Comscore Tracker

5 Tips Sederhana Redakan Trauma Percintaan, Gak Bikin Stress!

Redakan trauma tersebut untuk kualitas hubungan yang baik

Trauma adalah rasa takut yang muncul karena suatu hal yang terjadi di masa lalu. Sayangnya, trauma tersebut tak jarang menimbulkan efek jangka panjang bagi setiap orang. Tak jarang banyak yang memiliki hubungan percintaan yang baru, namun justru masih terbayang dengan rasa trauma dengan hal yang sudah-sudah.

Jika kamu adalah salah satu yang merasakan hal demikian, maka berikut lima cara tepat mengatasinya.

1. Jangan sangkal perasaan tersebut

5 Tips Sederhana Redakan Trauma Percintaan, Gak Bikin Stress!Unsplash/ Eric Ward

Apabila kamu memang memiliki rasa trauma, kamu harus berani dalam mengakuinya. Jangan pernah menyangkal perasaan yang kamu miliki. Menyangkal perasaan justru hanya akan membuatmu terlarut dalam perasaan trauma yang ada.

2. Berani menghadapi rasa trauma

5 Tips Sederhana Redakan Trauma Percintaan, Gak Bikin Stress!Unsplash/ Taylor Nicole

Banyak orang yang sudah menerima diri mereka tentang trauma yang dimiliki, namun sayangnya hanya segelintir yang dapat menghadapinya. Sebagian besar justru terlarut dalam trauma yang menghampiri. Oleh sebab itu, kamu perlu bangkit dan hadapi rasa trauma itu agar kamu mampu berdamai dengannya.

Baca Juga: 7 Hal Ini Tanda Kamu Masih Punya Trauma Percintaan di Masa Lalu

3. Mencari seseorang yang mampu menerimamu

5 Tips Sederhana Redakan Trauma Percintaan, Gak Bikin Stress!Unsplash/Priscilla Du Preez

Ada banyak orang yang mencari alternatif dengan mencari pasangan baru agar trauma itu hilang. Namun, salahnya justru tak semua orang dapat menerima pasangan apa adanya. Hal ini justru akan berdampak dengan terciptanya trauma baru apabila kamu sampai gagal dalam menjalin hubungan lain. Oleh sebab itu, jujurlah dengan pasangan dan lihatlah apakah pasanganmu memang menerimamu apa adanya.

4. Mempercayai orang lain dengan perlahan

5 Tips Sederhana Redakan Trauma Percintaan, Gak Bikin Stress!Pexels/Ketut Subiyanto

Trauma yang singgah pada sebagian orang memang tak jarang membuat mereka sulit menerima atau mempercayai orang lain. Tentunya kamu bisa mengatasinya secara bertahap. Kamu bisa belajar mempercayai orang lain dengan perlahan sampai pada tahap kamu telah percaya sepenuhnya.

5. Kuatkan komitmen

5 Tips Sederhana Redakan Trauma Percintaan, Gak Bikin Stress!Unsplash/Cody Black

Komitmen adalah kunci utama untuk menjalani lembaran baru sehingga kamu bisa berdamai dengan traumamu. Persoalan komitmen tak hanya tentang pasangan, namun juga tentang dirimu. Berkomitmen lah dengan dirimu untuk terus berpikir secara positif dan mempercayai orang yang benar-benar mampu menerimamu apa adanya.

Meski mungkin sulit, namun trauma dapat diredakan atau bahkan dihilangkan dengan cara yang tepat. Kamu tentunya akan jauh lebih bahagia, deh!

Baca Juga: 5 Trauma Hubungan yang Bikin Seseorang jadi Gak Percaya pada Cinta

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya