Comscore Tracker

5 Hal yang Wajib Dilakukan Ketika Pertama Kali Melakukan Magang

Apakah kamu sedang melakukan magang untuk pertama kali?

Magang merupakan sebuah ajang seseorang bisa memperoleh ilmu sebelum terjun ke dunia profesional. Jika sudah mendapatkan posisi magang di sebuah perusahaan yang diinginkan, kamu perlu menunjukkan dedikasi tinggi.

Hal itu dilakukan agar kamu bisa menyerap banyak ilmu yang dapat membantu memudahkan perjalanan kariermu. Ketika pertama kali melakukan magang, kamu harus melakukan beberapa hal agar tidak kebingungan ataupun membuat kesalahan. Apa saja hal yang dimaksud? Simak pembahasannya berikut ini.

1. Jangan ragu untuk bertanya jika tidak tahu jobdesk-mu

5 Hal yang Wajib Dilakukan Ketika Pertama Kali Melakukan Magangilustrasi diskusi (unsplash.com/CoWomen)

Hal pertama yang kudu dilakukan di hari pertama magang adalah mencari tahu lebih jelas terkait jobdesk-mu. Biasanya, anak magang itu akan diberikan pekerjaan yang ringan-ringan sembari belajar. Jika kamu masih bingung, jangan takut untuk bertanya kepada mentormu.

Hal tersebut dilakukan agar kamu bisa benar-benar menyerap ilmu saat magang. Selain itu, jobdesk yang jelas saat magang juga bakal membuatmu tidak kewalahan dalam mengerjakan semua tugas karena sudah belajar terlebih dahulu.

2. Bangun hubungan baik dengan kolega yang sudah jadi pekerja tetap

5 Hal yang Wajib Dilakukan Ketika Pertama Kali Melakukan Magangilustrasi mengobrol (unsplash.com/LinkedIn Sales Solutions)

Selain itu, kamu juga harus membangun hubungan baik kepada kolega di kantor. Bukannya tanpa alasan, hal tersebut dilakukan untuk membuka peluangmu bekerja di situ sebagai karyawan tetap. Kamu pasti memiliki pemikiran untuk bekerja di sana, bukan?

Maka dari itu, menjaga hubungan baik merupakan harga mati. Salah satu caranya adalah dengan tidak terlalu mencampuri urusannya dan senantiasa membantu jika ia butuh bantuanmu. Alhasil, mereka pasti akan menjadi rekan baikmu.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Film tentang Magang yang Sayang Dilewatkan, Harus Nonton

3. Jika ada rapat, pakailah bahasa yang sopan saat perkenalan

5 Hal yang Wajib Dilakukan Ketika Pertama Kali Melakukan Magangilustrasi menyapa (unspalsh.com/Antenna)

Di hari pertama magang, biasanya kamu akan mengikuti rapat yang mempertemukan semua tim. Di momen tersebut, kamu akan diperkenalkan sebagai anak magang baru. Saat hal itu terjadi, cobalah untuk bersikap sesopan mungkim agar first impression orang-orang di sana menjadi baik.

Jika mau dilakukan, hal tersebut akan membangun rasa kenyamananmu saat magang di sana. Oleh karena itu, cobalah untuk berusaha senantiasa menunjukkan perilaku sopan agar tidak ada kolega kantor yang membencimu karena attitude.

4. Tunjukkan sisi totalitasmu ketika ingin melakukan magang

5 Hal yang Wajib Dilakukan Ketika Pertama Kali Melakukan Magangilustrasi bekerja (unsplash.com/DocuSign)

Agar bisa mendapat image baik, kamu bisa menunjukkan bagaimana sikap totalitasmu saat akan melakukan magang. Hal tersebut tentunya akan membuat kolega dan atasan secara senang hati menaruh kepercayaan kepadamu. Ketika hal itu terjadi, jangan pernah sia-siakan apa pun tanggung jawab yang dilimpahkan untukmu.

Hal itu akan sangat berguna saat nanti kamu ingin fokus ke jenjang karier. Kamu bakal memiliki kebiasaan yang menunjukkan sisi totalitas sehingga membuatmu. Alhasil, kinerjamu akan terjamin sehingga orang-orang yang bekerja denganmu akan mempercayaimu.

5. Cobalah untuk beradaptasi dari kehidupan kuliah ke pekerjaan

5 Hal yang Wajib Dilakukan Ketika Pertama Kali Melakukan Magangilustrasi mengobrol (unsplash.com/Austin Distel)

Beradaptasi ke lingkungan kerja memang bukanlah hal gampang. Apalagi kamu biasanya sudah terbiasa santai-santai saat kuliah, hal tersebut wajib dihilangkan sata terjun ke dunia kerja. Kamu harus menunjukkan etos kerja yang baik agar sisi profesionalmu terlihat.

Salah satu cara untuk beradaptasi adalah dengan meminta tolong orang-orang kantor untuk membantumu. Mereka pasti akan memberitahu kiat-kiat ampuh agar kamu terbiasa menjadi seorang profesional meskipun masih magang.

Di hari pertama melakukan magang, jangan ragu untuk membangun citra positif di kantor. Hal tersebut bakal memudahkan jalanmu untuk menjalani periode magang sampai akhir.

Baca Juga: Biar Bisa Menjadi Pegawai Full-time, Lakukan 5 Hal Ini saat Magang

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya