Comscore Tracker

Biar Bisa Menjadi Pegawai Full-time, Lakukan 5 Hal Ini saat Magang

Sudah tahu caranya?

Kebanyakan impian dari seorang anak magang adalah menjadi pegawai full-time. Namun terkadang tidak semua tempat magang itu akan mau merekrut karena sumber dayanya sudah lebih dari cukup. Namun jika perusahaanmu saat ini kemungkinan besar bisa menerima anak magang untuk dijadikan pegawai tetap, kamu perlu bersiap-siap.

Agar bisa direkrut jadi pegawai full-time, kamu harus menunjukkan performa terbaik ketika sedang menjabat sebagai anak magang. Selain itu, ada beberapa cara yang harus dilakukan agar perusahaan bisa tertarik kepadamu untuk dijadikan pegawai tetap. Simak baik-baik pembahasan berikut ini!

1. Cobalah untuk membangun hubungan baik dengan para kolega

Biar Bisa Menjadi Pegawai Full-time, Lakukan 5 Hal Ini saat Magangilustrasi kerja sama (pexels.com/Thirdman)

Agar bisa diangkat menjadi pegawai tetap, kamu juga harus menunjukkan rasa nyaman jika ingin bekerja di sana secara penuh. Salah satu contohnya adalah membangun hubungan baik dengan para kolega. Cobalah untuk terbiasa bersikap ramah agar mereka bisa menghargaimu.

Selain itu, kamu juga harus menjaga sopan santun jika berinteraksi dengan mereka. Dengan melakukan hal semacam itu, lambat laun sikap baikmu pasti akan dikenal banyak orang di kantor sehingga bisa memberikan peluang untuk bisa jadi pegawai tetap.

2. Tunjukkan keseriusanmu jika diberi tanggung jawab

Biar Bisa Menjadi Pegawai Full-time, Lakukan 5 Hal Ini saat Magangilustrasi magang (pexels.com/Magnetme)

Biasanya seorang anak magang pasti akan diberikan sebuah proyek yang harus dikerjakan secara berkala. Jika diberi kesempatan semacam itu, cobalah untuk mengerjakannya secara maksimal. Tunjukkan bahwa kamu memang memiliki keseriusan dalam bekerja.

Agar hal itu bisa tercapai, cobalah untuk tidak pernah telat jika diberi batas waktu. Berkat keseriusan yang sudah kamu terapkan, maka para atasan pasti akan mempertimbangkan untuk mengangkatmu sebagai pegawai tetap.

3. Jadilah anak magang yang suka mempelajari hal baru

Biar Bisa Menjadi Pegawai Full-time, Lakukan 5 Hal Ini saat Magangilustrasi magang (pexels.com/cottonbro)

Anak magang memang dituntut untuk lebih aktif di tempat kerja jika ingin mendapatkan banyak ilmu. Cobalah untuk menjadi orang yang senantiasa ingin belajar hal baru asalkan masih sesuai dengan jobdesk-mu. Kamu harus menunjukkan rasa penasaran yang tinggi sehingga mereka akan dengan senang hati mengajarimu.

Kamu juga harus sering bertanya tentang hal yang memang belum benar-benar jelas. Dengan adanya hal tersebut, mereka pasti akan menganggapmu sebagai seseorang yang memiliki ketekunan dan kemauan besar untuk mengembangkan diri.

Baca Juga: 5 Tips Mengelola Waktu dan Uang Bagi Kamu yang Full Time Freelancer

4. Jangan pernah membuat kesalahan yang fatal

Biar Bisa Menjadi Pegawai Full-time, Lakukan 5 Hal Ini saat Magangilustrasi magang (pexels.com/cottonbro)

Sebagai anak magang, sebisa mungkin jangan pernah membuat kesalahan yang fatal. Contohnya adalah jika diberi tanggung jawab, kamu lebih sering meremehkannya. Hal tersebut pasti akan membuat citramu pun menjadi buruk.

Maka dari itu kamu wajib banget berhati-hati agar tidak salah dalam mengambil langkah. Hal itu karena jika membuat kesalahan fatal sekali saja, maka para atasan tidak akan memberikan toleransi apapun. Kamu pun juga tidak angkat jadi pegawai tetap nantinya.

5. Jaga sikap profesionalmu selama periode magang berlangsung

Biar Bisa Menjadi Pegawai Full-time, Lakukan 5 Hal Ini saat Magangilustrasi magang (pexels.com/Nataliya Vaitkevich)

Biasanya, para atasan itu sering melihat anak magang dari profesionalitasnya dalam bekerja. Sikap profesional yang dimaksud adalah bersikap totalitas, bisa bertanggung jawab, dan senantiasa tepat waktu. Ketika hal kecil semacam itu wajib banget kamu jaga.

Jika sudah dilakukan, cobalah untuk menjaga konsistensi dari setiap sikap yang sudah dibentuk. Alhasil, nantinya para atasan akan mengecapmu sebagai seseorang yang profesional dan kemungkinan besar akan mengangkatmu menjadi karyawan tetap.

Cobalah untuk memaksimalkan potensi ketika menjalani masa magang. Saat hal tersebut telah berhasil dilakukan, impianmu ingin menjadi pekerja tetap pasti bakal menjadi kenyataan. Semangat berproses, ya!

Baca Juga: Bergaji Tinggi, Ini 5 Keuntungannya kalau Kerja Full Time Freelancer

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya