Comscore Tracker

5 Dampak Ikut-ikutan Teman Dalam Bekerja, Jangan Seperti Ini!

Bekerjalah sesuai minat yang memang kamu sukai, ya

Semua orang tentu membutuhkan suatu pekerjaan untuk menunjang kebutuhannya sehari-hari. Hal ini bisa membuat banyak orang berusaha keras dalam memperoleh pekerjaan yang tepat dan tentunya sesuai dengan keinginan. Meski demikian, realitanya tidak seperti yang dipikirkan.

Ada pula orang-orang yang justru bekerja karena ikut-ikutan teman, sehingga niat bekerjanya tak berasal dari hati sendiri. Hal seperti ini juga bisa memberikan beberapa dampak berikut ini yang dapat memberikan efek penyesalan.

1. Tidak nyaman dalam bekerja

5 Dampak Ikut-ikutan Teman Dalam Bekerja, Jangan Seperti Ini!ilustrasi pusing bekerja (pexels.com/@Ketut-Subiyanto)

Dampak pertama yang akan kamu rasakan adalah perasaan tidak nyaman selama bekerja. Jelas saja tidak mudah untuk menjalani pekerjaan yang kamu sendiri tidak dapat menikmatinya dengan baik.

Itulah yang membuatmu harusnya dapat lebih selektif lagi dalam memilih pekerjaan yang tepat. Jika kamu tetap merasa tak nyaman, maka jangan dipaksakan sebab nantinya akan memberikan hasil yang kurang bagus terhadap pekerjaan nantinya.

2. Sulit menemukan performa kerja yang baik

5 Dampak Ikut-ikutan Teman Dalam Bekerja, Jangan Seperti Ini!ilustrasi pegawai (unsplash.com/@miquelena)

Tidak mudah untuk selalu berada dalam performa maksimal selama bekerja. Kadang kala untuk seorang pegawai yang berpengalaman saja cukup banyak tantangan yang harus siap untuk dihadapi.

Menghadapi sulitnya performa kerja ini pasti akan dirasakan oleh orang-orang yang bekerja sebab ikut-ikutan teman. Hal ini karena mereka sendiri tidak memahami bagaimana cara menemukan performa kerja yang baik untuk ke depannya.

Baca Juga: 5 Ide Self-Reward setelah Kerja Keras, Gak Harus Keluar Uang

3. Sering mengalami penurunan motivasi

5 Dampak Ikut-ikutan Teman Dalam Bekerja, Jangan Seperti Ini!ilustrasi lelah bekerja (unsplash.com/@jeshoots)

Motivasi dan etos kerja adalah dua hal penting yang harus terus dijaga dalam melakukan suatu pekerjaan. Meski kadang kala hal ini juga tidak selalu berjalan baik, sebab motivasi dan etos kerja seseorang bisa naik turun tanpa diprediksi.

Hal semacam ini juga jelas akan sering dirasakan oleh mereka yang bekerja sebab ikut-ikutan teman. Jika terus menerus seperti ini, proses pekerjaan akan sulit terselesaikan dengan baik dan dampaknya akan memengaruhi hasil akhir yang diberikan.

4. Sulit berprestasi dalam bekerja

5 Dampak Ikut-ikutan Teman Dalam Bekerja, Jangan Seperti Ini!ilustrasi promosi jabatan (pexels.com/@moose-photos)

Semua orang pasti memiliki harapan dan keinginan yang sama untuk dapat berprestasi dalam urusan pekerjaan. Namun, sayangnya tidak semua orang dapat memperoleh hal tersebut dengan mudah, sebab masing-masing memiliki proses yang berbeda.

Apabila kamu bekerja sebab hanya ikut-ikutan teman, maka proses memperoleh prestasi dalam bekerja juga akan sangat sulit. Hal ini karena kamu tak memiliki niat jelas dari dalam hati dan akhirnya berpengaruh terhadap caramu dalam bekerja.

5. Mudah merasa tidak betah

5 Dampak Ikut-ikutan Teman Dalam Bekerja, Jangan Seperti Ini!ilustrasi bekerja dengan pasif (unsplash.com/@muhraufan)

Tidak ada pekerjaan yang mudah dan semuanya pasti memiliki proses yang berbeda-beda, sehingga tidak bisa disamaratakan begitu saja. Kadang kala ada pula saat-saat di mana banyak orang merasa tidak betah dalam bekerja, sehingga tak mampu memberikan hasil yang maksimal.

Hal ini akan semakin dirasakan apabila kamu bekerja sebab ikut-ikutan teman. Jika tidak mampu mengendalikan diri dengan baik, maka jelas akan sulit untuk merasa nyaman saat bekerja di sana.

Itulah mengapa kamu sebaiknya dapat memilih pekerjaan yang tepat sesuai dengan minat masing-masing. Jangan sampai bekerja hanya karena ikut-ikutan teman, sebab nanti hasilnya juga tidak akan baik. Carilah pekerjaan yang memang kamu senangi, ya!

Baca Juga: 7 Strategi Hadapi Lingkungan Kerja Toxic untuk Karyawan Baru

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya