Comscore Tracker

5 Penyebab Menurunnya Kepercayaan Diri di Tempat Kerja, Segera Atasi!

Jangan sampai rasa minder mengganggu proses bekerjamu

Proses bekerja memerlukan banyak hal untuk mendukung setiap prestasi dari  pegawainya. Salah satu yang tak boleh ketinggalan adalah mengenai kepercayaan diri dalam bekerja. Meski terdengar sepele, nyatanya menjaga kepercayaan diri di lingkungan pekerjaan sangatlah sulit.

Tak sedikit dari para pegawai yang justru mengalami penurunan kepercayaan diri pada saat bekerja. Penurunan kepercayaan diri tersebut ternyata dapat terjadi karena beberapa penyebab berikut ini. 

1. Saingan yang semakin kompetitif

5 Penyebab Menurunnya Kepercayaan Diri di Tempat Kerja, Segera Atasi!ilustrasi berkonflik (pexels.com/yankrukov)

Tidak dapat dimungkiri bahwa kantor merupakan tempat di mana persaingan kerap terjadi. Persaingan tersebut juga kadang kala tak selalu terlihat dengan jelas di mata, namun unsur kompetitifnya akan sangat terasa.

Tentu dalam sebuah kompetisi, tak semua orang akan memenangkannya. Itulah yang kemudian akan terjadi pada para pegawai yang kalah saing dengan pegawai lainnya. Hal ini membuat mereka akan merasa semakin sulit berkembang dengan baik, dan pada akhirnya merasa rendah diri.

2. Tidak mampu mengembangkan diri

5 Penyebab Menurunnya Kepercayaan Diri di Tempat Kerja, Segera Atasi!ilustrasi pusing bekerja (pexels.com/mart-production)

Perusahaan tempat bekerja memang sangat menuntut para pegawainya untuk memiliki kemampuan baik dalam bekerja. Kemampuan tersebut tentu tidak didapat secara percuma, melainkan melalui proses panjang dan pelatihan terlebih dahulu demi mengembangkan diri.

Tidak heran jika para pegawai yang tak mampu mengembangkan dirinya tentu akan mudah merasa minder dengan yang lain. Jika sudah begini, tentu kemampuan dalam unjuk gigi juga akan semakin dirasa sulit.

Baca Juga: 5 Tips Meningkatkan Kepercayaan Diri di Setiap Harinya

3. Prestasi hanya jalan di tempat

5 Penyebab Menurunnya Kepercayaan Diri di Tempat Kerja, Segera Atasi!ilustrasi pusing bekerja (pixabay.com/lukasbieri)

Setiap pegawai sangat mengharapkan prestasi terbaik pada proses yang dijalani. Meski nyatanya prestasi tersebut tentu tidak selalu sesuai dengan realita, sebab tak sedikit para pegawai yang justru merasa stuck dan sulit berprestasi.

Akibat dari prestasi yang mandek ini akan membuat banyak pegawai merasa hilang kepercayaan diri. Jangka panjangnya tentu akan semakin sulit untuk bersaing dan bekerja dengan sesama rekan kerja yang lainnya.

4. Tersalip oleh para junior

5 Penyebab Menurunnya Kepercayaan Diri di Tempat Kerja, Segera Atasi!ilustrasi berkonflik (unsplash.com/wocintechchat)

Pada setiap tempat kerja memang biasanya memiliki posisi tersendiri untuk membedakan antara senior dan junior. Persaingan yang terjadi pun seolah melibatkan kedua pihak tersebut, sehingga sering kali terjadi dengan ketat.

Sayangnya banyak senior yang justru tersalip dengan juniornya sendiri dalam hal prestasi dan progres bekerja. Dampaknya akan membuat mereka kehilangan kepercayaan diri dan akhirnya sulit untuk memberikan hasil terbaik.

5. Rutinitas yang terus berulang

5 Penyebab Menurunnya Kepercayaan Diri di Tempat Kerja, Segera Atasi!ilustrasi pria sedih (pexels.com/olly)

Rutinitas yang dimiliki setiap orang memang biasanya akan berbeda. Sama halnya dengan dirimu yang mungkin bekerja dengan rutinitas yang seolah terus berulang setiap harinya.

Rutinitas tersebut tanpa disadari justru akan memberikan kebosanan tersendiri.
Rasa bosan yang dimiliki tersebut sering kali menyebabkan seseorang mengalami demotivasi, hingga penurunan kepercayaan diri. Jika terus dibiarkan, maka akan sangat berdampak kurang baik pada proses bekerja ke depannya.



Nyatanya memang penurunan kepercayaan diri dapat terjadi pada siapa pun di tempat kerja. Dengam tetap berusaha meningkatkan kompetensi diri dan mau untuk bersaing, maka semestinya kamu tak perlu merasa minder. Kuatkan niat dan motivasi dalam bekerja, ya!

Baca Juga: 5 Alasan Manusia Harus Memiliki Kepercayaan Diri

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya