Comscore Tracker

5 Tanda Kesibukanmu Mulai Memasuki Fase yang Tak Sehat, Bikin Stres!

Risiko stres jauh lebih besar jika gaya hidupmu tak baik

Memiliki kesibukan merupakan hal yang wajar dimiliki oleh setiap orang, khususnya dalam urusan bekerja. Kadang kala bobot pekerjaan yang beragam dan juga durasi kerja yang tak dapat diprediksi membuat semua proses bekerja menjadi terasa sulit.

Hal ini bisa membuat seseorang jadi menghabiskan banyak waktu, tenaga, dan pikiran untuk proses pekerjaan yang akan dilakukan. Jika kamu ada di posisi seperti ini, sebetulnya pahami beberapa hal berikut ini yang menjadi tanda bahwa kesibukanmu mulai memasuki fase yang tak sehat.

1. Kurangnya tidur yang berkualitas

5 Tanda Kesibukanmu Mulai Memasuki Fase yang Tak Sehat, Bikin Stres!ilustrasi orang sedang tidur (pexels.com/@ketut-subiyanto)

Tidur merupakan suatu kebutuhan yang diperlukan oleh banyak orang. Tanpa tidur, akan sulit bagi seseorang untuk dapat beraktivitas dengan lancar sebab tidurlah yang akan membantu mengistirahatkan pikiran dan tubuh sejenak.

Berbeda halnya jika seseorang memiliki kesibukan yang terlampau tak sehat. Bukan tak mungkin bahwa mereka akan mulai mengalami kekurangan waktu tidur. Bahkan, waktu tidur yang dilakukan juga bisa jadi tidak berkualitas sehingga berdampak pada kesehatan tubuh.

2. Jadwal makan berantakan

5 Tanda Kesibukanmu Mulai Memasuki Fase yang Tak Sehat, Bikin Stres!ilustrasi waktu makan (pexels.com/@Jack-Sparrow)

Selain waktu tidur, jam makan juga menjadi suatu kebutuhan yang tidak dapat disepelekan dari manusia. Makanan memiliki fungsi untuk menambah tenaga sehingga tubuh menjadi lebih siap untuk beraktivitas dan pikiran juga jauh lebih fokus.

Sayangnya, jika kamu mengalami kesibukan yang sudah mulai tak sehat, kualitas nutrisimu pun akan menurun. Kamu jadi berpotensi untuk sering melewati jam makan dan pada akhirnya membuat jadwal makan jadi berantakan.

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Saat Merasa Lelah Secara Mental

3. Terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman tak sehat

5 Tanda Kesibukanmu Mulai Memasuki Fase yang Tak Sehat, Bikin Stres!ilustrasi makan-makan (pexels.com/@mentatdgt)

Kesibukan memang dapat membuat seseorang jadi tidak mengonsumsi makanan dengan cukup, namun bukan berarti rela untuk tak makan sama sekali. Tidak sedikit orang yang bahkan lebih memilih jenis makanan lain seperti pedas, asam, gurih, hingga dalam porsi yang tak tepat.

Terlalu banyak mengonsumsi makanan tak sehat jelas membuat kualitas kesehatan jadi menurun. Bukan tak mungkin hal ini akan menyebabkan masalah kesehatan di kemudian hari.

4. Otak dan tubuh dipaksa bekerja melebihi batas

5 Tanda Kesibukanmu Mulai Memasuki Fase yang Tak Sehat, Bikin Stres!ilustrasi bekerja lembur (unsplash.com/@punttim)

Sebagai manusia biasa tentunya sudah paham bahwa tubuh dan otak memiliki batasannya masing-masing. Tidak bisa memaksakan tubuh dan otak untuk bekerja melebihi batas kemampuannya sebab hal ini akan memberikan efek lelah tersendiri.

Biasanya, ketika otak dan tubuh sudah lelah, secara otomatis seseorang akan merasa pusing dan kelelahan sehingga itulah yang menjadi tanda untuk berhenti sejenak dalam berkegiatan. Jika terus dipaksa melebihi batas, bukan hanya fisik saja yang akan tersiksa, melainkan juga psikis.

5. Tidak memiliki waktu sama sekali untuk keluarga

5 Tanda Kesibukanmu Mulai Memasuki Fase yang Tak Sehat, Bikin Stres!ilustrasi bersama keluarga (unsplash.com/@pablomerchanm)

Semua orang bisa memiliki kesempatan untuk memperoleh pekerjaan yang bagus, termasuk dengan penghasilan yang cukup. Namun, sayangnya tidak semua orang mampu memiliki waktu bersama keluarga secara maksimal dan hal inilah yang justru sangat disayangkan.

Ketika seseorang terlalu disibukan dengan hal-hal lain secara berlebihan, waktu bersama keluarga juga akan terpangkas. Padahal, uang dapat dicari, sementara momen yang hangat bersama keluarga sulit untuk terulang.

 

Memahami bahwa kesibukan memiliki batasan-batasan tertentu memang sebaiknya membuatmu jadi lebih memperhatikan diri dengan baik. Jangan sampai terlalu memaksakan, apalagi sampai memberikan dampak tersendiri bagimu. Aturlah kesibukanmu dengan sebaik mungkin, ya!

Baca Juga: 5 Fakta Film Keluarga Cemara 2, Konfliknya Dekat dengan Keluarga

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya