Comscore Tracker

5 Hal yang Perlu Kamu Antisipasi saat Bekerja agar Aman dan Terjaga

Tidak ada salahnya untuk lebih berhati-hati saat bekerja

Sebagai pekerja tentu kamu ingin bekerja dengan rasa nyaman, aman dan terjaga. Oleh karena itu, untuk dapat mewujudkannya adalah dengan memahami kira-kira risiko apa saja yang mungkin dapat terjadi saat kamu sedang bekerja.

Apakah itu perlu? Tentu saja, karena dengan begitu kamu dapat mengantisipasinya sehingga meminimalisir kesalahan yang terjadi. Nah, mau tahu apa saja yang perlu kamu antisipasi?

1. Melakukan backup data agar datamu tidak hilang jika komputermu rusak atau terkena virus

5 Hal yang Perlu Kamu Antisipasi saat Bekerja agar Aman dan Terjagapixabay/StockSnap

Kamu harus sering melakukan backup data, terutama file-file yang penting. Hal tersebut dilakukan untuk berjaga-jaga agar datamu tidak hilang jika komputermu tiba-tiba saja rusak atau terkena virus.

Bayangkan jika kamu tidak memiliki backup data dan kamu harus mengulang pekerjaanmu dari awal? Belum tentu juga kamu bisa mengingatnya dan proses pengerjaannya bisa membutuhkan waktu yang lama. 

2. Memberikan password pada komputer dan jangan meninggalkannya dalam keadaan menyala

5 Hal yang Perlu Kamu Antisipasi saat Bekerja agar Aman dan Terjagapexels/CoWomen

Berikanlah password pada komputer yang biasa kamu gunakan sehari-hari dalam bekerja. Fungsi pertama dari password adalah demi meminimalisir data kamu dilihat atau dicuri. Karena setiap pekerja pasti memiliki data penting yang harus dijaga dan tidak boleh diketahui oleh rekan kerja lainnya. Sedangkan fungsi yang kedua adalah untuk menjaga privasimu. 

Selain itu, saat kamu ingin makan siang atau meninggalkan ruangan kerja dalam waktu yang lama, maka matikanlah komputermu, jangan tinggalkan komputer dalam keadaan menyala. 

Baca Juga: Punya Pekerjaan Sampingan? Ini 5 Tips Atur Waktu agar Tidak Keteteran

3. Jangan sembarangan meletakkan catatan atau dokumen penting

5 Hal yang Perlu Kamu Antisipasi saat Bekerja agar Aman dan Terjagapexels/Lukas

Catatan pekerjaan atau dokumen penting adalah aset yang harus kamu jaga saat bekerja. Ingatlah bahwa dokumen terbuat dari kertas sehingga gampang rusak. Jadi, rapikanlah dokumenmu dalam map dan simpanlah di tempat penyimpanan yang benar.

Hal tersebut juga menghindari dokumen kamu hilang dan mudah mencarinya saat kamu membutuhkannya. 

4. Membuat surat tanda terima saat mengirimkan berkas kepada rekan kerja lainnya

5 Hal yang Perlu Kamu Antisipasi saat Bekerja agar Aman dan Terjagapixabay/StartupStockPhotos

Surat tanda terima perlu kamu buat saat mengirimkan berkas ke rekan kerja lainnya. Karena surat tanda terima adalah sebuah tanda bukti bahwa kamu sudah menyerahkannya.

Saat rekan kerjamu menghilangkannya atau mengatakan belum menerimanya, kamu memiliki bukti bahwa ia sudah menerimanya dari surat tanda terima yang kamu buat. 

5. Scan atau copy dokumen penting

5 Hal yang Perlu Kamu Antisipasi saat Bekerja agar Aman dan Terjagapixabay/mickey970

Scan atau copy-lah dokumen yang penting. Dokumen asli kamu simpan dan copy-nya yang kamu gunakan. Hal tersebut untuk mengantisipasi kalau kamu kehilangan dokumen, yang hilang adalah dokumen copy bukan yang asli.

Sedangkan scan dokumen diperlukan saat kamu butuh data tersebut namun posisi kamu sedang tidak di kantor karena izin atau sakit, sehingga kamu tidak kesulitan karena sudah memiliki softcopy-nya. 

Jadi, itulah lima hal yang harus kamu antisipasi saat bekerja agar aman dan terjaga. Semua hal bisa saja terjadi sehingga kamu perlu berhati-hati. 

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Senang Berada di Zona Nyaman saat Bekerja, Ubah Agar Maju

Shella Rafika Sari Photo Verified Writer Shella Rafika Sari

Keajaiban hanya terjadi pada orang yang pantang menyerah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya