Comscore Tracker

Tanpa Cari Muka, Ini 5 Cara Efektif Dapatkan Respek di Kantor

#ANGPOIN Pakai cara ini saja…

Dalam pekerjaan, pasti ada saja hal yang membuatmu jenuh atau bahkan tertekan. Entah itu rekan kerja, manajemen, atau peraturan perusahaan yang gak sesuai dengan harapanmu. Semua hal tersebut jangan sampai memengaruhi performamu di kantor, ya. Bagaimanapun, kamu harus tetap menunjukkan kinerja yang baik selama kerja.

Dengan begitu, respek dengan sendirinya akan menghampirimu tanpa perlu kamu susah-susah menjatuhkan yang lain. Berikut ada lima cara dapatkan respek di kantor tanpa perlu cari muka.

1. Meja kerja merepresentasikan tanggung jawab

Tanpa Cari Muka, Ini 5 Cara Efektif Dapatkan Respek di Kantorunsplash.com/Annie Spratt

Kesan pertama itu sangat penting. Perhatikan apa yang ada di meja kerjamu sekarang. Apakah itu rapi? Apakah itu berantakan? Ada barang-barang yang tidak diperlukan? Meja yang berantakan menunjukkan kecerobohan.

Mulailah cerminkan sosokmu yang rapi dan terorganisasi dengan cara menata barangmu sendiri. Kalau merapikan barang sendiri saja kamu tidak bisa, bagaimana menangani pekerjaan?

2. Berani menyuarakan pendapat milikmu sendiri

Tanpa Cari Muka, Ini 5 Cara Efektif Dapatkan Respek di Kantorunsplash.com/Anntena

Pengalaman, cara kerja, dan kemampuan yang kamu miliki sampai sekarang harusnya membuatmu berani menyuarakan apa saja. Menjadi karyawan bukan berarti kamu harus selalu tunduk tanpa boleh bersuara.

Kamu harus memiliki ketegasan yang didasari dengan fakta yang ada. Ketika ada hal yang menurutmu tidak benar, tetap hormati atasanmu dengan katakan penolakan beserta alasannya. Dari ketegasan itulah, kamu akan berbeda dari yang lain.

Baca Juga: Sering Tak Disadari, 6 Hal Ini Menandakan Bullying dalam Dunia Kerja

3. Hati-hati dengan akun media sosialmu

Tanpa Cari Muka, Ini 5 Cara Efektif Dapatkan Respek di Kantorunsplash.com/Austin Distel

Kecerobohan terjadi saat kamu lengah terhadap hal sepele. Kamu mungkin lelah, kesal, ingin marah, atau meneriaki segala macam beban yang kamu rasakan di kantor. Namun, tanamkan di pikiranmu untuk tidak mengunggah apa pun yang bersifat profesional ke media sosial.

Kamu tidak akan pernah tahu seperti apa dampak media sosial terhadap kariermu. Jika mengeluh, lakukanlah di depan kaca rumahmu sendiri. Jangan libatkan orang lain.

4. Menghargai rekan kerja yang lain

Tanpa Cari Muka, Ini 5 Cara Efektif Dapatkan Respek di Kantorunsplash.com/Brooke Cagle

Cara paling efektif dan gampang untuk mendapatkan respek di kantor adalah menghargai orang lain dulu. Sekalipun secara personal mungkin kamu dan dia memiliki masalah. Di kantor kalian tetaplah rekan yang harus bekerja sama. Belajarlah untuk melatih diri lebih profesional yang tidak mencampurkan urusan pekerjaan dan pribadi.

5. Meminimalkan kesalahan

Tanpa Cari Muka, Ini 5 Cara Efektif Dapatkan Respek di Kantorunsplash.com/Kaleidico

Hanya kamu yang mengerti seluk-beluk pekerjaanmu. Waktu yang efektif untuk bekerja, pekerjaan mana yang lebih dulu harus dikerjakan, manajemen waktu, koordinasi dengan rekan, dan lain sebagainya hanya kamu yang tahu.

Itu sebabnya, kamu butuh belajar lebih terkoordinasi dalam melakukan apa pun. Saat kamu kooperatif dan konsisten terhadap pekerjaanmu, hasil yang kamu terima akan baik. Orang lain pun akan menilainya sebagai sebuah prestasi.

Karena pekerjaan merupakan tempatmu mencari rezeki, jangan sampai kamu mengotorinya dengan tindakan yang gak perlu. Lebih baik pacu dirimu untuk jadi versi dirimu yang terbaik dalam pekerjaan. Dengan kamu bekerja yang rajin, kamu sedang meningkatkan nilai dirimu sendiri, loh!

Baca Juga: 6 Keuntungan Kerja di Coworking Space yang Wajib Kamu Ketahui

Stella Azasya Photo Verified Writer Stella Azasya

A chronic daydreamer || IG: @stellaazasya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya