writer sandinugraha

Kepoin aja dulu, Siapa tahu jodoh

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You